Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup SMA Kelas X


Fatmawati Fatmawati(1*), Evi Roviati(2)

(1) , Indonesia
(2) Program Studi Tadris Biologi Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan. Melalui media pembelajaran seperti e-learning, guru dapat menyajikan bahan pelajaran yang bersifat abstrak menjadi konkret sehingga mudah dipahami dan dapat menghilangkan verbalisme. Pembuatan e-learning dapat menggunakan salah satu layanan aplikasi internet yaitu blog. Blog sangat efektif untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran di sekolah-sekolah. Dengan blog, guru dapat memberikan materi berupa teks, animasi, presentasi, diskusi, ujian, dan belajar online. Berdasarkan rata-rata respon yang diperoleh pada tiap siswa dan siswi terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup SMA Kelas X bahwa memang proses pembelajaran kurang efektif. Beberapa diantara mereka pasif dalam bertanya atau berkomentar di fasilitas komentar laman blog. Dalam hal ini Guru yang harus lebih aktif membuka link dan memantau blog secara berkelanjutan. Sedangkan Guru berharap pembelajaran e-learning berbasis blog ini menjadi solusi dan dapat membantu proses belajar dan mengajar dalam keadaan jarak jauh. Siswa dan siswi dituntut harus belajar mandiri.

Global demands require the world of education to always adapt technological developments to efforts to improve the quality of education. Through learning media such as e-learning, teachers can present abstract learning materials into concrete so that they are easy to understand and can eliminate verbalism. Making e-learning can use one of the internet application services, namely blogs. Blogs are very effective to be used as a learning tool in schools. With blogs, teachers can provide material in the form of text, animation, presentations, discussions, exams, and online study. Based on the average response obtained by each student to the Development of Learning Media Based on Blogs for Material Change and Environmental Preservation of Class X Senior High School, the learning process is less effective. Some of them are passive in asking or commenting on the blog page comment facility. In this case, the teacher must be more active in opening links and monitoring blogs on an ongoing basis. Meanwhile, the teacher hopes that this blog-based e-learning will be a solution and can help the learning and teaching process in a remote situation. Students and students are required to learn independently.


Keywords


Learning Media, E-learning, Blog

References


Ananda Hadi Elyas, (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta Edisi : 56

Angga Hidayat dan Eka Rima Prasetya, (2019). Penerapan Teknologi Dalam Analisis Perilaku Belajar Reflektif Berbasis Sistem Android Untuk Meningkatkan Pembelajaran E-Learning. Jurnal Gammath 4(2)

Darmawan, D. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Devita Mustika Weni dan Gatot Isnani, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Blog. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen 2(2): 114 -123

Irnaningtyas, (2013). Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga

Rusman, K, D., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, R.A., Saputro, S., & Catur, A.N. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog untuk Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia, (online), 3 (2), (http://jurnal.fkip.usm.ac.id) diakses pada tanggal 8 November 2020.

Zebua, F. 2008. Google Adsense: Mudah Meraup Dolar di Internet Untuk Semua Orang. Yogyakarta: MediaKo




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i2.14315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats