Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Whatsapp untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Ekskresi di Masa Pandemi


Miftahul Hakim(1*), Solehati Rahatus Sofyan(2), Bukhori Muslim(3)

(1) , Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Islam Jember, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Islam Jember, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi COVID-19, berdampak pada pelaksanaan pembelajaran, pelaksanakan pembelajaran yang semula
dilaksanakan secara tatap muka harus diubah kedalam pembelajaran dalam jaringan. Pembelajaran daring sudah
dilakukan guru sejak ditetapkannya pandemi COVID-19 namun dalam pelaksanaanya belum bisa berjalan maksimal
sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Hal ini karena guru dalam pembelajaran hanya
memanfaatkan fitur foto untuk memberi materi dan tugas. Sehubungan dengan itu, diperlukan penelitian yang bertujuan
untuk mengkaji apakah terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan media belajar interaktif berbantuan WhatsApp
terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
Tindakan kelas (PTK) dengan sempel penelitian siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Ambulu berjumlah 30 siswa. Analisis
data dilakukan terhadap hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan WhatsApp terhadap peningkatan hasil
belajar.


Keywords


Hasil Belajar, Media Interaktif, Pada Masa Pandemi

References


Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020 Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 di Indonesia. Sekretariat Nasional SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana), 15, 1–16.

Kholyssa Mauly, Y., & Abidin, Z. (2020). Metode Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Online pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPIT Az-Zahra Sragen Tahun Pembelajaran 2019/2020. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Magdalena, I., Inayah, S., Hidayati, N. D., Jaya, K., & Tangerang, U. M. (2021). Pemanfaatan WhatsApp Pada Pembelajaran Di Pendidikan Sekolah Dasar Negri Karawaci Baru 1 Di Masa Pandemi Covid-19. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 346–358. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Ni’matuzahroh, S., & Prasetyaningrum, S. (2018). Observasi: Teori dan Aplikasi Dalam Psikologi (Vol. 1). UMMPress.

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kualitas Rancangan Penelitian Tindakan Kelas Guru. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 119–128.

Rahartri. (2019). “Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka, 21(2), 147–156.

Shofwan, A. (2009). Pengembangan media pembelajaran interaktf mata kuliah medan elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 11–18.

Silalahi, E. R., Gunara, S., & Gunawan, I. (2021). Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Seni Budaya Oleh Mahasiswa Program Pengenalan Pengalaman …. SWARA-Jurnal Antologi …, 1(3). https://ejournal.upi.edu/index.php/antomusik/article/view/38474%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/antomusik/article/viewFile/38474/16472

Slameto, S. (2015). Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 60–69.

Sudarsono, B. (2012). Dokumentasi, Informasi, Dan Demokratisasi. BACA: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 27(1), 7–14.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo mMakmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90–103.

Suntoda, A. (2009). Tes, Pengukuran dan Evaluasi dalam cabang olahraga. Bandung: FPOK UPI Bandung.

Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620

Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6923

Yuniati, N., Purnama, B. E., & Nurgoho, G. K. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen. Jurnal Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 3(4), 25–29. http://speed.web.id/ejournal/index.php/speed/article/view/247




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i2.20117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats