PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN TIPE GUIDED NOTE TAKING


Asriyati Asriyati(1*), Agus Widana(2)

(1) , Indonesia
(2) Program Studi Biologi, Universitas Halim Sanusi Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana siswa belajar tentang ekosistem melalui pencatatan terbimbing dan tongkat bicara, dua model pembelajaran kooperatif. Selain itu, untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang sangat besar antara hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup yang diperoleh karena model pembelajaran tersebut berguna untuk tipe talking stick dan direct note di kelas VII SMPN 3 Tanjungsari Sumedang. dan belajar dari tanggapan siswa Metode penelitian kuasi-eksperimental digunakan. Seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari tiga kelas merupakan populasi. Ada 30 siswa di masing-masing dua kelas yang menjadi subjek penelitian, diambil sebagai sampel. Tes dan wawancara digunakan sebagai metode pengumpulan data. Uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis merupakan komponen analisis data penelitian. Wawancara, di sisi lain, digunakan sebagai data pendukung untuk mempelajari bagaimana perasaan siswa tentang proses pembelajaran. Kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tongkat bicara (percobaan I) memperoleh skor 32,50 pada tes pertama, 77,33 pada tes terakhir, dan N gain 0,71 termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan kelas yang menggunakan teknik mencatat terbimbing (eksperimen II) memperoleh skor 34,83 pada tes pertama, 57,00 pada tes terakhir, dan N gain 0,33 termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talking stick dalam pembelajaran kooperatif lebih unggul daripada metode catatan terbimbing karena terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Siswa di kelas tongkat bicara dan catatan terpandu ditemukan lebih termotivasi dan fokus selama proses pembelajaran dalam wawancara.


Keywords


Hasil belajar, ekosistem, kooperatif talking stick, kooperatif guided note taking.

References


Anderson.2010.Pembelajaran Pengajaran Dan Asesmen.Yogjakarta: Pustaka pelajar

Adeliyanti, S., Hobri, H., & Suharto, S. (2018). Pengembangan E-Comic Matematika Berbasis Teknologi Sebagai Suplemen Pembelajaran Pada Aplikasi Fungsi Kuadrat. KadikmA, 9(1), 123-130.

Amin, A. K. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51-64.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Campbell, dkk., 2002 Biologi (Jilid 3), Jakarta: Erlangga

Christianti.2012. Jurnal Pendidikan Indonesia.diakses 5 juli 2012

Djamal, Zora’aeni.2003. prinsip-prinsip ekologi dan organisasi ekosistem komunitas dan lingkungan.Jakarta:PT Bumi aksara.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang dan Suhana Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Herlanti, Yanti.2006.Tanya jawab seputar penelitian sains. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Isjoni. (2009). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta.

Gazali, M. (2015). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization guide note taking (TAI GNT) ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jurnal Elemen, 1(1), 70-80.

Kashiko, Tim, 2004 Kamus Lengkap Biologi, Surabaya: Kashiko Publisher.

Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

Lie, Anita.2008. Cooperative Learning . PT Gramedia Jakarta: Widiasarana

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105.

Musyahidin, A. S., & Kholis, N. (2015). Pengaruh Perpaduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Metode Guided Note Taking terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Memperbaiki CD Player Kelas XI TAV di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).

Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nugroho, B. S. (2018). Studi Perbandingan Penggunaan Media Berbasis Komik dengan Media Flipbook Maker Ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. JS (JURNAL SEKOLAH), 3(1), 42-47.

Perbangsa, W. W. A., & Haq, C. N. (2014). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Guided Note Taking Dengan Team Accelerated Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 179-192.

Rahmat, A. (2018). Abdul Rahmat: Talking Stick Model on Nonformal Education. ARTIKEL, 1(2216).

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran.Jakarta: Rajawali pers

SA'DUN, A. K. B. A. R., & MASHUDI, T. (2010). Penerapan model pembelajaran guided note taking pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Randuagung 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang/Windarti. Penerapan model pembelajaran guided note taking pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Randuagung 01 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang/Windarti.

Safitri, I. (2015). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 1-10.

Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, A. O. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF (BAEI) BERBANTUAN GOOGLE SLIDE DAN QUIZIZZ PADA MATERI MATRIKS (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Setiadi, W. (2020). Simplifikasi Regulasi dengan Menggunakan Metode Pendekatan Omnibus Law. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 9(1), 39.

Sisdiknas. 2012. Bandung: Fokussindo mandiri

Mansur, S., & Loli, M. P. P. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Dengan Model Guide Note Taking di SMP San Karlos Habi. BIOSFER: Jurnal Tadris Biologi, 10(1), 21-28.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Asdi Mahastya.

Subana. 2005. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, Nana 2005. Metode statistika. Bandung :

Sudrajat, Ahmad. 2008. Model Pembelajaran. (Online). Tersedia: http://smacepiring.wordpress.com. (18 Januari 2012).

Sugiyono. 2008 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sukmara, Dian. 2007. Implementasi Life Skill dalam KTSP. Bandung: Mughni Sejahtera.

Sulistiyani, R. (2010). Peningkatan hasil belajar pecahan sederhana pada pembelajaran kooperatif tipe stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngaringan 03. Peningkatan hasil belajar pecahan sederhana pada pembelajaran kooperatif tipe stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Ngaringan 03/Rahayu Sulistiyani.

Suprijono, Agus. 2011. Pembelajaran kooperatif Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surasana.1988 .Ekologi Tumbuhan, Bandung: ITB

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.

Suryana,Yaya.2009.Metodologi Penelitian Pendidikan.Bandung: Azkia pustaka

Suryosuboto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rinek Cipta.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekata Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyadnya, I. K. J., Wiarta, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe NHT terhadap pengetahuan matematika. International Journal of Elementary Education, 3(4), 413-422.

Syahputra, D. (2017). Pengaruh kemandirian belajar dan bimbingan belajar terhadap kemampuan memahami jurnal penyesuaian pada siswa SMA Melati Perbaungan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 368-388.

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. Biologi . Jakarta: Erlangga.

Syaodih, Nana. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim Redaksi Nuansa Aulia. 2006. Himpunan Perundang-Undangan Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen. Bandung: Nuansa Aulia.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Yamin, Martinis dan Bansu. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yuliani, W. (2019). Pengaruh metode kooperatif learning tipe jigsaw terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas VI SDN Tunas Bakti Subang tahun pelajaran 2018/2019. Quanta, 3(2), 39-43.

Wardana, S., & Sagoro, E. M. (2019). Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Dan Hasil Belajar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi 3 Di Smk Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46-57




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v12i2.23021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats