PENERAPAN MODEL BELAJAR PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAINOBSERVE- DISCUSS-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3184Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran
PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) terhadap penguasaan konsep dan
sikap ilmiah siswa pada pembelajaran konsep pencemaran lingkungan. Jenis penelitian adalah quasi
experimental dengan desain non equivalent control goup pretest-posttest. Penelitian dilakukan di
salah satu SMA Negeri di Bandung, terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Teknik
penentuan sampel dilakukan melalui cluster random sampling. Berdasarkan uji statistika
independent t test , hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PDEODE berpengaruh
secara signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada α0,05. Skor N-gain yang
didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kategori yang sama yakni kategori
sedang,yakni 0,58 pada kelas eksperimen dan 0,43 pada kelas kontrol. Persentase sikap ilmiah pada
kelas eksperimen (83,13%%) lebih besar dibandingkan kelas kontro ((79,26%). Respon siswa
terhadap pembelajaran PDEODE memberikan respon positif. Berdasarkan temuan dan hasil
penelitian ini, maka model pembelajaran PDEODE dapat dijadikan salah satu alternatif model
pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolah yang berpusat pada siswa.
PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) terhadap penguasaan konsep dan
sikap ilmiah siswa pada pembelajaran konsep pencemaran lingkungan. Jenis penelitian adalah quasi
experimental dengan desain non equivalent control goup pretest-posttest. Penelitian dilakukan di
salah satu SMA Negeri di Bandung, terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Teknik
penentuan sampel dilakukan melalui cluster random sampling. Berdasarkan uji statistika
independent t test , hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PDEODE berpengaruh
secara signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada α0,05. Skor N-gain yang
didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kategori yang sama yakni kategori
sedang,yakni 0,58 pada kelas eksperimen dan 0,43 pada kelas kontrol. Persentase sikap ilmiah pada
kelas eksperimen (83,13%%) lebih besar dibandingkan kelas kontro ((79,26%). Respon siswa
terhadap pembelajaran PDEODE memberikan respon positif. Berdasarkan temuan dan hasil
penelitian ini, maka model pembelajaran PDEODE dapat dijadikan salah satu alternatif model
pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolah yang berpusat pada siswa.
Downloads
Published
2018-08-31
How to Cite
Kusnadi, K., Hamdiyati, Y., & azkya, A. (2018). PENERAPAN MODEL BELAJAR PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAINOBSERVE- DISCUSS-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Jurnal BIOEDUIN, 8(2), 1–5. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3184
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Authors who publish in Jurnal BIOEDUIN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).