PENERAPAN MODEL BELAJAR PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAINOBSERVE- DISCUSS-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Authors

  • Kusnadi Kusnadi Universitas Pendidikan Indonesia UPI, Indonesia
  • Yanti Hamdiyati UPI, Indonesia
  • Agi azkya UPI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran
PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) terhadap penguasaan konsep dan
sikap ilmiah siswa pada pembelajaran konsep pencemaran lingkungan. Jenis penelitian adalah quasi
experimental dengan desain non equivalent control goup pretest-posttest. Penelitian dilakukan di
salah satu SMA Negeri di Bandung, terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Teknik
penentuan sampel dilakukan melalui cluster random sampling. Berdasarkan uji statistika
independent t test , hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PDEODE berpengaruh
secara signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada α0,05. Skor N-gain yang
didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kategori yang sama yakni kategori
sedang,yakni 0,58 pada kelas eksperimen dan 0,43 pada kelas kontrol. Persentase sikap ilmiah pada
kelas eksperimen (83,13%%) lebih besar dibandingkan kelas kontro ((79,26%). Respon siswa
terhadap pembelajaran PDEODE memberikan respon positif. Berdasarkan temuan dan hasil
penelitian ini, maka model pembelajaran PDEODE dapat dijadikan salah satu alternatif model
pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolah yang berpusat pada siswa.

Published

2018-08-31

How to Cite

Kusnadi, K., Hamdiyati, Y., & azkya, A. (2018). PENERAPAN MODEL BELAJAR PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAINOBSERVE- DISCUSS-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Jurnal BIOEDUIN, 8(2), 1–5. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3184

Citation Check