KEMAMPUAN BERNALAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS REPRESENTASI KONSEPTUAL DENGAN HYPERMEDIA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN


Asmi Nur Azizah(1*), Widi Purwianingsih(2), Yanti Hamdiyati(3)

(1) , Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The aim of this study is for analyzing the student’s reasoning ability that using representation conceptual using hypermedia in learning respiratory system.  This study using a quasi experimental method and non-equivalent control group design. The sample of this study obtained using Convenience Sampling Technique, consist of 33 students from XI grade as control class that use non-conceptual representation (5M learning : Observing, Asking, Trying, Reasoning and Communicating) and 36 students from XI grade as experimental class that use conceptual representation using hypermedia. The research data were obtained using a test consisting of an argumentation description test and a drawing test. Data analyzed using Mann-Whitney. The results showed that there was an enchancement in student’s reasoning abilities that were higher in the experimental class compared to the class that implementing non-conceptual representation (5M learning: Observing, Asking, Trying, Reasoning and Communicating). The experimental class has a higher percentage level of students's argumentation test, which is 5.56%. While the control class only has 3.03% of students who have the highest reasoning skills on the argumentation test.  In drawing tests, experiment class have a greater percentage for students who have the highest reasoning ability, which is 30.56%, while the control class only has 12.12% of students with the highest reasoning ability on the drawing test. Therefore,  system learning with conceptual representation using hypermedia can enhance student's reasoning abilities, which are important aspects of the 21st century.

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan bernalar siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis representasi konseptual dengan hypermedia pada materi sistem pernapasan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Convenience sampling, terdiri atas 33 siswa kelas XI sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran non-representasi konseptual (pembelajaran 5M : Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengkomunikasikan) dan 36 siswa kelas XI sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran berbasis representasi konseptual  menggunakan hypermedia.   Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen tes yang terdiri atas tes uraian argumentasi dan tes menggambar. Data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan bernalar siswa yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas  yang menerapkan pembelajaran non-representasi konseptual (pembelajaran 5M : Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengkomunikasikan). Kelas eksperimen memiliki persentase siswa yang lebih tinggi baik pada tes uraian argumentasi maupun pada tes menggambar. Pada tes uraian argumentasi, persentase kemampuan tertinggi siswa kelas eksperimen sebesar 5,56%, sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 3,03%. Pada tes menggambar, kelas eksperimen memiliki siswa sebesar 30,56% untuk kemampuan bernalar tertinggi, sedangkan kelas kontrol hanya memiliki 12,12% siswa dengan kemampuan bernalar tertinggi. Oleh karena itu, kemampuan siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis representasi konseptual menggunakan hypermedia mampu meningkatkan kemampuan bernalar siswa yang menjadi aspek penting pada abad 21 ini. 


Keywords


Conceptual Representation, Hypermedia, Reasoning, Respiratory System

References


Ainsworth, S. (2008). The Educational Value of Multiple-representations when Learning Complex Scientific Concepts. Nottingham University Journal, 191–208.

Carolan, J., Waldrip, B., & Vaughan, P. (2008). Using Representations for Teaching and Learning in Science. Teaching Science, 54(1), 18–23.

Faruq, A., Yuwono, I., & Chandra, T. D. (2016). Representasi (eksternal- internal) pada penyelesaian masalah matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2),

–162. https://doi.org/e-ISSN

– 1384

Hall, S. (1995). Representation : Cultural Representation and Signifying Practices. London: SAGE.

Hastjarjo, D. (2019). Rancangan Eksperimen Kuasi (Quasi Experimental Design). Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada, 27(2), 187–203.

https://doi.org/10.22146/buletinpsiko logi.38619

Hmelo-Silver, C. E., Jordan, R., Eberbach, C., & Sinha, S. (2017). Systems learning with a conceptual representation: a quasi-experimental study. Instructional Science, 45(1), 53–72.

https://doi.org/10.1007/s11251-016- 9392-y

Kirna, I. M. (2012). Pengaruh Integrasi Hypermedia dalam Strategi Siklus Belajar terhadap Pemahaman Konsep Kimia pada Siswa SMP Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19(2).

Liu, L., & Hmelo-silver, C. E. (2010). Conceptual Representation Embodied in Hypermedia : An Approach to Promoting Knowledge Co-Construction Conceptual Representations Embodied in Hypermedia : New Science of Learning, 341–356. https://doi.org/10.1007/978-1-4419- 5716-0

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran Biologi Model STAD dan TGT Ditinjau Dari Keingintahuan dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12–

Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index. php/jpii

Ozgelen, S. (2012). Students ’ Science Process Skills within a Cognitive Domain. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 8223(4), 283–292. https://doi.org/10.12973/eurasia.201 2.846a

Reiss, M. J., & Tunnicliffe, S. D. (2001). Students’ understandings of human organs and organ systems. Research in Science Education, 31(3), 383–

https://doi.org/10.1023/A:10131162 28261

Sari, Y. M. (2017). Pengaruh hypermedia terhadap hasil belajar siswa pada materi optika geometri. (Skripsi). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sutopo, & Waldrip, B. (2014). Impact of a Representational Approach on Students’ Reasoning and Conceptual Understanding In Learning Mechanics. International Journal of Science and Mathematics Education, 12, 741–765.

Syahliani, M., & Jamal, M. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 213–221.

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/index.php/j pii

Wijayanti, linda dwi ari. (2018). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas V Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia dengan Menggunakan Alat Peraga Mekanisme Pernapasan Manusia di SD Ma’Arif YPM Wonocolo Sidoarjo. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Zimmerman, C. (2000). The Development of Scientific Reasoning Skills. Developmental Review, 20(1), 99–

https://doi.org/10.1006/drev.1999.04 97

Zubaidah, S. (2016). Mengenal 4C : Learning in Innovation Skills untuk Menghadapi Era Evolusi Industri 4.0. Conference Paper of Universitas Negeri Malang, 1(1), 1–18. Retrieved from https://www.researchgate.net/publica tion/332469989%0AMENGENAL




DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats