ANALISA STRATEGI PEMASARAN KOPPONTREN AL-ITTIFAQ DENGAN METODE ANALISIS SWOT


Mujahidan Pangayoman A(1*), Ruhenda Ruhenda(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Bidang usaha agribisnis merupakan jenis usaha yang sangat potensial mengingat kebutuhan pangan seluruh masyarakat yang tetap harus terpenuhi. Hingga saat ini Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq memiliki tingkat persaingan tinggi dari sektor usaha agribisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang diterapkan oleh Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq sudah tepat untuk bisa bersaing dengan pelaku usaha sejenis lainnya. Data-data yang diperlukan diperoleh melalui praktik lapangan, pengamatan, dan wawancara dengan pihak instansi dan artikel serta sosial media dari perusahaan di internet. Data tersebut kemudian diolah untuk kemudian dianalisis menggunakan alat SWOT. Hasil analisis menunjukan bahwa Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq bisa bersaing dengan pelaku usaha sejenis lainnya dengan mengedepankan kualitas produk yang terjamin dan bermutu tinggi. Namun, strategi pemasaran yang dilakukan masih mengandalkan metode word of mouth tanpa memaksimalkan potensi dari sosial media. Meskipun demikian, sekitar 80% permintaan pasar yang ada pada saat ini belum sepenuhnya dapat terpenuhi disebabkan kurangnya sumber daya yang ada. Maka dari itu, perlu adanya penambahan jumlah sumber daya manusia dan pelatihan untuk terus tumbuh menjadi leih baik dan bisa memenuhi permintaan pasar lebih tinggi. 


Keywords


Agribisnis; Strategi Pemasaran; Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Edisi Pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid 1.Jakarta: Indeks.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

FEBI UIN Bandung. (2021). In PANDUAN PRAKTIK PROFESI/KERJA LAPANGAN DARING MERDEKA BELAJAR (PPL/PKL-DMB).

https://komerce.id/blog/segmentasi-pasar-adalah/

https://alifmart.id/tentang/

https://alifmart.id/

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/56436/1/SISKA%20HERMAYANI-FST.pdf

https://flexypack.com/manfaat-plastik-wrap-yang-jarang-digunakan-banyak-orang/

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/56436/1/SISKA%20HERMAYANI-FST.pdf

Jurusan Manajemen UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2021). In Pedoman PKL Online.

Rahmi, HM. (2015). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN UDANG BEKU PT. MUSTIKA MINA NUSA AURORA TARAKAN, KALIMANTAN UTARA. Jurnal Politeknik Pertanian Negeri Pangkep.

Saladin, Djaslim. 2007. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya.




DOI: https://doi.org/10.15575/jb.v1i1.17200

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jb.v1i1.17200.g6862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats