OPTIMALISASI STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI RUMAH SAKIT


Leni Burhan(1*), Wachyu Sulistiadi(2)

(1) Universitas Indonesia, Indonesia
(2) Universitas Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan pengguna smartphone terus meningkat, memicu sebagian besar strategi pemasaran memanfaatkan berbagai platform internet dan media sosial. Media digital sebagai salah satu komunikasi pemasaran sudah diterapkan oleh perusahaan produksi barang, dan juga dibidang jasa kesehatan yaitu rumah sakit. Berdasarkan hal tersebut tulisan ini bertujuan memaparkan salah satu cara pemasaran rumah sakit dengan memanfaatkan media digital. Metode: Kajian literatur dengan merumuskan kontribusi teoritis serta penguraian secara teratur data yang diperoleh, kemudian dituliskan pemahaman dan penjelasan agar dapat dimengerti. Hasil: Rumah sakit perlu melakukan digital marketing yang efektif, untuk mempromosikan layanan perawatan medis dalam memperluas bisnis dengan tetap memberikan layanan perawatan kesehatan berkualitas dan menjamin kepuasan pasien. Media sosial merupakan platform digital marketing yang banyak digunakan fasilitas kesehatan. Pemanfaatan digital marketing dapat diterapkan dalam pemasaran produk layanan rumah sakit, juga dapat memperkokoh brand image dari fasilitas kesehatan. Digital marketing bisa dilakukan melalui aplikasi yang dirancang rumah sakit secara personal maupun dengan ragam lainnya. Platform media sosial menghasilkan tingkat keterlibatan tertinggi dari sisi pasien. Pemantauan dan pengawasan yang konstan serta komitmen untuk peningkatan kualitas, maka digital marketing dapat dimanfaatkan untuk pemasaran rumah sakit.


Keywords


Pemasaran; Pemasaran Digital; Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


https://tekno.kompas.com/read/2021/09/02/09144137/jumlah-pengguna-ponsel-di-dunia-tembus-5-miliar. n.d.

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta. n.d.

Rony NF, Panuju R. Digital Media Hospital: Aplikasi Komunikasi Pemasaran Berbasiskan Daring. J Komun Prof 2018;2:120–8. https://doi.org/10.25139/jkp.v2i2.1375.

Radu G, Solomon M, Gheorghe CM, Hostiuc M, Bulescu IA PV, “Carol Davila” University of Medicine and Pharmacy, Bucharest R, Halawany H, Al-Abidi KS. The adaptation of health care marketing to the digital era. J Med Life 2017;10:44–6. https://doi.org/10.1186/s12903-021-01390-w.

Ram Kumar Sibramaniam, Aishwarya Singhai PH. Role of Digital Marketing to Enhance Medical Tourism in Hospital of Dubai. ICTR 2019 2nd Int. Conf. Tour. Res., 2020, p. 330–6.

Astri Rumondang, Acai Sudirman, Samsider Sitorus, Aditya Halim Perdana Kusuma, Melda Manuhutu, Andriasan Sudarso, Janner Simarmata, Dian Hasdiana TTN. Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita Menulis; 2020.

Widyawan S. Pemasaran Dalam Era Digital Marketing 2020:13–6.

Radu M, Radu G, Condurache A, Lorin Purcărea V. The influence of digital media on the success of a health care unit. J Med Life 2018;11:254–6. https://doi.org/10.25122/jml-2018-0064.

Kotsenas AL, Arce M, Aase L, Timimi FK, Young C, Wald JT. The Strategic Imperative for the Use of Social Media in Health Care. J Am Coll Radiol 2018;15:155–61. https://doi.org/10.1016/j.jacr.2017.09.027.

Digital Marketing for Private Practice_ How to Attract New Patients n.d.

Prasetyo AAR, Sulistiadi W. Effect of Digital Marketing in Hospitals: A Systematic Review 2019:509–12. https://doi.org/10.26911/theicph.2019.04.47.

Fahriza M, Pujiyanto P. Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran Rumah Sakit: Systematic Review. J Ilm Kesehat Masy Media Komun Komunitas Kesehat Masy 2021;13:100–8. https://doi.org/10.52022/jikm.v13i2.149.

Baum N. Marketing and Practice Promotion --Past, Present, and Future. Physician Leadersh J 2021;8:71–4.




DOI: https://doi.org/10.15575/jb.v1i1.17202

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jb.v1i1.17202.g6863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats