PROSEDUR DAN ALUR INVOICE PADA PT. USSI KOTA BANDUNG


Alvi Salamah(1*), Kadar Nurjaman(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Invoice (faktur) adalah dokumen berupa bukti penjualan suatu produk atau jasa yang memuat jumlah, harga, dan jumlah yang ditagih. Peran invoice sangat penting karena berfungsi sebagai bukti pengeluaran produk, pengiriman produk, pengambilan, dan pengarsipan pada saat pemeriksaan. Untuk mendapatkan invoice yang baik diperlukan prosedur yang baik dan sistematis. Dengan prosedur yang baik maka proses pembuatan invoice dapat dilakukan dengan baik. Dalam penulisan ini, penulis bermaksud untuk mendeskripsikan dan menjelaskan prosedur dan alur tagihan di PT. USSI. Pengamatan ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi deskriptif kualitatif, yaitu memaparkan tata cara pembuatan invoice dalam bentuk kalimat dan berdasarkan fakta. Sumber data berasal dari informasi, kejadian atau kegiatan yang telah diambil selama satu bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara dengan pihak terkait.


Keywords


Faktur, Prosedur, Pemasok.

Full Text:

PDF

References


Ardy, E. A. (2012). Prosedur Pencetakan Faktur Penjualan Pada PT. Kimia Farma Trading and Distribution Cabang Surakarta. (Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta).

Hidayat, R. (2014). Sistem Informasi Ekspedisi Barang dengan Metode E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan. Jurnal Sisfotek Global, 4(2).

Kurniawan, A. (2021). Analisis Proses Invoicing Account Receivable dari Transaksi Business to Business (B2B) Menggunakan Metode Root Cause Analysis (RCA) (Studi Kasus PT. X, Periode September 2019-Agustus 2020). (Thesis Universitas Bakrie).

Lutfiana, L. (2020). LKP: Pembuatan Aplikasi Invoice Berbasis Microsoft Access pada PT. Kamajaya Poetra Abadi. (Undergraduate Thesis Universitas Dinamika).

Mada, S. P. E. (2011). Surat Jalan dan Surat Muatan Sebagai Dokumen Perjanjian Pengangkutan Barang. (Skripsi Universitas Airlangga Surabaya).

Pranaswati, L. (2018). Prosedur Impor Bahan Baku Pada PT. Hanil Indonesia di Boyolali. (Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta).

Sari, K. A. (2015). Prosedur Pembuatan Invoice sebagai Sarana Penagihan Piutang pada PT Tirta Investama Distribition Center Solo. (Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta).

Sutedi, A. (2014). Hukum Ekspor Impor. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Wijaya, D., & Irawan, R. (2018). Prosedur Adminsitrasi Penjualan Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat. Perspektif. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 16(1).

Yanuar, A. D., & Fitriani, R. (2022). Prosedur dan Alur Invoice Supplier CV. Karjum Jaya Mandiri. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8, 35-41




DOI: https://doi.org/10.15575/jb.v2i1.28502

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jb.v2i1.28502.g9377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats