PENGARUH EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PROGRAM (ESOP) DAN FIXED ASSET INTENSITY (FAI) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN


Eel Nurlela(1*), Erna Nurhasanah(2), Fadilah Fatimah Zahra(3)

(1) STAI Manggala,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati,  
(3) UIN Sunan Gunung Djati,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Artkel ini bertujuan untuk mengkaji dampak Employee Stock Ownership Program (ESOP) dan Fixed Asset Intensity (FAI) terhadap kinerja keuangan PT. Delta Dunia Makmur, Tbk. ESOP merupakan program yang diterapkan oleh perusahaan untuk melibatkan karyawan dalam kepemilikan saham perusahaan. Sedangkan FAI proporsi aset perusahaan terdiri dari aset tetap yang dimilikinya. Artikel ini menggunakan metode deskriptif-verifikatif dan pendekatan kuantitatif, cara menganalisis data dengan asumsi klasik, statistik deskriptif, dan analisis kuantitatif. Data dalam artikel ini merupakan data sekunder yang diambil dari laporan keuangan PT. Delta Dunia Makmur, Tbk. serta didukung oleh penelitian literatur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial ESOP memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan. Namun untuk FAI tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan. Secara simultan ESOP dan FAI tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan dengan kontribusi sebesar 46,6 persen artinya 53,4 persen kinerja keuangan dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


ESOP; FAI; Financial Performance

Full Text:

PDF

References


Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Hidayat, M. (2010). Pengantar Ekonomi Syariah. Jakarta: Zikrul Media Intelektual.

Irma, A. D. (2019). PENGARUH KOMISARIS, KOMITE AUDIT, STRUKTUR KEPEMILIKAN, SIZE DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PROPERTI, PERUMAHAN DAN KONSTRUKSI 2013-2017. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 7 Nomor 3 – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, 697-712.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks.

Kurniati, R. A., & Saifi, M. (2018). PENGARUH EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PROGRAM (ESOP) DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 62 No. 2, 150-157.

Maharani, N. K., & Silvia, A. (2019). ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL. AL-URBAN: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, Vol. 3, No. 1, 81-94.

Mulyati. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Halal dan Tingkat Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). UIN Sultan Maulana Hasanuddin: Banten.

Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas, dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, Vol. 13, No. 2.

Ningsih, D. A., & Wuryani, E. (2021). Kepemilikan Institusional, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja. AKUNESA: Jurnal Akuntansi Unesa Vol 9, No 2,.

Rachmanto, B. A., & Widyanto, I. (2015). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma Religius Terhadap Sikap Konsumen Dalam Niat Mengkonsumsi Produk Makanan dan Minuman Halal (Studi Kasus di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 4(1), 280-211.

Rosida, R. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Pembelian Kosmetik Halal (Survey Pada Muslimah Di Jawa Barat). Journal of Islamic Economics and Business.

Salehudin, I. (2010). Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation. ASEAN Marketing Journal, 11 (1).

Sari, T. D., Titisari, K. H., & Nurlaela, S. (2020). PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KOMITE AUDIT, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN. UPAJIWA DEWANTARA VOL. 4 NO. 1 , 15-26.

Taufiq, A. R., & Andina , E. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Konsumsi Status Pada Generasi Millennial. Jurnal Ekonomi Manajemen, 2 (4), 143-149.

Vristiyana, V. M. (2019). PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN PRODUK HALAL TERHADAP PENILAIAN PRODUK HALAL DAN MINAT PEMBELIAN PRODUK HALAL (Studi Kasus Pada Industri Makanan). EKOBIS Vol.20, No.1, 85-100.

Wicaksono, A. T., & Astutik, T. P. (2020). LITERASI MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS KIMIA TERHADAP UNDANG-UNDANG NO. 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK. Ed-Humanistics. Volume 05 Nomor 01, 667-673.

Widodo, T. (2015). Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Indomie. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yester, C., Widiasmara, A., & Devi, H. P. (2020). ANALISIS PENGARUH EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PROGRAM, LEVERAGE, UKURAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018). Prosiding (Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (pp. 1-21). Madiun: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI.

Zani, Rosidita, A. V., Panji, D., & Massud, E. (2013). Analisis Pengaruh Label Halal dan Aman Produk Pangan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Malang. Malang: Universitas Brawijaya.

Zulham. (2016). Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.15575/fjsfm.v2i1.12541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eel Nurlela, Erna Nurhasanah, Fadilah Fatimah Zahra

 
 
 Lisensi Creative Commons