Strategi Komunikasi pada Pasar Modal Syariah Berbasis Cyber Public Relations
DOI:
https://doi.org/10.15575/idajhs.v10i1.1559Keywords:
Strategi Komunikasi, Pasar modal syariah, Cyber PR.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis urgensi strategi komunikasi pada pasar modal syariah yang berbasis cyber PR. Metode pendekatan yang digunakan dalam kajian ini adalah deskriptif analitis. Berkat kemajuan teknologi dan informasi, internet telah mengubah praktik public relations dalam menggunakan media. Pengguna media sosial di Indonesia jumlahnya begitu besar. Oleh karena itu, sudah saatnya cyber PR menjadi basis strategi komunikasi dan diseminasi informasi terkait pasar modal syariah, selain itu dengan menggunakan cyber PR sebagai basisnya maka penyampaian informasi kepada para stakeholder dan investor terkait pasar modal syariah akan lebih cepat, aktual, serta akurat untuk memperkenalkan pasar modal syariah baik dalam lingkup regional maupun pasar internasional.
References
Al Arif, M. N. R. 2011. Lembaga Keuangan Syariah: Kajian Teoritis Praktis. Bandung. Pustaka Setia.
Bambang, Saputra. 2012. Pasar Modal Syariah Indonesia: Alternatif Instrumen Investasi. Makassar. Adei.
Bob, Julius Onggo. E-PR Menggapai Publisitas di Era Interaktif Lewat Media Online. Yogyakarta. Andi.
Cangara, Hafied. 2003. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Cutlip, Scott. M.Centre, Allen H. Broom, Glen M. 1995. Effective Public Relations. New Jersey. Prentice Hall Inc.
Ida Syafrida, Indianik Aminah, Bambang Waluyo. 2014. Perbandingan kinerja instrumen investasi Berbasis syariah dengan konvensional pada pasar modal di Indonesia. Jakarta. Jurnal Al-Iqtishad vol VI no.2.
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations edisi kelima perevisi Daniel Yadin. Jakarta. Erlangga.
Kasali, Rhenald. 1998. Membidik Pasar Indonesia: segmentasi, targeting, positioning. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip, Gary Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2 (Damos Sihombing. Alih Bahasa). Jakarta. Erlangga.
Kotler, Philip, Gary Amstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 2. (Damos Sihombing. Alih Bahasa). Jakarta. Erlangga.
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi; Disertai contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Kencana.
Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenanda Media Grup.
Kustadi, Suhandang. 1989. Public Relations Perusahaan. Bandung. CV. Armico.
Laksamana, Agung. 2014. What CEO wants from PR. Yogyakarta. B-First.
Mattew, Miles and Huberman Michael. 2005. Analisa Data Kualitatif terjemahan Tjejep Rohendi Rohidi. Jakarta. UI Press.
Oemi Abdurrahman. 1994. Dasar-dasar Public relation. Bandung : Citra Aditya Bhakti.
Putra, I Gusti Ngurah. 1999. Manajemen Hubungan Masyarakat. Yogyakarta. Universitas Atmajaya.
Rosady, Ruslan. 2007. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi; Konsep dan aplikasi. Jakarta. Raja Grafindo.
Ruslan, Rosady. 2006. Metode Penelitian Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta. Rajawali Press.
Said, Salmah. 2012. Pemikiran Ekonom Muslim tentang Pasar Modal Syariah. Jurnal Al Fikr volume 16 Nomor 2.
S. Djuarsa Sendjaja, 1994. Teori Komunikasi. Jakarta. Universitas Terbuka
Severin J Werner, James W Tankard. 2001. Teori Komuniasi: Sejarah, Metoode dan Terapan di dalam Media Massa. Jakarta. Kencana Prenanda Media Grup.
Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2012. Dasar- Dasar Public Relations. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing Communication. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Syafrida, Ida, dkk. 2014. Perbandingan Kinerja Instrumen Investasi Berbasis Syariah dengan Konvensional Pada Pasar Modal di Indonesia. Jakarta. Jurnal Al-Iqtishad Vol VI No. 2
Wasesa, Silih Agung. 2005. Strategi Public Relation: Bagaimana Strategi Pubic Relations dari 36 merek Global dan Lokal Membangun Citra, mengendalikan Krisi dan merebut hati Konsumen. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Zamir Iqbal dan Abbas Mirakhor. 2008. Pengantar Keuangan Islam: Teori dan Praktik. Jakarta. Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish articles in Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons AttributionShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).