Pemikiran Filosofis dan Ilmiah dari Averroisme


Ilim Abdul Halim(1*)

(1) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bansung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Ibnu Rushd yang dikenal Averroes lahir dari keluarga yang mempunyai perhatian yang sangat besar terhadap ilmu pengetahuan. Kondisi lingkungan keluarga ditunjang oleh keberadaan penguasa dinasti Muwahhidin yang sangat mengagungkan filsafat. Karya Tulis yang telah disusunnya bercorak filsafat, kesehatan, ilmu tentang hewan, kosmologi, teologi, logika, fikih perbandingan (fiqh muqaran). Karya-karya ini menjadi perhatian masyarakat Barat. Ketiga, konsep pemikiran Ibnu Rushd memiliki pola filosofis ilmiah. Pola pemikiran ini memiliki kemiripan atau sejalan dengan pola pemikiran masyarakat Barat pada saat kebangkitan ilmu pengetahuan di Erofa. Pola pemikiran Ibnu Rushd yang filosofis ilmiah menekankan pada akal pemikiran (rasional) untuk menjelaskan berbagai hal. Hasil karya dari Ibnu Rushd berdampak pada pemikiran ilmiah di Eropa yang sedang bangkit dalam ilmu pengetahuan. Ibnu Rushd berperan sebagai penafsir (penjelas) karya-karya Aristoteles. Karya Aristoteles yang menekankan ilmu pengetahuan empiris dapat dipahami orang-orang Eropa setelah dijelaskan Ibnu Rushd lewat buku-buku terjemahannya. Pemikiran Ibnu Rushd atau Averroisme menjadi faktor penting dalam pemikiran Eropa yang melahirkan ilmu pengetahuan eksperimental modern

Keywords


Ibnu Rushd; filosofis; ilmiah; dunia Barat

Full Text:

PDF

References


Al-Ahwani, Ahmad Fuad. 1997. Filsafat Islam, Terjemahan Pustaka Firdaus. Jakarta; Pustaka Firdaus. Cet. Ke-8.

Al-Qur'an dan Terjemahnya. 2002. Jakarta; Depag.

Black, Antony. 2001. The History of Islamic Political Thought – From The Prophet to the Present. New York: Routledge

Fakhry, Madjid. 1987. A History of Islamic Philosophy. Terjemahan Mulyadi Kartanegara. Jakarta; Pustaka Jaya.

Leaman, Oliver. 2001. An Introduction to Medieval Islamic Philosophy. Terjemahan. Bandung; Mizan.

Madkour, Ibrahim. 1993. Fi al-falsafah al-Islamiyyah manhaj (Filsafat Islam: Metode dan Penerapan-Bagian I). Terjemahan Yudian Wahyudi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Rushd, Ibnu. 2004. Tahafut at-Tahafut Sanggahan terhadap Tahafut al-Falasifah.Terjemahan Khalifurahman Fath, Yogyakarta; Pustaka Pelajar. Cet. Ke-1.

Ustman Najati, Muhammad. 2002. Ad-Dirasat an-Nafsaniyyah’inda al-Ulama al-Muslimin. Jiwa dalam pandangan para filosof Muslim. Terjemahan Gazi Saloom. Jakarta; Pustaka Hidayah. Cet. Ke-1.




DOI: https://doi.org/10.15575/jaqfi.v1i1.1693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam

Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Email: jaqfi@uinsgd.ac.id

e-Issn: 2714-9420

p-Issn: 2541-352X


 


INDEKS

Google Scholar Hasil gambar untuk index copernicus

 

______________

 

View MyStat View MyStat