Bantuan Langsung Tunai dan Insentif Pajak serta Implikasinya Terhadap Pertumbuhan UMKM di Jawa Barat


Dinar Nurul Fauziah(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Bantuan Langsung Tunai dan Insentif Pajak terhadap Pertumbuhan UMKM Jawa Barat, Indonesia. Bantuan Langsung Tunai atau yang lebih dikenal sebagai BLT ialah program bantuan dari pemerintah dengan diberikannya sejumlah uang tunai atau bantuan lainnya baik bersyarat maupun tak bersyarat untuk masyarakat miskin. Insentif pajak merupakan suatu bentuk fasilitas yang diberikan pemerintah kepada wajib pajak. UMKM adalah unit usaha produksi tersendiri yang dilakukan oleh perseorangan atau badan hukum di semua sektor perekonomian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bantuan Langsung Tunai berpengaruh negatif dan tidak signifikan, sedangkan Insentif Pajak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pertumbuhan UMKM di Jawa Barat, Indonesia.


kata kunci: BLT, Insentif, Pajak, Pertumbuhan, UMKM

Keywords


BLT, Insentif, Pajak, Pertumbuhan, UMKM

Full Text:

Download (PDF)

References


Ananda, Amin Dwi., & Susilowati, Dwi. (2015). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, Vol.1, (no.1), pp. 120-142

Anindya Utami, Fajria. (2020) Apa itu BLT? Dalam website https://www.wartaekonomi.co.id/read315489/apa-itu-blt (diakses 05 Feb 2021)

Febrina Laucereno, Sylke. (2020). Fakta Seputar BLT UMKM yang Kamu Wajib Tahu. Dalam website https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5236576/fakta-seputar-blt-umkm-yangkamu-wajib-tahu/2 (diakses 05 Feb 2021)

Fletcher,K. (2002). Tax Incentives in Cambodia, Lao PDR and Vietnam. Washington D.C: International Monetary Fund

Heru akhmadi, Muhammad, Ra’ida Khairiyah, Yotasa. (2019). Studi Kualitatif : Dampak Kebijakan Insentif Pajak Usaha Kecil dan Menengah Terhadap Kepatuhan Pajak dan Penerimaan Negara. Jurnal Manajemen Keuangan Publik. H200; H260; D630

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Purwanto, Niken Paramita. (2020). Bantuan Fiskal untuk UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian Badan Keahlian DPR RI : Jakarta.

Sari, Rafika. (2018). Kebijakan Insentif Pajak bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI : Jakarta.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Tambunan, Tulus. (2009). UMKM di Indonesia, Bogor : Ghalia Indonesia

Tambunan, Tulus. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting, Jakarta: LP3ES




DOI: https://doi.org/10.15575/.v1i1.13106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dinar Nurul Fauziah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Indexing:

google scholar moraref morarefDOAJ