PEMAHAMAN STANDAR PROSES: TANTANGAN BAGI GURU PAI DI MADRASAH ALIYAH YAPIKA KERSAMANAH GARUT
DOI:
https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.10484Abstract
Standar proses merupakan sumber pada perkembangan proses belajar yang berlaku untuk peserta didik dalam mencapai kompetensi standar proses. Standar proses adalah salah satu dari standar nasional pendidikan(SNP), ketentuan aplikasi dalam aturan yang diberlakukan pemerintah dalam kurikulum. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang mendeskripsikan data dikuti dengan penafsiran atau pemaparan dari ketercapaian standar proses di madrasah. Madrasah Aliyah YAPIKA Kersamanah Garut, merupakan salah satu madrasah di bawah Pemerintah Kementrian Agama Kabupaten Garut. Madrasah Aliyah YAPIKA Kersamanah Garut memiliki pendidik yang konsen mengajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) dan mata pelajaran non Pendidikan Agama Islam(PAI). Dalam pemeliharaan kualitas pendidikan, ketetapan pada fungsi dan tujuan pendidikan, maka dari itu kurikulum, proses belajar, ataupun pengelolaan yang ada di Madrasah Aliyah YAPIKA Kersamanah semuanya harus bersandar pada Standar Nasional Pendidikan(SNP). Oleh karena itu, karena standar proses merupakan salah satu standar nasional pendidikan(SNP), untuk mencapai hal tersebut perlu adanya analisa pencapaian standar proses yang dilakukan terhadap guru PAI dan non PAI di MA YAPIKA Kersamanah. Artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui ketercapaian standar proses pendidikan di Madrasah Aliyah Kersamanah Garut, penelitian ini berpusat dalam mengkaji indikator-indikator yang pada saat ini belum berjalan secara optimal.References
Atika, A., Sudana, I. M., & Basyirun, B. (2017). Analisis Kesenjangan Pelaksanaan Standar Proses pada Pembelajaran Produktif di SMK. Journal of Vocational and Career Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10912
Bachri, B. S. (2010). MEYAKINKAN VALIDITAS DATA MELALUI TRIANGULASI PADA PENELITIAN KUALITATIF (No. 1). 1, 17.
BAN SM. (2017). Perangkat Akreditasi SMA/MA. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. https://bansm.kemdikbud.go.id/unduh/get/53
BSNP. (n.d.). STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN. STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN. https://bsnp-indonesia.org/standar-nasional-pendidikan/
Cahyono, L. E., Wibowo, S. B., & Murwani, J. (2015). ANALISIS PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 2 DOLOPO KABUPATEN MADIUN. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 4(2), 161. https://doi.org/10.25273/jap.v4i2.684
Kartowagiran, B., & Jaedun, A. (2016). Model asesmen autentik untuk menilai hasil belajar siswa sekolah menengah pertama (SMP): Implementasi asesmen autentik di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 131–141. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.10063
Keresnawati, A. A., Marhaeni, A., & Jampel, N. (2015). STUDI EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG MENGACU PADA STANDAR PROSES DI SLB NEGERI GIANYAR. 5(1), 9.
Mukarramah, U., Juanda, A., & Fitriah, E. (2015). ANALISIS STANDAR PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MAJALENGKA TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015. 5, 18.
Prasojo, L. D., Kande, F. A., & Mukminin, A. (2018). Evaluasi pelaksanaan standar proses pendidikan pada SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 61–69. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.19018
Ratmawati, & Tolla, I. (n.d.). ANALISIS PEMENUHAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDKAN PADA SMP NEGERI DI SULAWESI SELATAN. 1–8.
Rohman, F. (2017). Pendidikan Spiritual Berbasis Tarekat bagi Pecandu Narkoba (Studi Kasus di Pondok Pesantren As-Stressiyah Darul Ubudiyah Sejati Sejomulyo Juwana Pati). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 161. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.161-180
Shabir U, M. (2015). KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK. AULADUNA, 2(2), 222.
Stepanili, D., Rochman, C., & Samsul, B. (2019). Analisis Ketercapaian Indikator Standar Proses Di Sekolah Menengah Pertama. ETHOS (Jurnal Penelitian dan Pengabdian), 7(2), 254–260. https://doi.org/10.29313/ethos.v7i2.4576
Sumarsono, A. (2018). PERSEPSI GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN MERAUKE. 10(2), 15.
Wicaksono, Grahito, A., & Jumanto. (2018). PENYUSUNAN SOAL TES KURIKULUM KTSP BAGI GURU SD DJAMA’ATUL ICHWAN PROGRAM UTAMA SURAKARTA. ADIWIDYA, II(2), 1–5. http://dx.doi.org/10.33061/awpm.v2i2.2514
Zacky AR, A. (2016). KODE ETIK GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME PENDIDIK; REAKTUALISASI DAN PENGEMBANGAN KODE ETIK GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL AMIN PAMEKASAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 271. https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.2.271-292.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).