PERBEDAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN TRADISIONAL DAN PENERAPANNYA DI KELAS (Analisis Pendekatan Pembelajaran PAI)


Ari Nuryana(1*), Asep Hernawan(2), Adang Hambali(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Perubahan kurikulum yang sering terjadi di Republik ini berimplikasi juga terhadap aplikasi pendidikan di lapangan, terkhusus menyangkut pendekatan pembelajaran yang dipakai oleh masing-masing guru. Dalam penelitian ini, penulis bertujuan untuk menjelaskan kepada pembaca terkait perbedaan pendekatan kontekstual dengan pendekatan tradsional serta penerapannya ketika di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode analisis isi (content analysis), jenis data kualitatif dan menggunakan teknik kepustakaan. Salah satu yang dapat ditemukan terkait perbedaan pendekatan kontekstual dan tradisional adalah dalam pendekatan kontekstual siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Sedangkan dalam pendekatan tradisional siswa adalah penerima informasi secara pasif.

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hasibuan, Z. (2013). Metode Konvensional. Retrieved from Blogspot.com website: http://zulhasibuan.blogspot.com/2013/12/metode-konvensional.html

Hudson, C. C., & Whisler, V. R. (2007). Contextual teaching and learning for practitioners. IMSCI 2007 - International Multi-Conference on Society, Cybernetics and Informatics, Proceedings, 2(4), 228–232.

Lexy J. Moleong. (2017). Matodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudjiono, D. dan. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Pupu, S. R. (2009). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, Vol. 5, pp. 1–8. Retrieved from yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penrbit Ombak.

Sheva, A. (2011). Pendekatan Kontekstual (CTL). Retrieved from Blogspot.com website: http://s1-pgsd.blogspot.com/2011/12/makalah-pendekatan-kontekstual-learning.html

Sihabuddin. (2014). Strategi Pembelajaran. Srabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Subhan Roza, A., Rafli, Z., & Rahmat, A. (2019). The Implementation of Contextual Teaching Learning (CTL) to Improve the Students’ Speaking Ability in Islamic Studies Course. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 8(4), 45. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.8n.4p.45

Wahyono, B. (2020). Pendekatan Konvensional dalam Pembelajaran. Retrieved from Situs Pendidikan Ekonomi website: http://www.pendidikanekonomi.com/2013/06/pendekatan-konvensional-dalam.html




DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.10544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam



Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

INDEXING IN: 

 


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S2 Program Pascasarjana UIN SGD Bandung
Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Phone: 022-7802276