INOVASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ONLINE DENGAN MODEL ASSURE
DOI:
https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.10962Abstract
Abstrak: pada masa pandemic covid-19 pembelajaran PAI perlu mengadakan inovasi dan kreativitas yang baik untuk menjadikan pembelajaran yang asik dan menyenangkan. Tentunya tujuan yang diharapkan dari kompetensi dasarpun terpenuhi secara baik. Pendidik dituntut untuk mampu mengoperasikan teknologi secara baik dan kreatif agar terciptanya pembelajaran online aktif, komunikatif dan kreatif. Model ASSURE merupakan salah satu alternatif yang mampu meningkatkan hal tersebut. Penelitian ini merupakan kualitatif, dimana pembelajaran PAI materi wudhu dengan menggunakan model ASSURE. Selanjutnya hasil yang diperoleh akan dideskripsikan. Pelaksanaannya tetap mengikuti sintak  model tersebut namun sedikit dimodifikasi sesuai pembelajaran online. Hasil yang diperoleh mengenai kemampuan berwudhu peserta didik dilihat dari niat wudhu naik 16%, tata cara wudhu naik 4%, bacaan wudhu naik 3% dan melafalkan do’a setelah wudhu naik 9%.
Kata kunci: covid-19, model ASSURE, Pendidikan Agama Islam
Abstract: During the Covid-19 pandemic, PAI learning needs to carry out good innovation and creativity to make learning fun and enjoyable. Of course, the objectives expected from basic competencies are fulfilled properly. Educators are required to be able to operate technology well and creatively in order to create active, communicative and creative online learning. The ASSURE model is an alternative that can improve this. This research is a qualitative study, where the learning of Islamic teaching on ablution material using the ASSURE model. Furthermore, the results obtained will be described. The implementation still follows the syntax of the model but is slightly modified according to online learning. The results obtained regarding the ability of students to perform ablution were seen from the intention of ablution to increase by 16%, the procedures for ablution increased by 4%, the reading of ablution increased by 3% and reciting prayers after wudu increased by 9%.
Keywords: Covid-19, the ASSURE model, Islamic Religious Education
References
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.
Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231–246.
Fahri, M. U. (2020). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran.
Giarti, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Peserta didik Kelas VI SDN 2 Bengle, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), 13–27.
Muammar, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Assure dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Peserta didik Kelas VIII SMPN 22 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 166–172.
Muchtar, H. (2010). Penerapan penilaian autentik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 14(9), 68–76.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Palahudin, P., Hadiana, M. E., & Basri, H. (2020). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1).
Palahudin, P., Rochman, C., Farida, I., & Supiana, S. (2020). Tantangan Pendidik Dalam Mengimplemtasikan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah. FORUM PAEDAGOGIK, 12(2), 1–11.
Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Online) Https://Academia. Edu/Jurnal-Metode-Penelitian-Deskriptifpdf. Html (Diakses 15 Juni 2017).
Sukamto, I. S. (2009). Pengaruh tes awal dan minat belajar mahapeserta didik terhadap prestasi belajar praktik skills laboratorium Mata Kuliah Asuhan Persalinan Kala III. UNS (Sebelas Maret University).
Wardani, K. W., Loekmono, L., & Supramono, S. (2017). Keterlaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sma Terakreditasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 12. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p12-27
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad, 21(10).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).