EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN: STUDI PADA MENTORING PAI STMIK JABAR


Nur Karim Tindani(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan Islam adalah pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan pola ajaran Islam. Karena ajaran Islam berdasarkan al-Qur’an, Sunah, pendapat ulama, serta warisan sejarah, maka pendidikan Islam pun mendasarkan diri pada al-Qur’an, Sunah, pendapat ulama, serta warisan sejarah tersebut. Salah satu aspek penting dan mendasar dalam pendidikan adalah aspek tujuan. Merumuskan tujuan pendidikan merupakan syarat mutlak dalam mendefiniskan pendidikan itu sendiri yang paling tidak didasarkan atas konsep dasar mengenai manusia, alam, dan ilmu serta dengan pertimbangan prinsip-prinsip dasarnya. Hal tersebut disebabkan pendidikan adalah upaya yang paling utama, bahkan satu-satunya untuk membentuk manusia menurut apa yang dikehendakinya. Karena itu menurut para ahli pendidikan, tujuan pendidikan pada hakekatnya merupakan rumusan-rumusan dari berbagai harapan ataupun keinginan manusia. Tujuan didefinisikan sebagai perubahan yang diingini dan diusahakan oleh proses pendidikan atau usaha pendidikan untuk mencapainya, baik pada tingkah laku individu dan pada kehidupan pribadi-pribadinya, atau pada kehidupan masyarakat dan alam sekitar. Keberhasilan pendidikan adalah tercapainya tujuan pendidikan. Pembelajaran adalah “membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan”.  Pembelajaran yang efektif adalah proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai peserta didik, namun bagaimana proses pembelajaran yang efektif mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu serta dapat memberikan perubahan prilaku dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka.

Full Text:

PDF

References


Barni, M. (2011). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Pustaka Prisma.

Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet III Balai Pustaka.

Djiwandoro, S. E. W. (2002). Psikologi Pendidikan. PT Grasindo.

Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam ”Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia". Medan.

Moleong, J. L. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Gaya Media Pratama.

Noeng, M. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Raka Sarasin.

Sagala, S. (2008). Manajemen Berbasis Sekolah dan masyarakat : Stategi Memenangkan Persaingan Mutu. Nimas Multima.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Taba, H. (2004). Menggagas Kembali Pendidikan Islam. Infinite Press.




DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam



Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

INDEXING IN: 

 


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S2 Program Pascasarjana UIN SGD Bandung
Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Phone: 022-7802276