A Curriculum Analysis of the Moral Creed: the Pattern of Moral Formation


Fitria Hidayat(1), Nida Fatmah Wahidah(2), Yadi Mulyadi(3*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The Moral Creed curriculum in SMPN 1 of the west Bandung district contains various subject materials that point to achieving noble character in daily life, such as doing dhuha prayer, reading asmaul husna, and reading the Qur'an. Although the curriculum has been adopted based on the 2015 article 1 rule dictating to students no. 23, there are problems, such as declining student morals, students still not being used to recitation, and even cannot do it. The study aims to analyze the Moral Creed curriculum in the central west Bandung district. This study is quantitative research using the library research method. The primary data is through interviews, and secondary data is through books and other support sources. The data analysis used is analysis content. This study suggests that the Moral Creed curriculum at SMPN 1 should develop the curriculum to humanize humans and require a proper education method in the learning process.

Kurikulum Akidah Akhlak di SMPN 1 Porongpong Kabupaten Bandung Barat memuat berbagai materi pelajaran yang mengarahkan pada tercaIslamic Educationnya akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari seperti mengerjakan sholat dhuha, membaca asmaul husna, dan membaca al-Qur’an. Meskipun sudah diterapkan kurikulum sesuai dengan peraturan Mendikbud RI No 23 Tahun 2015 Pasal 1, terdapat beberapa masalah seperti menurunnya akhlak siswa dan siswa masih belum terbiasa mengaji bahkan ada siswa yang tidak bisa mengaji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum akhlak di SMPN 1 Paronpong Kabupaten Bandung Barat Indonesia. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode library reseach, sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer melalui wawancara dan data sekunder melalui buku serta sumber pendukung lainnya. Analisis data yang digunakan yaitu konten analisis.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kurikulum akidah akhlak di SMPN 1 Porongpong mengembangkan kurikulum untuk memanusiakan manusia, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan metode pendidikan yang tepat dalam proses pembelajaran.


Keywords


Analysis; Curriculum; Morals

Full Text:

PDF

References


Adnan, M. (2019). Mengenal Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Anak. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(2), 199–218.

Ahmad Tafsir. (2014). Ilmu Pendidikan Dalam Persepktif Islam. PT Remaja Rosda Karya.

Ainissyifa, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Qur’an. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217

Arafat, G. Y. (2018). Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis Gusti Yasser Arafat UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadrah, 17(33), 32–48.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Dava Media.

Hairina, Y. (2016). Prophetic Parenting sebagai Model Pengasuhan dalam Pembentukan Karakter (Akhlak) Anak. Jurnal Studia Insania, 4(1), 79–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/jsi.v4i1.1115

Hamalik, O. (2011). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosda Karya.

Hamzah, B. U. (2006). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Hasbullah. (2018). Lingkungan Pendidikan Dalam Al-Qur’an Dan Hadis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 13. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.833

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Ibrahim, R. (2015). Pendidikan Multikural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 129–154. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.573

Lestari, S. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-qur’an (Surat an–Nahl ayat 90) terhadap Kurikulum Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah. Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA.

Maujud, F. (2018). Implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam lembaga pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 30–50.

Maulida, A. (2017). Metode dan Evaluasi Pendidikan Akhlak dalam Hadits Nabawi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 855–869. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v4i07.66

Mukni’ah. (2019). Analisis Tentang Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 137–146. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v10i2.2696

Nur ‘Afiatus Sa’adah, Tamsik Udin, & Aceng Jaelani. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Film Serial Animasi Riko the Series Dan Relevansinya Terhadap Materi Pelajaran Akidah Akhlak Di Mi. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 15–25. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1705

Nur, I. A. (2021). Hadis Pendidikan: Metode Nabi SAW Mengoreksi Kesalahan Pengetahuan dan Pemahaman Peserta Didik. Idrak: Journal of Islamic Education, 3(2), Idrak J. Islam. Educ.

Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam Edisi Revisi. Kalam Mulia.

S, S. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Antisipasi Krisis Akhlak Peserta Didik Pada Sma Negeri Di Palopo. INFERENSI Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 9, 9(2), 373–396. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18326/in fsl3.v9i2.373-396

Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.1.1-6




DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v2i2.11891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

INDEXING IN: 

 


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S2 Program Pascasarjana UIN SGD Bandung
Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Phone: 022-7802276