Instillation of Prayer Values in Nature Shaping Students' Personalities


Ari Nuryana(1*), Andewi Suhartini(2), Hasan Basri(3)

(1) SMP Negeri 3 Cimahi, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Efforts made by educators in shaping the personality of good students have been carried out but have not produced maximum results. This study aims to identify the cultivation of prayer values This research uses a qualitative approach with a case study method. The results of the study show that: 1) the values of prayer that are instilled are religious values, such as being obedient to worship & loving cleanliness. Moral values, such as honesty, discipline,  responsibility are not arrogant & polite. Social values, such as empathy & tolerance; 2) the process of inculcating the values of prayer is carried out in three stages, namely value transformation through PAI learning in class, value transactions through material appreciation & trans internalization of values through habituation programs; 3) the material used is PAI material related to fiqh; 4) the methods used are habituation of prayer, habituation of recitations of the Qur'an, habituation of Asmaul Husna, habituation of greeting in the morning, habituation of GPS & honesty stalls; 5) evaluation is carried out on the achievement of student personality using attitude assessment which results in prayer worship can shape the student's personality; 6) supporting factors for inculcating the values of prayer, namely the existence of worship facilities, school policies and partnerships with parents. While the inhibiting factors are less supervision from parents & a less supportive living environment.

Ikthiar yang dilakukan oleh pendidik dalam membentuk kepribadian siswa yang baik telah dilakukan akan tetapi belum membuahkan hasil yang maksimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penanaman nilai-nilai sholat . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai-nilai ibadah shalat yang ditanamkan yaitu nilai religius, seperti taat beribadah & cinta kebersihan. Nilai moral, seperti jujur, disiplin, tanggungjawab, tidak sombong & sopan santun. Nilai sosial, seperti empati & toleransi; 2) proses penanaman nilai-nilai ibadah shalat dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tranformasi nilai melalui pembelajaran PAI di kelas, transaksi nilai melalui penghayatan materi & trans internalisasi nilai melalui program pembiasaan; 3) materi yang dipakai adalah materi PAI yang berkaitan dengan fikih; 4) metode yang digunakan yaitu pembiasaan shalat, pembiasaan tilawah al-Qur’an, pembiasaan asmaul husna, pembiasaan sapa pagi, pembiasaan GPS & warung kejujuran; 5) evaluasi dilakukan pada hasil capaian kepribadian siswa menggunakan penilaian sikap yang hasilnya ibadah shalat dapat membentuk kepribadian siswa; 6) faktor pendukung penanaman nilai-nilai ibadah shalat yaitu adanya sarana ibadah, kebijakan sekolah dan kemitraan dengan orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pengawasan yang kurang dari orangtua & lingkungan tempat tinggal yang kurang mendukung.


Keywords


Cultivation of Values; Personality; Values of Prayer

Full Text:

PDF

References


Bala, M. E., Senduk, J., & Boham, A. (2015). Peran Komunikasi Keluarga dalam Mencegah Perilaku Merokok bagi Remaja di Kelurahan Winangun Kecamatan Malalayang Kota Manado. Acta Diurna Komunikasi, 4(3).

Bermi, W. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam untuk Membentuk Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Mukminun Ngrambe Ngawi. Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 2(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.19120/al-lubab.v2i1.1300

Fauzi, I. (2019). Pembelajaran Perspektif Psikologi Sufistik Imam Al-Ghazali Dan Psikologi Humanistik Abraham Maslow Dalam Pembentukan Kepribadian. Ournal of Teaching Dan Learning Research, 1(2), 77–100. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i2.952

Gusmaneli, G., & Arnum, N. Q. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Ibadah Sholat Terhadap Anak Usia 9 – 11 Tahun di Jalan Lolo Gunung Sarik Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(2), 159–169.

Hafizallah, Y., & Husin, S. (2019). Psikologi Islam: Sejarah, Tokoh, dan Masa Depan. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 1(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/psc.v1i1.860

Hilmiati, H., & Saputra, F. (2020). PEnanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha dan Shalat Dhuhur Berjamaah di MI Raudlatusshibyan NW Belencong. Ẽl-Midad:Jurnal PGM, 12(1), 70–87. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i1.2506

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94

In’Ratnasari, K., Permatasari, Y. D., & Sholihah, M. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Sosial dalam Bermasyarakat. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i2.422

Jannah, F. (2013). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Dinamika Ilmu, 13(95), 5. https://doi.org/10.32678/alqalam.v19i95.460

Maharani, L., Sa’dullah, A., & Mustafida, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Kedisiplinan Melalui Pembiasaan Sholat Dhuhur Berjamaah di SMP Ma’Arif Kota Batu. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 42–48.

Nikmah, F., Pramitha, D., & Puspitasari, F. F. (2020). Analisis Kebiajakan PP No. 55/2007 dalam pengelolaan Pendidikan Agama. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 449.

Noor, T. (2018). Rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(1), 123–144.

Nugraha, M. S., Supriadi, U., & Anwar, S. (2014). Pembelajaran PAI Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 12(1), 55–67.

Nunung Nurhasanah, H. Wawan A.Ridwan, S. (2018). Pembentukan Kepribadian Menurut Imam al-Ghazali. Al-Tarbawi AL-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(9), 173–186.

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686

Sholeh, M. (2017). Kajian Kritis Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 36–55. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.26

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas x smk larenda brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Sulfemi, W. B., & Yuliani, N. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbantu Media Miniatur Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic:Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970

Suryani, L., Jalil, A., & Sufiyana, A. Z. (2021). Upaya Guru PAI dalam Pembinaan Kepribadian Siswa di Madrasah Tsanawiyah Babul Futuh Pandaan, Kabupaten Pasuruan. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 244–250.

Tambunan, N. (2018). Kendala Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Lobugoti Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Ilmiah Al-Hadi, 2(2), 477–484.

Widya, M., & Setiawan, H. R. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Ntiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 174–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fintiqad.v10i1.1930




DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v2i2.18172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

INDEXING IN: 

 


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S2 Program Pascasarjana UIN SGD Bandung
Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Phone: 022-7802276