Pengaruh Kontrol Diri dan Persepsi tentang Gaya Hidup Influencer terhadap Perilaku Konsumtif pada Dewasa Awal


Shafira Virginia(1*), Ambar Sulianti(2), Yonathan Natanael(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena influencer di era sekarang dapat menjadi pemicu munculnya perilaku konsumtif bagi para pengikutnya. Para pengikut akan tertarik untuk memiliki barang dan gaya hidup yang sama dengan sang influencer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kontrol diri dan persepsi tentang gaya hidup influencer terhadap perilaku konsumtif dewasa awal pengguna social media. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sebanyak 171 dengan karakteristik berusia 18-25 tahun, pengguna aktif social media dan penggemar boygroup NCT didapatkan dengan convinience sampling. Hasil penelitian dengan analisis regresi berganda menghasilkan nilai F = 178.462 dan signifikan p < 0.005 menunjukkan terdapat pengaruh kontrol diri dan persepsi tentang gaya hidup influencer terhadap perilaku konsumtif dengan nilai koefisien determinasi 0.669 atau sebesar 66.9%. Secara terpisah, persepsi tentang gaya hidup influencer berpengaruh secara positif terhadap perilaku konsumtif, sedangkan kontrol diri berpengaruh secara negatif terhadap perilaku konsumtif. Agar terhindar dari perilaku konsumtif dapat dilakukan dengan cara meminimalisir penggunaan social media dan lebih mengontrol diri ketika hendak melakukan pembelian.

Keywords


kontrol diri, persepsi, gaya hidup influencer, perilaku konsumtif, dewasa awal

Full Text:

PDF

References


Achirlita, R. (2022). Mengenal strategi influencer marketing. https://klikfranchise.com/blog/detail/mengenal-strategi-influencer-marketing

Andadini, T., & Darmawanti, I. (2023). Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Celebrity Worship Syndrome pada Komunitas NCTZEN Dewasa Awal. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 10(02), 268–286.

Arifia, I. (2020). Mengupas kelahiran influencer: dari alat propaganda hingga identity selling. http://news.unair.ac.id/2020/08/24/mengupas-kelahiran-influencer-dari-alat-propaganda-hingga-identity-selling/

Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286–303. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/h0034845

Clark, P. W., Martin, C. A., & Bush, A. J. (2001). The effect of role model influence on adolescents’ materialism and marketplace knowledge. Journal of Marketing Theory and Practice, 9(4), 27–36. https://doi.org/10.1080/10696679.2001.11501901

Efendi, R., Wahyuni, S., & Zulianto, M. (2018). Pengaruh facebook sebagai sosial media marketing terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 82–87. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7591

Fabrigar, L. R., Wegener, D. T., Maccallum, R. C., & Strahan, E. J. (1999). Evaluating the use of exploratory factor analysis in psychological research. Psychological Methods, 4(3), 272–299. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/1082-989X.4.3.272

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 55–68. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-14

Fromm, E. (1995). Masyarakat yang sehat (Sutrismo (ed.)). Yayasan Obor Indonesia.

Gallagher, S. M. (2017). The influence of social media on teens’ self-esteem [Rowan University]. In Rowan Digital Works. https://rdw.rowan.edu/etd/2438

Husnia Annafila, F., & Zuhroh, L. (2022). Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa universitas islam raden rahmat malang. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v2i1.894

Jemadu, L. & Prasetya, D. (2022). Jumlah pengguna media sosial indonesia capai 191,4 juta per 2022. https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022

Kotler, P. (2000). Prinsip-prinsip manajemen pemasaran (N. Yasin & A. Azmi (eds.)). Jakarta: Prehalindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2002). Manajemen pemasaran (1st ed.). Jakarta: Prehallindo.

Maulana, I., Manulang, J. M. br., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh sosial media influencer terhadap perilaku konsumtif di era ekonomi digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.82

Nafli, A. (2019). Hubungan antara citra diri dengan perilaku konsumtif membeli produk make up pada wanita karir [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8234

Novitasari, A. S. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Kehidupan di Era Digital. Binus Communication. https://binus.ac.id/malang/communication/2022/11/15/dampak-media-sosial-terhadap-kehidupan-di-era-digital/

Pramesthi, J. A. (2021). Meaning transfer model pada social media influencer. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 1–18. https://doi.org/10.31315/jik.v19i1.4293

Pratiwi, A. R. (2022). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Produk Makeover Pada Pembeli Di Sun Plaza Medan [Universitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18459

Prihatini, D., & Irianto, A. (2021). Pengaruh literasi keuangan dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Ecogen, 4(1), 24. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i1.11035

Prisillia, B. T. (2020). Hubungan antara harga diri dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada siswa siswi sma negeri 9 pekanbaru [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/28003

Putri, A. A., & Haninda, A. R. (2020). Pengaruh beauty vlogger terhadap minat beli produk kecantikan di SMK telekomunikasi telesandi bekasi. Jurnal Komunikasi, 6(2), 474–484. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.10358/jk.v6i2.773

Risnawati, Mintarti, W., & Ardoyo. (2018). Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, modernitas individu, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa. Jurnal Pendidikan, 3(4), 430–436. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10732

Ruqayyah. (2024). MAHASISWA BERSUARA: Menyoal Gaya Hidup Konsumtif di Kalangan Generasi Z. BandungBergerak.Id. https://bandungbergerak.id/article/detail/1597513/mahasiswa-bersuara-menyoal-gaya-hidup-konsumtif-di-kalangan-generasi-z

Saifulloh, M., & Siregar, M. U. (2019). Pengungkapan diri gofar hilman sebagai influencer melalui media instagram. Pustaka Komunikasi, 2(2), 167–180. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/pustakom.v2i2.869

Salsabila, R. (2023). Brand ambassador NCT dream sebagai penunjang brand awareness dan penjualan lemonilo. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/rarasalsabila4190/64abdd8d08a8b5643121f522/brand-ambassador-nct-dream-sebagai-penunjang-brand-awareness-dan-penjualan-lemonilo

Sudarisman, H. S. V. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif melalui online shop pada mahasiswi. Acta Psychologia, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.43308

Sudiro, P. I., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh financial literacy, uang elektronik, demografi, gaya hidup, dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 160–172. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p160-172

Susanti, E. T., & Rosalina, L. (2020). Pengaruh tayangan youtube beauty vlogger terhadap perilaku konsumtif kosmetik pada mahasiswi jurusan tata rias dan kecantikan universitas negeri padang. Jurnal Tata Rias Dan Kecantikan, 2(2), 30–40. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/.v2i2.44

Triadanti. (2019). Jadi Gaya Hidup, Benarkah Fans KPop Kaya Raya atau Cuma Modal Kuota? Artikel ini telah tayang di Idntimes.com dengan judul “Jadi Gaya Hidup, Benarkah Fans KPop Kaya Raya atau Cuma Modal Kuota?” IDN Times. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/danti/jadi-gaya-hidup-benarkah-fans-kpop-kaya-raya-atau-cuma-modal-kuota?page=all




DOI: https://doi.org/10.15575/jops.v3i2.37799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.