Pengaruh Kontrol Diri dan Persepsi tentang Gaya Hidup Influencer terhadap Perilaku Konsumtif pada Dewasa Awal
DOI:
https://doi.org/10.15575/jops.v3i2.37799Keywords:
kontrol diri, persepsi, gaya hidup influencer, perilaku konsumtif, dewasa awalAbstract
References
Achirlita, R. (2022). Mengenal strategi influencer marketing. https://klikfranchise.com/blog/detail/mengenal-strategi-influencer-marketing
Andadini, T., & Darmawanti, I. (2023). Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Celebrity Worship Syndrome pada Komunitas NCTZEN Dewasa Awal. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 10(02), 268–286.
Arifia, I. (2020). Mengupas kelahiran influencer: dari alat propaganda hingga identity selling. http://news.unair.ac.id/2020/08/24/mengupas-kelahiran-influencer-dari-alat-propaganda-hingga-identity-selling/
Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286–303. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/h0034845
Clark, P. W., Martin, C. A., & Bush, A. J. (2001). The effect of role model influence on adolescents’ materialism and marketplace knowledge. Journal of Marketing Theory and Practice, 9(4), 27–36. https://doi.org/10.1080/10696679.2001.11501901
Efendi, R., Wahyuni, S., & Zulianto, M. (2018). Pengaruh facebook sebagai sosial media marketing terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 82–87. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7591
Fabrigar, L. R., Wegener, D. T., Maccallum, R. C., & Strahan, E. J. (1999). Evaluating the use of exploratory factor analysis in psychological research. Psychological Methods, 4(3), 272–299. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/1082-989X.4.3.272
Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 55–68. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-14
Fromm, E. (1995). Masyarakat yang sehat (Sutrismo (ed.)). Yayasan Obor Indonesia.
Gallagher, S. M. (2017). The influence of social media on teens’ self-esteem [Rowan University]. In Rowan Digital Works. https://rdw.rowan.edu/etd/2438
Husnia Annafila, F., & Zuhroh, L. (2022). Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa universitas islam raden rahmat malang. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 2(1), 20–27. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v2i1.894
Jemadu, L. & Prasetya, D. (2022). Jumlah pengguna media sosial indonesia capai 191,4 juta per 2022. https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022
Kotler, P. (2000). Prinsip-prinsip manajemen pemasaran (N. Yasin & A. Azmi (eds.)). Jakarta: Prehalindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2002). Manajemen pemasaran (1st ed.). Jakarta: Prehallindo.
Maulana, I., Manulang, J. M. br., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh sosial media influencer terhadap perilaku konsumtif di era ekonomi digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.82
Nafli, A. (2019). Hubungan antara citra diri dengan perilaku konsumtif membeli produk make up pada wanita karir [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8234
Novitasari, A. S. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Kehidupan di Era Digital. Binus Communication. https://binus.ac.id/malang/communication/2022/11/15/dampak-media-sosial-terhadap-kehidupan-di-era-digital/
Pramesthi, J. A. (2021). Meaning transfer model pada social media influencer. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 1–18. https://doi.org/10.31315/jik.v19i1.4293
Pratiwi, A. R. (2022). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Produk Makeover Pada Pembeli Di Sun Plaza Medan [Universitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18459
Prihatini, D., & Irianto, A. (2021). Pengaruh literasi keuangan dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Ecogen, 4(1), 24. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i1.11035
Prisillia, B. T. (2020). Hubungan antara harga diri dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada siswa siswi sma negeri 9 pekanbaru [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/28003
Putri, A. A., & Haninda, A. R. (2020). Pengaruh beauty vlogger terhadap minat beli produk kecantikan di SMK telekomunikasi telesandi bekasi. Jurnal Komunikasi, 6(2), 474–484. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.10358/jk.v6i2.773
Risnawati, Mintarti, W., & Ardoyo. (2018). Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga, gaya hidup, modernitas individu, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa. Jurnal Pendidikan, 3(4), 430–436. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10732
Ruqayyah. (2024). MAHASISWA BERSUARA: Menyoal Gaya Hidup Konsumtif di Kalangan Generasi Z. BandungBergerak.Id. https://bandungbergerak.id/article/detail/1597513/mahasiswa-bersuara-menyoal-gaya-hidup-konsumtif-di-kalangan-generasi-z
Saifulloh, M., & Siregar, M. U. (2019). Pengungkapan diri gofar hilman sebagai influencer melalui media instagram. Pustaka Komunikasi, 2(2), 167–180. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/pustakom.v2i2.869
Salsabila, R. (2023). Brand ambassador NCT dream sebagai penunjang brand awareness dan penjualan lemonilo. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/rarasalsabila4190/64abdd8d08a8b5643121f522/brand-ambassador-nct-dream-sebagai-penunjang-brand-awareness-dan-penjualan-lemonilo
Sudarisman, H. S. V. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif melalui online shop pada mahasiswi. Acta Psychologia, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.43308
Sudiro, P. I., & Asandimitra, N. (2022). Pengaruh financial literacy, uang elektronik, demografi, gaya hidup, dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 160–172. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p160-172
Susanti, E. T., & Rosalina, L. (2020). Pengaruh tayangan youtube beauty vlogger terhadap perilaku konsumtif kosmetik pada mahasiswi jurusan tata rias dan kecantikan universitas negeri padang. Jurnal Tata Rias Dan Kecantikan, 2(2), 30–40. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/.v2i2.44
Triadanti. (2019). Jadi Gaya Hidup, Benarkah Fans KPop Kaya Raya atau Cuma Modal Kuota? Artikel ini telah tayang di Idntimes.com dengan judul “Jadi Gaya Hidup, Benarkah Fans KPop Kaya Raya atau Cuma Modal Kuota?†IDN Times. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/danti/jadi-gaya-hidup-benarkah-fans-kpop-kaya-raya-atau-cuma-modal-kuota?page=all
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published on the E-Journal of Psychology website is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral right remains the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-SA), which means that the Journal of Psychology reserves the right to save, transmit media / format, manage in database form, , maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it continues to include the name of the Author as the owner of Copyright.
3. Printed and published print and electronic manuscripts are open access for any purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.