Makna Dukungan Orang Tua terhadap Keberhasilan Akademik Remaja: Studi Fenomenologi pada Keluarga dengan Pola Asuh Otoritatif

Authors

  • Elsa Agustin UIN Walisongo Semarang, Angola
  • Ikhrom UIN Walisongo Semarang, Indonesia
  • Royanullah UIN Walisongo Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.45806

Keywords:

Pola Asuh Otoritatif, Keberhasilan Akademik, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman subjektif remaja SMP yang dibesarkan dengan pola asuh otoritatif serta pengaruhnya terhadap keberhasilan akademik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi deskriptif berdasarkann langkah analisis Colaizzi. Partisipan terdiri dari lima remaja SMP dengan prestasi akademik baik (nilai rata-rata 85 dan peringkat tiga besar di kelas) serta berasal dari keluarga dengan pola asuh otoritatif. Partisipan dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam selama 30–45 menit. Hasil penelitian menunjukkan tiga tema utama: (1) dukungan emosional dan pemantauam konsisten dari orang tua, (2) kebebasan belajar yang disertai pengawasan, dan (3) persepsi remaja mengenai keterkaitan pola asuh otoritatif dengan keberhasilan akademik. Dukungan diberikan dalam bentuk motivasi verbal, penyediaan fasilitas belajar seperti les privat, dan sikap orang tua yang tidak menekan namun tetap memantau perkembangan anak. Kebebasan belajar yang diawasi meningkatkan rasa percaya diri, tanggung jawab, dan motivasi intrinsik. Temuan ini menegaskan bahwa pola asuh otoritatif menciptakan lingkungan belajar yang kondusif yang memperkuat kepercayaan diri, membangun disiplin, dan keberhasilan akademik.

References

Akinsola, E. F., & Udoka, P. A. (2013). Parental influence on social anxiety in children and adolescents: Its assessment and management using psychodrama. Psychology, 4(3), 246–253. https://doi.org/10.4236/psych.2013.43a037

Boonk, L., Gijselaers, H. J. M., Ritzen, H., & Brand-Gruwel, S. (2018). A review of the relationship between parental involvement indicators and academic achievement. Educational Research Review, 24, 10–30. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.02.001

Candelanza, A. L., Buot, E. Q. C., & Merin, J. A. (2021). Diana Baumrind’s parenting style and child’s academic performance: A tie-in. Psychology and Educational Journal, 58(5), 1497–1502. https://psychologyandeducation.net/pae/index.php/pae/article/view/5530

Gach, E. J., Ip, K. I., Sameroff, A. J., & Olson, S. L. (2018). Early cumulative risk predicts externalizing behavior at age 10: The mediating role of adverse parenting. Journal of Family Psychology, 32(1), 92–102. https://doi.org/10.1037/fam0000360

Grolnick, W. S., Raftery-Helmer, J. N., Flamm, E. S., Marbell, K. N., & Cardemil, E. V. (2015). Parental provision of academic structure and the transition to middle school. Journal of Research on Adolescence, 25(4), 668–684. https://doi.org/10.1111/jora.12161

Harper, C. A., Satchell, L. P., Fido, D., & Latzman, R. D. (2020). Functional fear predicts public health compliance in the COVID-19 pandemic. International Journal of Mental Health and Addiction, 19(5), 1875–1888. https://doi.org/10.1007/s11469-020-00281-5

Hayek, J., Schneider, F., Lahoud, N., Tueni, M., & de Vries, H. (2022). Authoritative parenting stimulates academic achievement, also partly via self-efficacy and intention towards getting good grades. PLoS ONE, 17, 1–20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0265595

Hill, N. E., & Tyson, D. F. (2009). Parental involvement in middle school: Assessment of the strategies that promote achievement. Developmental Psychology, 45(3), 740–763. https://doi.org/10.1037/a0015362

Kartikasari, W. A., Marjohan, M., & Hariko, R. (2022). Hubungan self regulated learning dan dukungan orang tua terhadap perilaku prokrastinasi akademik. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 388. https://doi.org/10.29210/30031579000

Lestari, Y. I. (2022). Pola asuh otoritatif dan psychological well-being pada remaja. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 3(2), 80. https://doi.org/10.24014/pib.v3i2.16914

Moralitas, T., & Remaja, P. (2025). Relationship between authoritative parenting and adolescent’s morality. 000(1), 267–277.

Moroki, I. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa. Journal of Psychology “Humanlight,” 1(1), 30–40. https://doi.org/10.51667/jph.v1i1.310

Pinquart, M., & Fischer, A. (2022). Associations of parenting styles with moral reasoning in children and adolescents: A meta-analysis. Journal of Moral Education, 51(4), 463–476. https://doi.org/10.1080/03057240.2021.1933401

Prasetyo, T., Alya, N., & Rahmatillah, F. (2023). Peran orang tua dalam meningkatkan prestasi akademik anak: Studi kualitatif tentang pola asuh dan pembinaan keluarga. Jurnal Penjaminan Mutu, 9(2), 207–215. https://doi.org/10.25078/jpm.v9i02.2789

Ramadhani, K. I., Prasetya, A. B., & Hikmah, N. (2023). Studi tentang perilaku malas belajar pada siswa. Prosiding Seminar Nasional Pengenalan Lapangan Persekolahan UAD, 416–425.

Sari, O. P., & Eliasa, E. I. (2024). Perkembangan kecerdasan emosional anak remaja usia 12–15 tahun mempengaruhi gaya belajar siswa: Studi literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 46090–46098. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/22648

Shosha, G. A. (1857). Employment of Colaizzi’s strategy in descriptive phenomenology: A reflection of a researcher. European Scientific Journal, 8(27), 31–43.

Steinberg, L., Lamborn, S. D., Dornbusch, S. M., & Darling, N. (1992). Impact of parenting practices on adolescent achievement: Authoritative parenting, school involvement, and encouragement to succeed. Child Development, 63(5), 1266. https://doi.org/10.2307/1131532

Strage, A., & Brandt, T. S. (1999). Authoritative parenting and college students’ academic adjustment and success. Journal of Educational Psychology, 91(1), 146–156. https://doi.org/10.1037/0022-0663.91.1.146

Windayani, N. L. I., & Putra, Komang T. H. (2021). Pola asuh otoritatif untuk membentuk karakter anak. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 173–182. Retrieved from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Zulparis, Z., Mubarok, M., & Iskandar, B. (2021). Keterlibatan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 188. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33292

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Agustin, E., Ikhrom, & Royanullah. (2025). Makna Dukungan Orang Tua terhadap Keberhasilan Akademik Remaja: Studi Fenomenologi pada Keluarga dengan Pola Asuh Otoritatif . Journal of Psychology Students, 4(2), 69–75. https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.45806

Citation Check