Pengaruh Leisure Time terhadap Kualitas Relasi Orang Tua-Anak pada Orang Tua yang Memiliki Anak Disabilitas Intelektual
DOI:
https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.46291Keywords:
disabilitas intelektual, kualitas relasi orang tua-anak, leisure timeAbstract
Disabilitas intelektual ditandai oleh keterbatasan dalam fungsi sosial adaptif seperti komunikasi dan pengelolaan diri, sehingga menjadi tantangan bagi orang tua dan berpotensi memengaruhi kualitas relasi orang tua-anak, terutama jika waktu luang bersama (leisure time) kurang terjalin. Penelitian ini menganalisis hubungan leisure time dengan kualitas relasi orang tua-anak pada keluarga dengan anak disabilitas intelektual berusia 2-12 tahun melalui metode kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua instrumen yang telah diadaptasi dan diuji validitas serta reliabilitasnya, yaitu Family Leisure Activity Profile (FLAP) untuk mengukur leisure time dan Parent–Child Interaction Questionnaire-Revised (PACHIQ-R) versi orangtua untuk mengukur kualitas relasi orangtua-anak. Validitas isi diuji menggunakan Aiken’s V, sedangkan reliabilitas diuji melalui koefisien Cronbach’s alpha dan menunjukkan hasil yang memadai. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa leisure time berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas relasi (R² = 0,044; b = 0,356; p < 0,05), sehingga hipotesis penelitian diterima dan menegaskan pentingnya waktu luang bersama dalam memperkuat hubungan keluarga pada anak berkebutuhan khusus.
References
Agate, J. R., Zabriskie, R. B., Agate, S. T., & Poff, R. (2009). Family leisure satisfaction and satisfaction with family life. Journal of Leisure Research, 41(2), 205–223. https://doi.org/10.1080/00222216.2009.11950166
Amiri, A., Kalantari, M., Rezaee, M., & Baghban, A. A. (2018). Correlation between mother-child relationship and participation of children and adolescents with cerebral palsy in leisure time activities. Iranian Rehabilitation Journal, 16(2), 203–215. https://doi.org/10.32598/irj.16.2.203
Apriliyanti, D., Anugrahni, D., & Agustina, V. (2017). Hubungan kemampuan manajemen stres dengan tingkat stres pada orang tua anak Tunagrahita di SLBN 1 Palangkaraya. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 43–46. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ANN/article/view/1164
Awalin, B. N., Handayani, H., Rosnawaty, R., Budiawan, H., & Artikel, R. (2023). Hubungan Dukungan Orangtua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan Di Slb Negeri Kota Tasikmalaya Tahun 2023. Journal of Nursing Practice and Science, 2(2), 211–218.
Azwar, S. (2022). Metode penelitian psikologi. Pustaka Pelajar.
Behr, D., & Shishido, K. (2016). The Translation of Measurement Instruments for Cross-Cultural Surveys. The SAGE Handbook of Survey Methodology, 269–287. https://doi.org/10.4135/9781473957893.n19
Escalante-Barrios, E. L., Suarez-Enciso, S. M., Raikes, H., Davis, D., Garcia, A., Gonen, M., Veziroglu-Celik, M., & Hazar, R. G. (2020). Child-parent interactions in American and Turkish families: Examining measurement invariance analysis of child-parent relationship scale. PLoS ONE, 15(4), 1–18. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0230831
Fadul. (2019). Desk Reverence To The Diagnostick Criteria From DSM-5.
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83
Gea, Y. K., Taftazani, B. M., & Raharjo, S. T. (2023). Pengasuhan positif orang tua: Perlindungan hak anak disabilitas. Share Social Work Journal, 13(1), 60.
Hameed, A., & Kotian, S. (2023). Exploring leisure and quality of life in parents of children with intellectual disability: An analytical review. International Journal for Multidisciplinary Research (IJFMR), 5(5).
Huang, L., Huang, X., Wang, J., Zhang, F., Fei, Y., Tang, J., & Wang, Y. (2023). Factors influencing parent-child relationships in chinese nurses: a cross-sectional study. BMC Nursing, 22(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12912-023-01413-7
Janah, H. A., Sugeng, B., & Nugraha, B. S. (2023). Pengasuhan orang tua anak penyandang disabilitas intelektual di Kelurahan Walitelon Selatan Kabupaten Temanggung. Pekerjaan Sosial, 22(2). https://doi.org/10.31595/peksos.v22i2.1036
Kumolohadi, S. (2016). Intelligenz struktur test dan standard progressive matrices: (Dari konsep inteligensi yang berbeda menghasilkan tingkat inteligensi yang sama). Assesment, 20(2), 39–55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published on the E-Journal of Psychology website is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral right remains the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-SA), which means that the Journal of Psychology reserves the right to save, transmit media / format, manage in database form, , maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it continues to include the name of the Author as the owner of Copyright.
3. Printed and published print and electronic manuscripts are open access for any purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.



