Pengaruh Leisure Time terhadap Kualitas Relasi Orang Tua-Anak pada Orang Tua yang Memiliki Anak Disabilitas Intelektual

Penulis

  • Zahratun Nisa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Indonesia
  • Fikrie Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Indonesia
  • Gladis Corinna Marsha Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.46291

Kata Kunci:

disabilitas intelektual, kualitas relasi orang tua-anak, leisure time

Abstrak

Disabilitas intelektual ditandai oleh keterbatasan dalam fungsi sosial adaptif seperti komunikasi dan pengelolaan diri, sehingga menjadi tantangan bagi orang tua dan berpotensi memengaruhi kualitas relasi orang tua-anak, terutama jika waktu luang bersama (leisure time) kurang terjalin. Penelitian ini menganalisis hubungan leisure time dengan kualitas relasi orang tua-anak pada keluarga dengan anak disabilitas intelektual berusia 2-12 tahun melalui metode kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua instrumen yang telah diadaptasi dan diuji validitas serta reliabilitasnya, yaitu Family Leisure Activity Profile (FLAP) untuk mengukur leisure time dan Parent–Child Interaction Questionnaire-Revised (PACHIQ-R) versi orangtua untuk mengukur kualitas relasi orangtua-anak. Validitas isi diuji menggunakan Aiken’s V, sedangkan reliabilitas diuji melalui koefisien Cronbach’s alpha dan menunjukkan hasil yang memadai. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa leisure time berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas relasi (R² = 0,044; b = 0,356; p < 0,05), sehingga hipotesis penelitian diterima dan menegaskan pentingnya waktu luang bersama dalam memperkuat hubungan keluarga pada anak berkebutuhan khusus.

Referensi

Agate, J. R., Zabriskie, R. B., Agate, S. T., & Poff, R. (2009). Family leisure satisfaction and satisfaction with family life. Journal of Leisure Research, 41(2), 205–223. https://doi.org/10.1080/00222216.2009.11950166

Amiri, A., Kalantari, M., Rezaee, M., & Baghban, A. A. (2018). Correlation between mother-child relationship and participation of children and adolescents with cerebral palsy in leisure time activities. Iranian Rehabilitation Journal, 16(2), 203–215. https://doi.org/10.32598/irj.16.2.203

Apriliyanti, D., Anugrahni, D., & Agustina, V. (2017). Hubungan kemampuan manajemen stres dengan tingkat stres pada orang tua anak Tunagrahita di SLBN 1 Palangkaraya. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 43–46. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ANN/article/view/1164

Awalin, B. N., Handayani, H., Rosnawaty, R., Budiawan, H., & Artikel, R. (2023). Hubungan Dukungan Orangtua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan Di Slb Negeri Kota Tasikmalaya Tahun 2023. Journal of Nursing Practice and Science, 2(2), 211–218.

Azwar, S. (2022). Metode penelitian psikologi. Pustaka Pelajar.

Behr, D., & Shishido, K. (2016). The Translation of Measurement Instruments for Cross-Cultural Surveys. The SAGE Handbook of Survey Methodology, 269–287. https://doi.org/10.4135/9781473957893.n19

Escalante-Barrios, E. L., Suarez-Enciso, S. M., Raikes, H., Davis, D., Garcia, A., Gonen, M., Veziroglu-Celik, M., & Hazar, R. G. (2020). Child-parent interactions in American and Turkish families: Examining measurement invariance analysis of child-parent relationship scale. PLoS ONE, 15(4), 1–18. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0230831

Fadul. (2019). Desk Reverence To The Diagnostick Criteria From DSM-5.

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Gea, Y. K., Taftazani, B. M., & Raharjo, S. T. (2023). Pengasuhan positif orang tua: Perlindungan hak anak disabilitas. Share Social Work Journal, 13(1), 60.

Hameed, A., & Kotian, S. (2023). Exploring leisure and quality of life in parents of children with intellectual disability: An analytical review. International Journal for Multidisciplinary Research (IJFMR), 5(5).

Huang, L., Huang, X., Wang, J., Zhang, F., Fei, Y., Tang, J., & Wang, Y. (2023). Factors influencing parent-child relationships in chinese nurses: a cross-sectional study. BMC Nursing, 22(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12912-023-01413-7

Janah, H. A., Sugeng, B., & Nugraha, B. S. (2023). Pengasuhan orang tua anak penyandang disabilitas intelektual di Kelurahan Walitelon Selatan Kabupaten Temanggung. Pekerjaan Sosial, 22(2). https://doi.org/10.31595/peksos.v22i2.1036

Kumolohadi, S. (2016). Intelligenz struktur test dan standard progressive matrices: (Dari konsep inteligensi yang berbeda menghasilkan tingkat inteligensi yang sama). Assesment, 20(2), 39–55.

Diterbitkan

2025-11-30

Cara Mengutip

Nisa, Z., Fikrie, & Marsha, G. C. (2025). Pengaruh Leisure Time terhadap Kualitas Relasi Orang Tua-Anak pada Orang Tua yang Memiliki Anak Disabilitas Intelektual. Journal of Psychology Students, 4(2), 62–68. https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.46291

Citation Check