Implementasi Modifikasi Perilaku Berbasis Task Analysis untuk Meningkatkan Kemandirian Remaja Usia 20 Tahun dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA)

Authors

  • Vicky Purwadi Putra Sawaludin Institut Agama Islam Pemalang, Indonesia
  • Shaleh Afif Institut Agama Islam Pemalang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.48411

Keywords:

Gangguan Spektrum Autisme, Kemandirian , Task Analysis , Modifikasi Perilaku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian remaja dengan gangguan spektrum autisme (GSA) melalui intervensi berbasis task analysis dan modifikasi perilaku. Subjek berusia 20 tahun dengan diagnosis GSA berat. Penelitian ini secara teoretis memperkaya pemahaman tentang intervensi perilaku dalam kemandirian anak GSA, secara praktis memberi panduan sederhana bagi pendidik dan keluarga, serta secara sosial menumbuhkan kesadaran bahwa anak autisme dapat berkembang dengan pendekatan yang tepat. Desain penelitian yang digunakan adalah Single-Case Experimental Design dengan Multiple Baseline Across Behaviors. Intervensi mencakup task analysis, video modeling, graduated guidance, errorless learning, dan reinforcement positif. Hasil menunjukkan peningkatan kemandirian dalam aktivitas mandi, menggosok gigi, dan menyiapkan tas sekolah. Namun demikian, masih terdapat hambatan dalam generalisasi keterampilan dan sensitivitas sensorik. Intervensi terbukti efektif dan dapat dijadikan model pelatihan kemandirian pada individu GSA.

References

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed). https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425 5965

Amriana, A., Widya, F. P., & Astutik, M. (2024). Modifikasi Perilaku terhadap Kepatuhan Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) di PAUD Inklusi Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 9(1), 45–57. https://doi.org/10.26740/JIPK.v9n1.p45- 57

Asri, D. N., & Suharni. (2021). Modifikasi perilaku: Teori dan penerapannya. Madiun: UNIPMA Press.

Budi, S. (2019). Program pelatihan menggosok gigi dalam meningkatkan keterampilan bina diri siswa tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 34–45. http://jpkk.ppj.unp.ac.id

Fadhilah, N. H., Soendari, T., & Heryati, E. (2019). Penggunaan teknik task analysis dalam peningkatan kemampuan memakai baju berkancing pada anak tunagrahita ringan kelas IV di SLB-BC YPLAB Banjaran. JASSI Anakku, 20(1), 62–70

Ginting, D. R., Lubis, A. F., & Sitompul, R. (2023). Terapi okupasi/bina diri dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 19(2), 112–121.

Husti, D. A. (2022). Penerapan teknik task analysis untuk meningkatkan keterampilan mencuci piring pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB-C YPPLB Cendrawasih Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 415–421.

Idhartono, D., Utomo, S. A., & Handayani, S. (2024). Strategi Penerapan Modifikasi Perilaku terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 1–10.

MacNaul, H. L., & Neely, L. C. (2018). Video modeling and task analysis to increase independence in toileting skills for individuals with autism spectrum disorder: A review. Behavioral Interventions, 33(1), 89–101. https://doi.org/10.1002/bin.1501

Maryanti, R. (2016). Penggunaan teknik task analysis dalam pembelajaran menggosok gigi anak tunagrahita sedang kelas III di SLB-C Terate Bandung (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nuraini, N. (2022). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus: Pendekatan Individual dan Lingkungan Belajar Adaptif. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(2), 13–21.

Rachmedi, S., & Suminar, D. R. (2020). Penerapan teknik total task presentation untuk meningkatkan keterampilan bina diri berpakaian pada disabilitas intelektual berat. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 4(1), 17–26. https://doi.org/10.36341/psi.v4i1.1241

Siwi, F. D., Pandeinuwu , L.-R., & Dapa, A. N. (2025). Penggunaan metode analisis tugas dalam meningkatkan kemampuan melipat kemeja pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB-C Katolik Santa Anna Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(5.C), 281–288. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/12021

Widya, W., Hartini, H., & Nurullita, N. (2024). Program bina diri dalam membentuk kemandirian anak tunagrahita. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 10(1), 55–64.

Wong, C., Odom, S. L., Hume, K., Cox, A. W., Fettig, A., Kucharczyk, S., Brock, M. E., Plavnick, J. B., Fleury, V. P., & Schultz, T. R. (2015). Evidence-based practices for children, youth, and young adults with Autism Spectrum Disorder: A comprehensive review. Journal of Autism and Developmental Disorders, 45(7), 1951–1966. https://doi.org/10.1007/s10803-014-2351-z

Yahya, R. E., Anatarsya, A. A., Anayansya, A. A., Gunarto, K., & Maruti, E. S. (2023). Memahami Anak Autis dan Penerapan Model Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 48–58.

Yohana, N. A., & Kurniawaty, N. (2025). Penerapan Model Intervensi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus: Perspektif Neuropsikologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 13(1), 34–44.

Zafila, N. (2023). Strategi Modifikasi Perilaku terhadap Perilaku Seksual Bermasalah pada Siswa Berkebutuhan Khusus: Studi Kasus Kualitatif di SLB N Magelang. Jurnal Ilmiah Psikologi Pendidikan, 11(2), 110–123.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Sawaludin, V. P. P., & Afif, S. (2025). Implementasi Modifikasi Perilaku Berbasis Task Analysis untuk Meningkatkan Kemandirian Remaja Usia 20 Tahun dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA) . Journal of Psychology Students, 4(2), 101–109. https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.48411

Citation Check