Implementasi Modifikasi Perilaku Berbasis Task Analysis untuk Meningkatkan Kemandirian Remaja Usia 20 Tahun dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA)
DOI:
https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.48411Keywords:
Gangguan Spektrum Autisme, Kemandirian , Task Analysis , Modifikasi PerilakuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian remaja dengan gangguan spektrum autisme (GSA) melalui intervensi berbasis task analysis dan modifikasi perilaku. Subjek berusia 20 tahun dengan diagnosis GSA berat. Penelitian ini secara teoretis memperkaya pemahaman tentang intervensi perilaku dalam kemandirian anak GSA, secara praktis memberi panduan sederhana bagi pendidik dan keluarga, serta secara sosial menumbuhkan kesadaran bahwa anak autisme dapat berkembang dengan pendekatan yang tepat. Desain penelitian yang digunakan adalah Single-Case Experimental Design dengan Multiple Baseline Across Behaviors. Intervensi mencakup task analysis, video modeling, graduated guidance, errorless learning, dan reinforcement positif. Hasil menunjukkan peningkatan kemandirian dalam aktivitas mandi, menggosok gigi, dan menyiapkan tas sekolah. Namun demikian, masih terdapat hambatan dalam generalisasi keterampilan dan sensitivitas sensorik. Intervensi terbukti efektif dan dapat dijadikan model pelatihan kemandirian pada individu GSA.
References
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed). https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425 5965
Amriana, A., Widya, F. P., & Astutik, M. (2024). Modifikasi Perilaku terhadap Kepatuhan Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) di PAUD Inklusi Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 9(1), 45–57. https://doi.org/10.26740/JIPK.v9n1.p45- 57
Asri, D. N., & Suharni. (2021). Modifikasi perilaku: Teori dan penerapannya. Madiun: UNIPMA Press.
Budi, S. (2019). Program pelatihan menggosok gigi dalam meningkatkan keterampilan bina diri siswa tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 34–45. http://jpkk.ppj.unp.ac.id
Fadhilah, N. H., Soendari, T., & Heryati, E. (2019). Penggunaan teknik task analysis dalam peningkatan kemampuan memakai baju berkancing pada anak tunagrahita ringan kelas IV di SLB-BC YPLAB Banjaran. JASSI Anakku, 20(1), 62–70
Ginting, D. R., Lubis, A. F., & Sitompul, R. (2023). Terapi okupasi/bina diri dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 19(2), 112–121.
Husti, D. A. (2022). Penerapan teknik task analysis untuk meningkatkan keterampilan mencuci piring pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB-C YPPLB Cendrawasih Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 415–421.
Idhartono, D., Utomo, S. A., & Handayani, S. (2024). Strategi Penerapan Modifikasi Perilaku terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 1–10.
MacNaul, H. L., & Neely, L. C. (2018). Video modeling and task analysis to increase independence in toileting skills for individuals with autism spectrum disorder: A review. Behavioral Interventions, 33(1), 89–101. https://doi.org/10.1002/bin.1501
Maryanti, R. (2016). Penggunaan teknik task analysis dalam pembelajaran menggosok gigi anak tunagrahita sedang kelas III di SLB-C Terate Bandung (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nuraini, N. (2022). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus: Pendekatan Individual dan Lingkungan Belajar Adaptif. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(2), 13–21.
Rachmedi, S., & Suminar, D. R. (2020). Penerapan teknik total task presentation untuk meningkatkan keterampilan bina diri berpakaian pada disabilitas intelektual berat. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 4(1), 17–26. https://doi.org/10.36341/psi.v4i1.1241
Siwi, F. D., Pandeinuwu , L.-R., & Dapa, A. N. (2025). Penggunaan metode analisis tugas dalam meningkatkan kemampuan melipat kemeja pada anak tunagrahita sedang kelas III di SLB-C Katolik Santa Anna Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(5.C), 281–288. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/12021
Widya, W., Hartini, H., & Nurullita, N. (2024). Program bina diri dalam membentuk kemandirian anak tunagrahita. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 10(1), 55–64.
Wong, C., Odom, S. L., Hume, K., Cox, A. W., Fettig, A., Kucharczyk, S., Brock, M. E., Plavnick, J. B., Fleury, V. P., & Schultz, T. R. (2015). Evidence-based practices for children, youth, and young adults with Autism Spectrum Disorder: A comprehensive review. Journal of Autism and Developmental Disorders, 45(7), 1951–1966. https://doi.org/10.1007/s10803-014-2351-z
Yahya, R. E., Anatarsya, A. A., Anayansya, A. A., Gunarto, K., & Maruti, E. S. (2023). Memahami Anak Autis dan Penerapan Model Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 48–58.
Yohana, N. A., & Kurniawaty, N. (2025). Penerapan Model Intervensi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus: Perspektif Neuropsikologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 13(1), 34–44.
Zafila, N. (2023). Strategi Modifikasi Perilaku terhadap Perilaku Seksual Bermasalah pada Siswa Berkebutuhan Khusus: Studi Kasus Kualitatif di SLB N Magelang. Jurnal Ilmiah Psikologi Pendidikan, 11(2), 110–123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published on the E-Journal of Psychology website is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral right remains the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-SA), which means that the Journal of Psychology reserves the right to save, transmit media / format, manage in database form, , maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it continues to include the name of the Author as the owner of Copyright.
3. Printed and published print and electronic manuscripts are open access for any purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.



