Penggunaan Tiktok dalam Tren Velocity Sebagai Media Presentasi Diri Generasi Z

Penulis

  • Anggi Safitri Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Ira Mulyana Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Rr Setyawati Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.48133

Kata Kunci:

Generasi Z, TikTok, Presentasi Diri, tren velocity

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Generasi Z mempresentasikan diri melalui TikTok dalam mengikuti tren velocity. Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, enam partisipan pengguna aktif TikTok diwawancarai secara mendalam. Hasil analisis tematik menunjukkan empat tema utama: Front Stage Behavior, Back Stage Behavior, Impression Management, dan Role as Social Actor. Temuan menunjukkan bahwa partisipasi partisipan dalam tren bukan hanya untuk hiburan, tetapi juga sebagai bentuk aktualisasi diri, pencitraan sosial, dan keterikatan dengan komunitas digital. TikTok menjadi ruang untuk membangun identitas dan menjaga eksistensi dalam budaya digital yang dinamis.

Referensi

Allen, K.-A., Gray, D. L., Baumeister, R. F., & Leary, M. R. (2022). The need to belong: A deep dive into the origins, implications, and future of a foundational construct. Educational Psychology Review, 34(2), 1133–1156. https://doi.org/10.1007/s10648-021-09633-6

Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications.

Fatmawati, E. (2017). Media multitasking di era digital natives. Pustakawan Ahli Madya Perpustakaan FEB UNDIP, 24(2), 6–15. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/download/3/pdf/9

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media sosial TikTok: TikTok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share: Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Francis, T., & Hoefel, F. (2018). True gen’: Generation Z and its implications for companies. McKinsey & Company.

Goffman, E. (2023). The presentation of self in everyday life. In Social theory re-wired (pp. 450–459). Routledge.

Ibrahim, W. M., & Nur, D. M. M. (2025). Strategi adaptasi mahasiswa Gen Z terhadap trend velocity dalam pembelajaran dan kehidupan sosial. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 173–179.

Islami, M. D., Merida, S. C., & Novianti, R. (2022). Harga diri dengan presentasi diri pada remaja pengguna TikTok. Journal of Psychology Students, 1(2), 67–76. https://doi.org/10.15575/jops.v1i2.16718

Jain, L., Velez, L., Karlapati, S., Forand, M., Kannali, R., Yousaf, R. A., … Ahmed, S. (2025). Exploring problematic TikTok use and mental health issues: A systematic review of empirical studies. Journal of Primary Care & Community Health, 16, 21501319251327304. https://doi.org/10.1177/21501319251327303

Juniartika, R., Utami, S. E., & Ihsani, H. (2023). Pengaruh kebermaknaan kerja terhadap loyalitas kerja pada karyawan generasi Z di Kota Padang. Psyche 165 Journal, 16, 155–160. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v16i3.267

Leary, M. R., & Kowalski, R. M. (1990). Social anxiety. Psychological Bulletin, 107(3), 310–335. https://doi.org/10.1037/0033-2909.107.3.310

Marwick, A., & Boyd, D. (2011). To see and be seen: Celebrity practice on Twitter. Convergence, 17(2), 139–158.

Merunková, L., & Šlerka, J. (2019). Goffman’s theory as a framework for analysis of self-presentation on online social networks. Masaryk University Journal of Law and Technology, 13(2). https://doi.org/10.5817/MUJLT2019-2-5

Nesi, J., & Prinstein, M. J. (2019). In search of likes: Longitudinal associations between adolescents’ digital status seeking and health-risk behaviors. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, 48(5), 740–748. https://doi.org/10.1080/15374416.2018.1437733

Smith, J., Flowers, P., & Larkin, M. (2012). Interpretative phenomenological analysis: Theory, method and research. SAGE.

Yu, Y., Zhang, J., & Liu, J. (2022). The effect of online self-presentation on self-esteem of sensory impairments students: Mediation of social support. Journal of Affective Disorders Reports, 10, 100392. https://doi.org/10.1016/j.jadr.2022.100392

Diterbitkan

2025-11-30

Cara Mengutip

Safitri, A., Mulyana, I., & Rr Setyawati. (2025). Penggunaan Tiktok dalam Tren Velocity Sebagai Media Presentasi Diri Generasi Z. Journal of Psychology Students, 4(2), 76–84. https://doi.org/10.15575/jops.v4i2.48133

Citation Check