ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS FISIKA SISWA SMA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS DI MASA PANDEMI COVID-19


Farikhatul Mukharomah(1*), Wiyanto Wiyanto(2), Ngurah Made Darma Putra(3)

(1) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 yang tidak maksimal memberikan dampak terhadap kemampuan literasi sains, termasuk literasi sains fisika. Terlebih fakta di Indoensia, kemampuan literasi sains siswa masih rendah
menurut hasil PISA. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan awal literasi sains fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Jepara di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 71 siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Jepara. Data dikumpulkan dengan wawancara dan tes secara online. Domain kemampuan literasi sains yang diukur adalah domain kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains fisika siswa pada materi kinematika gerak lurus pada domain kompetensi sebesar 57,50% masih dalam kategori pencapaian “rendah”. Oleh sebab itu, kemampuan literasi sains fisika siswa perlu ditingkatkan. Salah satu faktor rendahnya kemampuan literasi sains fisika ini adalah proses pembelajaran daring yang belum menerapkan kegiatan praktikum. Maka dari itu, upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains fisika tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan kegiatan praktikum berbasis literasi sains secara daring


Keywords


Kata kunci: Kemampuan Literasi Sains, Fisika, Kinematika Gerak Lurus

References


AAAS. (1990). Science for all Americans. University Press.

Adani, D. A. L., Astutik, S., & Lesmono, A. D. (2018). Identifikasi kemampuan litersi sains pada materi gerak lurus kelas X MIPA SMA di SMAN RAMBIPUJI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3(2), 184–189.

Alam, D. P., Utari, S., & Karim, S. (2015). Rekonstruksi Rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sains Melalui Analisis Kesulitan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII pada Topik Gerak Lurus. Prosiding Simposium Nasional Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 2015(Snips), 317–320.

Arisman, A. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA. IV, 89–92.

Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Bybee, R., & McCrae, B. (2011). Scientific literacy and student attitudes: perspectives from PISA 2006 science. International Journal of Science Education. International Journal of Science Education, 33(1), 7–26. https://doi.org/10.1080/09500693.2011.518644

Fraenkel, Jack, Wallen, Norman, Hyun, & Helen. (2011). How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Mc Graw Hill.

Indrawati, M. D. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Fisika Peserta Didik Pada Bahasan Gelombang Bunyi Di Sma Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 07(01), 14–20.

Irwan, A. P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pesrta Didik Ditinjau Dari Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika Di Sman 2 Bulukumba. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(3), 17–24. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i3.13494

Merta, I. W., Artayasa, I. P., Kusmiyati, K., Lestari, N., & Setiadi, D. (2020). Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 223. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1889

Mijaya, N. P. A. P., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Selamet, K. (2019). Profil Literasi Sains Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Levels of Inquiry. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 161. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19385

Ning, D. R., Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2020). Profil Literasi Sains Dan Berfikir Kreatif Siswa Smp Negeri 11 Pekalongan. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 150. https://doi.org/10.25273/jems.v8i2.6905

Nofiana, M. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 77. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1682

Nurwulandari, N. N. (2018). N Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Energi. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(2), 205. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.51

OECD. (2015a). PISA 2015 Framework. Oecd, March 2015, 52. https://doi.org/10.1177/0022146512469014

OECD. (2015b). PISA Result in Focus.

OECD. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018. Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018, 1–10. http://www.oecd.org/pisa/ Data

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Smp Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173

Purwanto, N. (2013). Pengajaran, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi. PT Remaja Rosdakarya.

Rahayuningtyas, W. A., Resmiyati, D., & Purworejo, U. M. (2019). Pembelajaran ipa berbasis literasi sains dengan metode praktikum. 75–86.

Rusilowati, A., Astuti, B., & Rahman, N. A. (2019). How to improve student’s scientific literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1170(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1170/1/012028

Rusilowati, A, Linuwih, S., & Nugroho, S. A. (2017). The profile of science literacy attitudes of junior high school students in Purbalingga. Proceeding of ICMSE, 493(Query date: 2020-08-14 14:24:03), 183–189. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/icmse/article/view/23739

Rusilowati, Ani, Kurniawati, L., Nugroho, S. E., & Widiyatmoko, A. (2016). Developing an instrument of scientific literacy asessment on the cycle theme. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5718–5727.

Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Sulsilah, H., Utari, S., & Saepuzaman, D. (2019). The application of scientific approach to improve scientific literacy on domain competency at secondary school on dynamic electricity topic. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032056

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 110–116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.253

Utama, M. N., Ramadhani, R., Rohmani, S. N., & Prayitno, B. A. (2019). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa Di Salah Satu Sekolah Menengah Atas ( Sma ) Negeri Di Surakarta Students ’ Science Literacy Skill Profile in One of State High Schools in Surakarta. 3, 57–67.

van Eijck, M., & Roth, W. M. (2010). Theorizing scientific literacy in the wild. Educational Research Review, 5(2), 184–194. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2010.03.002

WEFUSA. (2015). Unlocking the potential of the smart grid. AIP Conference Proceedings, 1702. https://doi.org/10.1063/1.4938795

Yulianti, S. (2020). Hubungan antara kemampuan literasi saintifik dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi kinematika gerak lurus. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.10391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: