Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Menggunakan Instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) pada Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas


Sheila Mutiara Inggit(1), Winny Liliawati(2*), Iyon Suryana(3)

(1) , Indonesia
(2) Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(3) Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi dan penyebabnya pada materi fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-eksploratif. Partisipan penelitian ini yaitu peserta didik salah satu SMA Negeri di Kota Banding dan dua SMA Negeri di Kab. Kuningan dengan jumlah 217 peserta didik (72 laki-laki dan 145 perempuan). Instrumen yang digunakan dalam mengidentifikasi miskonsepsi ini adalah Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) yang terdiri dari 11 butir soal pilihan ganda lima tingkat. Penelitian ini menggunakan analisis CDQ (Confidence Discrimination Quotient). Berdasarkan hasil analisis CDQ menunjukkan bahwa terdapat 17 miskonsepsi yang teridentifikasi. Persentase miskonsepsi tertinggi yaitu 81% pada konsep tekanan hidrostatis. Penyebab miskonsepsi yang terdeteksi dalam penelitian ini adalah pemikiran peserta didik dan penjelasan guru. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) menggunakan teknik analisis CDQ dapat mengidentifikasi miskonsepsi apa saja yang dialami oleh peserta didik dan penyebab miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik.


Keywords


five-tier diagnostic test, miskonsepsi, penyebab miskonsepsi



DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.11016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: