PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEVEL OF INQUIRY DENGAN VIRTUAL LAB TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS


Selviana Nosela(1*), Parsaoran Siahaan(2), Iyon Suryana(3)

(1) , Indonesia
(2) Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Indonesia
(3) Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan Level of Inquiry dengan virtual lab terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik kelas XI di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan desain one group pre-post test design. Sampel penelitian ini terdiri dari 1 kelas dengan jumlah  siswa 32 orang. Instrument penelitian berupa 15 soal pilihan ganda, soal LKPD dengan kategori peningkatan merujuk rubrik yang dikembangkan oleh lati W, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran Level of Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan Proses Sains meningkat dengan nilai rata-rata pre-test 51,04, nilai rata-rata post test 83,13 dan nilai N-Gain 0,65 berkategori sedang. Selain itu nilai rata-rata Keterampilan Proses Sains siswa pada 3 pertemuan dengan menggunakan LKPD pertemuan I yaitu 81,42, pertemuan II yaitu 85,94 dan pertemuan III yaitu 83,71. Simpulan dari penelitian ini, Level of Inquiry dengan virtual lab memberikan dampak terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik.


Keywords


Level of Inquiry, Keterampilan Proses Sains, Virtual Lab

References


Angelino H. (2002). Research paper: Distance education, virtual university and virtual laboratory: what oppurnities for NII in the future. NII Journal 3 (4): 37-47. On Line at http://ci.nii.ac.jp/naid/

Anggraini, D. P., dan Sani, R. A. (2015). Analisis Model Pembelajaran Scientifik Inquiry Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2):48.

Budiyono, A & Hartini. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains. 4(2), 141-149.

Daruwati, I, dkk. (2020). Analisis Penguasaan Konsep Fisika Menggunakan Laboratorium Virtual pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Edu Sains, 3 (1), 5-8

Hikmawati, N., Sutrio & Hikmawati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembekalan Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1), 92-100.

Indriana, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Bounded Inquiry Laboratory untuk Menggambarkan Level Pemahaman dan Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMK. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Indriastuti, S., Utari, S., & Nugraha, M.G. (2017). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Mengidentifikasi Perkembangan Keterampilan Proses Sains dan Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa SMA Kelas X pada Materi Momentum dan Impuls. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kementrian Pendidkan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014). Pedoman Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah. Jakarta: Permendikbud

Lati, dkk. (2012). Enhancement of Learning Achievement and Integrated Science Process Skills using Science Inquiry Learning Activities of Chemical Reactions Rates. Procedia Social and Behavioral Sciences. 46: 4471 – 4475

Rizal, R & Irwan M.R. (2019). Implementasi Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Proses Sains Siswa SMA. Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1), 01-10

Sutrisno. (2011). Pengantar pembelajaran inovatif. Jakarta: Gaung Persada Press

Wenning, C. J. (2011a). Experimental Inquiry in Introductory Physics Courses. Journal of Physics Teacher Education Online, 6(2), 2–8.

Yeritia, S., Wahyudi & Rahayu, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Kuripan tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2), 181-187.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.11018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: