EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL QUIZ TEAM DAN LEARNING CELL


masrifah masrifah(1*)

(1) Khairun University, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui praktek pembelajaran Fisika melalui model pembelajaran Quiz team dan Learning Cell yang ditinjau dari hasil belajar mahasiswa pada konsep optik geometrik. Penelitian ini berupa penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 84 mahasiswa prodi fisika FKIP Universitas Khairun yang mengikuti mata kuliah Fisika Dasar II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dengan instrumen berupa soal essay pada konsep optik geometrik. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain, uji-t dan efek size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa fisika pada pembelajaran quis team sebesar 21,7 maupun learning cell sebesar 30,5 dengan kategori sedang. Temuan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol memiliki dampak yang tinggi terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal itu terlihat dari hasil analisis uji effect size sebesar 1,96. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran (quiz team dan learning cell) berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pada konsep optik geometrik.

Keywords


Team quis, learning Cell

References


Zainin H Dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Rumansyah, & Kurniawan Arizona (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kosaji Terhadap Aspek Kognitif Fisika Peserta Didik. Journal Of Teaching And Learning Physics 6 (1), 22-30.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Hake, Richard R, (1998). Interactive Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal Of Physic. 64-74.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.

Cohen, J. (1969). Statistical Power Analysis For The Behavioral Sciences. NY: Academic Press In Coe, Robert (2000). What Is An Effect Size? A. Guide For User. Draft Version.

Uno Hamzah Dan Nurdin Mohammad. (2012). Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Akktif, Inovasif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Dan Menarik, Jakarta: Bumi Aksara.

Tati, Suhartono, & Najah, T. S. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Pada Pokok Bahasan Bunyi. Edusains, 3(1), 26-36.

Harjono, A., Jufri, A.W., & Arizona, K. (2015). Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri Melalui Strategi Kooperatif Terhadap Sikap Ilmiah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 15-23. Http://Dx.Doi.Org/10.29303/Jpft.V1i1.23 1

Qudsyi, H., Indriaty, L., Herawaty, Y., Khaliq, I., & Setiawan, J. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik SMA. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 6(2), 34-49. Http://Dx.Doi.Org/10.30659/P.6.2.34-49

Barkley, E. E., Cross, K. P., & Major, C. H. (2014). Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusa Media

Xu Bi, (2015). Designing The Fliiped Classroom Model Based On The Learning Cell, International Journal Of Liberal Arts And Social Sciences 3 (9), 65-66.

Shengquan Yu, Et. Al, (2015). From Learning Object To Learning Cell: A Resource Organization Model For Ubiquitous Learning, China.

Setyaningrum, Atika. (2016). Penerapan Metode The Learning Cell Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ips Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Karangasem Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).

Nurhayati, (2011). Pengaruh-Penggunaan-Metode-Belajar-Aktif-Tipe-Tim-Kuis. Http://Www.Docstoc.Com/Docs/21183841/. Diakses Pada Tanggal 2 Mei 2016, Pukul 21.19 WIT.

Silberman Melvin, L. (2013). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia.

Partiwi, W., Yamtinah, S., Dan Redjeki, T. (2016). Peenerapan Metode Pembelajran Quiz Team Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Klearutan Di Kelas XI IPA 2 SMA Al-Islam 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia 5 (1).




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.12588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: