EKSPERIMEN DAN RESPON MAHASISWA TERHADAP PRAKTIKUM FISIKA NON-LABORATORIUM MENGGUNAKAN APLIKASI TRACKER VIDEO ANALYSIS UNTUK PERCOBAAN KINEMATIKA GERAK


Iqbal Ainur Rizki(1*), Nina Fajriyah Citra(2), Hanandita Veda Saphira(3), Woro Setyarsih(4), Nugrahani Primary Putri(5)

(1) , Indonesia
(2) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(3) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(4) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(5) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan eksperimen kinematika gerak dilakukan secara non-laboratorium di rumah dengan menggunakan alat dan bahan yang murah dan mudah ditemui serta berbantuan aplikasi Tracker Video Analysis (TVA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan respon mahasiswa pada kegiatan eksperimen non-laboratorium pada materi kinematika gerak menggunakan aplikasi TVA. Percobaan dilakukan secara eksperimental dengan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan hubungan antarvariabel pada gerak translasi, rotasi, dan vibrasi. Selain itu juga digunakan metode survey untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap kegiatan eksperimen ini. Hasil percobaan menunjukkan bahwa sebanyak 5 dari 6 hubungan antarvariabel maupun konstanta teoritis dapat dibuktikan melalui kegiatan eksperimen ini. Respon mahasiswa terhadap kegiatan ini adalah memuaskan dengan nilai rata-rata 8,16. Jadi dapat disimpulkan bahwa, kegiatan percobaan non-laboratorium pada materi kinematika gerak menggunakan aplikasi TVA efektif untuk membuktikan dasar teori, hubungan antarvariabel dan beberapa konstanta teoritis, serta mendapatkan respon memuaskan dari mahasiswa.

Keywords


Tracker Video Analysis (TVA), non-laboratorium, kinematika gerak, respon mahasiswa

References


Afifah, D. N., Yulianti, D., Agustina, N., Sri Lestari, R. D., & Nugraha, M. G. (2015). Metode Sederhana Menentukan Percepatan Gravitasi Bumi Menggunakan Aplikasi Tracker Pada Gerak Parabola Sebagai Media dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Simposium Nasional Dan Pembelajaran Sains, 305–308. Bandung: Aula Timur dan Barat Institut Teknologi Bandung

Aguilar-Marín, P., Chavez-Bacilio, M., & Jáuregui-Rosas, S. (2018). Using analog instruments in Tracker video-based experiments to understand the phenomena of electricity and magnetism in physics education. European Journal of Physics, 39(3), 35204.

Anjani, R. (2018). Menentukaan Momentum Dan Koefisien Restitusi Benda Tumbukan Menggunakan Tracker Video Analyse. Journal of Teaching and Learning Physics, 3(2), 21–25.

Aulia, M. R. (2018). Osilasi Teredam Pada Pegas Dengan Medium Fluida. Journal of Teaching and Learning Physics, 3(1), 22–26.

Bumbuc, Ş. (2016). About Subjectivity in Qualitative Data Interpretation. International Conference KNOWLEDGE-BASED ORGANIZATION, 22(2), 419–424.

Cortés, J. C., López-Navarro, E., Romero, J. V., & Roselló, M. D. (2021). Approximating the density of random differential equations with weak nonlinearities via perturbation techniques. Mathematics, 9(3), 1–17.

de Jesus, V. L. B., Haubrichs, C., de Oliveira, A. L., & Sasaki, D. G. G. (2018). A low-cost experiment to visualise the Fourier series: Video analysis of a real plucked coiled spring. European Journal of Physics, 39(2), 25704.

Deta, U. A., Fadillah, R. N., Ria Agustina, P. Z., Prakoso, I., Nurlailiyah, A., Saregar, A., Misbah, & Lestari, N. A. (2020). The Scientific Argumentation Profile of Earthquake Mitigation of Non-Science Undergraduate Student in Universitas Negeri Surabaya. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1).

Enzomacagno, B. (1991). Leonardian Fluid Mechanics I -History of Kinematics II -Inception of Modern Kinematics (Issue 112). Iowa: The University of Iowa Press.

Gaffar, A. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum Virtual Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X Pada Materi Invertebrata. Bio Educatio, 1(1), 279471.

Habibbulloh, M., & Madlazim, M. (2014). Penerapan Metode Analisis Video Software Tracker Dalam Pembelajaran Fisika Konsep Gerak Jatuh Bebas Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas X Sman 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 15.

Halliday, D., Walker, J., & Resnick, R. (2014). Fundamental of Physics (10th ed.). John Wiley.

Khader, M. (2020). To solving the second order ordinary differential equation for making the pendulum animation and ploting the graph by using MATLAB. (https://skill-lync.com/projects/to-solving-the-second-order-ordinary-differential-equation-for-making-the-pendulum-animation-and-ploting-the-graph-by-using-matlab-2), diakses 10 April 2021

Labibah, A. S. (2017). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Konstruktivisme Menggunakan Media Virtual dan Riil Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Materi Gerak Harmonik Sederhaan MAN 1 Surakarta. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Sebelas Maret.

Limiansih, K., & Santosa, I. E. (2013). Redaman Pada Pendulum Sederhana. Jurnal Fisika Indonesia, XVII(51), 17–20.

Mukharomah, F., & Mutiarani, A. (2021). Gerak Harmonik Teredam Untuk Menentukan Koefisien Viskositas Fluida Berbantuan Software Tracker Video. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 6(1), 17–22.

Murti, S., Muhibuddin, M., & Nurmaliah, C. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Peningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Psikomotorik Pada Perkuliahan Anatomi Tumbuhan. Jurnal Biologi Edukasi, 6(1), 1–8.

Nisma, E. B. J., Subiki, S., & Astutik, S. (2018). Identifikasi Kinematika Di Jalur B-29 Lumajang Pada Konsep Fisika Melalui Rancangan LKS Fisika SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3(2), 227–234. Jember: Gedung Soetardjo Universitas Jember

Poonyawatpornkul, J., & Wattanakasiwich, P. (2013). High-speed video analysis of damped harmonic motion. Physics Education, 48(6), 782–789.

Putri, C., & Asrizal, A. (2019). Pengembangan Tool Pemodelan Gerak Melingkar Beraturan dengan Pengontrolan Laju Motor DC Berbantukan Analisis Video Tracker. Pillar of Physics, 12, 61–69.

Qomari, R. (2009). Teknik Penelusuran Analisis Data Kuantitatif dalam Penelitian Kependidikan. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan, 14(3), 1–11.

Quiroga, G. D., & Ospina-Henao, P. A. (2017). Dynamics of damped oscillations: Physical pendulum. European Journal of Physics, 38(6).

Raflesiana, V., Herlina, K., & Wahyudi, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Tracker Pada Pembelajaran Gerak Harmonik Sederhana Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Interpretasi Grafik Siswa. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 1–12.

Ristiawan, A. (2018). Analisis Gerak Jatuh Bebas Dengan Metode Video Based Laboratory (Vbl) Menggunakan Software Tracker. Journal of Teaching and Learning Physics, 3(2), 26–30.

Syaepudin, M. R. (2018). Menganalisis Sudut Pendulum Pada Bidang Miring Menggunakan Software Tracker Video. Journal of Teaching and Learning Physics, 3(2), 14–20.

Wee, L. K., Chew, C., Goh, G. H., Tan, S., & Lee, T. L. (2012). Using tracker as a pedagogical tool for understanding projectile motion. Physics Education, 47(4), 448–455.

Yolanda, M. E. (2018). Penentuan Nilai Koefisien Redaman Pada Pendulum-Magnet Dan Lempeng Tembaga. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Sanata Dharma.

Yuningsih, N., & Sardjito, S. (2020). Gerak Vertikal Benda Berukuran Berbeda yang Jatuh Tanpa Kecepatan Awal dan Bergesekan dengan Udara. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1), 710–714. Bandung: Politeknik Negeri Bandung




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.12640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: