WEBTOON-BASED PHYSICS E-MODULE AS ALTERNATIVE MEDIA TO IMPROVE STUDENT'S CRITICAL THINKING ABILITY ON OPTICAL EQUIPMENT MATERIALS
DOI:
https://doi.org/10.15575/jotalp.v7i2.17827Keywords:
E-modules, Optical Instruments, Webtoon, Critical Thinking SkillsAbstract
References
Andila, K., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Pengembagan Bahan Ajar Fisika Berbentuk E-Modul Berbasis Kontekstual Menggunakan Aplikasi eXe-Learning Pada Materi Usaha dan Energi. Kappa Journal, 5(1), 68–79. https://doi.org/10.29408/kpj.v5i1.2757
Andriani, N., Saparini, S., & Akhsan, H. (2018). Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA (Program for International Student Assesment). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 278. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5288
Anggraini, R., Hendri, M., & Fibrika, B. R. (2020). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X. Universitas Jambi.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185–192. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21007
Erol, H. (2021). Views of Social Studies Teachers on E-Learning. International Education Studies, 14(6), 82. https://doi.org/10.5539/ies.v14n6p82
Gurcay, D., & Ferah, H. O. (2018). High School Students' Critical Thinking Related to Their Metacognitive Self-Regulation and Physics Self-Efficacy Beliefs. Journal of Education and Training Studies, 6(4), 125. https://doi.org/10.11114/jets.v6i4.2980
Hakim, L. N., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2020). Electronic Module (E-Module) Untuk Memfasilitasi Siswa Belajar Materi Cahaya dan Alat Optik Di Rumah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 239-250.. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p239
Himmah, E. F. (2019). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Suhu Dan Kalor. UIN Raden Intan Lampung.
Irwansyah, M., Sujadi, I., & Slamet, I. (2021). Need Analysis of Mathematics E-module for Student and Teachers During Covid-19 Pandemic. Proceedings of the International Conference of Mathematics and Mathematics Education (I-CMME 2021), 597, 163–168. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211122.023
Nikita, P. M., Leksmono, A. D., & Harijanto, A. (2018). Pengembangan E-modul Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 175.
Paputungan, D., & Mursalin, M. (2018, May). Penerapan modul pembelajaran saintifik pada konsep alat-alat optik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 216-222).
Rahmawati, A. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Alat-Alat Optik Kelas XI. UIN Raden Intan Lampung.
Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multiple Reprsentation Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17-24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24
Reynaldo, I. (2020). Pengembangan E-Book Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Materi Alat Optik Sma/Ma.UIN Raden Intan Lampung.
Rossana, L., Siswandari, & Sudiyanto. (2019). Komik Digital Berbasis PBL Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis. In Seminar Nasional Pendidikan Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial 2019, 28–35.
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Triwahyuningtyas, D., Ningtyas, A. S., & Rahayu, S. (2020). The problem-based learning e-module of planes using Kvisoft Flipbook Maker for elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 8(2), 199–208. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i2.34446
Zulmi, F. A., Akhlis, I., Fisika, J., Matematika, F., Alam, P., & Semarang, U. N. (2020). Pengembangan Lkpd Berekstensi Epub Berbasis Discovery Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 209–216. https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41373
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Journal of Teaching and Learning Physics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License



