IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER PADA HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA

Authors

  • Soraya Kamal UIN Syarif Hidayatullah
  • Diah Mulhayatiah Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15575/jotalp.v1i1.3441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi model pembelajaran kooperatif berdasarkan pemahaman tentang masalah-masalah siswa dalam konsep fluida dinamis. Penelitian ini dilakukan di kelas XI-A1 dan XI-A2 di SMAN 10 Depok. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yang berupa esai. Uji data instrumen akan dianalisis secara kuantitatif. Penggabungan data, diperoleh hasil bahwa ada interaksi model yang kooperatif berdasarkan hasil pemecahan masalah siswa dalam konsep cairan fluida.Hasil pengujian hipotesis terhadap data posttest menunjukkan bahwa nilai tanda adalah 0,014 dan nilai α adalah 0,05. Ini menunjukkan tanda yang lebih rendah dari α, jadi Ha diterima. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif berdasarkan jawaban yang lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa tanpa masalah. Hasil dari pembelajaran siswa kelas eksperimen unggul dalam setiap tes indikator dengan kategori N-gain tinggi dan sedang.

Author Biography

Soraya Kamal, UIN Syarif Hidayatullah

Program Studi Pendidikan Fisika

References

Desti Haryani. 2011. Pembelajaran Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negri Yogyakarta : 121

Fathurrohman, Pupuh. 2001, Strategi Belajar Mengajar Suatu Pendekatan Baru dan Praktik. Bandung: Insan Mandiri

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Kulsum, U., 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Unnes Physics Educational Journal, : 74

Ratnaningdyah, Dwi. 2015 Penerapan model pembelajaran Novick dipadukan dengan strategi Cooperative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negri Yogyakarta : 33.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Wardhani, S., Pramono. S.S., dan Endah Wahyuningsih. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika

Published

2019-09-03