IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR PROSES SAINS SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3618Abstract
Telah dilakukan penelitian mengenai implementasi discovery learning untuk meningkatkan keterampilan dasar proses sains. Discovery learning yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan sebuah pendekatan paling sederhana dari level pembelajaran inquiry dan dianggap paling layak bagi peserta didik yang belum terbiasa dengan kegiatan inquiry. Keterampilan dasar proses sains yang diteliti meliputi keterampilan mengamati, mengukur, mengkomunikasikan, dan membuat kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan Randomized Pretest-Postest Control Group Design. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen lebih baik dalam keterampilan dasar proses sains dibandingkan dengan pembelajaran pada kelas kontrol. N-gain pemahaman konsep pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dengan komposisi keterampilan mengamati (0,85), mengukur (0,79), mengkomunikasikan (0,75), dan membuat kesimpulan (0,84). Sedangkan N-gain pada kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan komposisi keterampilan mengamati (0,61), mengukur (0,72), mengkomunikasikan (0,45) dan membuat kesimpulan (0,64)References
Direktorat Tenaga Kependidikan, “Strategi Pembelajaran MIPA†Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Badan Standar Nasional Pendidikan, “Panduan Penyusunan KTSP†Jakarta, Depdiknas, 2006.
R. Nuryani, S. Dirdjosoemarto, S. Yudianto, A. Achmad, Y. Subekti, R.. Rochintaniawati, D. Nurjhani, M. “Strategi Belajar Mengajar Biologi†Malang, UM Press, 2005, pp 80-82.
R. Rezba, J. Sprague, C. Fiel, “Learning and Assesing Science Process Skillsâ€. Virginia, Kendal/Hunt Publishing Company, 2005.
R. Rizal. “Penerapan pendekatan demonstrasi interaktif untuk meningkatkan keterampilan dasar proses sains siswaâ€. Gravity, vol. 3, no. 1, pp 40-50, 2017.
C. Wenning, “The Levels of Inquiry Model of Science Teachingâ€. Journal Of Physics Teacher Education Online, vol. 6, no. 2, pp. 9-16, 2011.
R. Rizal. “Implementation of discovery learning inimproving understanding of dynamic electric conceptâ€, jurnal siliwangi, vol 4, no. 1, 2018.
Kosasih, “Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013, Bandung, Yrama widya, 2014.
R. Dahar,â€Teori-teori Belajarâ€, Jakarta, Penerbit Erlangga. Pp. 94-95, 1989.
S. Sukmadinata, “Metode penelitian pendidikanâ€, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2009.
S. Arikunto, “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikanâ€, Jakarta, Bumi Aksara, 2003.
R. Hake, “Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanic with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualizationâ€, 2002.
M. Yusuf, A. Ratna, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sainsâ€, JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, volume 1, no 2, pp 19-26, 2015.
M.Nenchi, E. Swistoro, and E. Risdianto, “Pengaruh model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajarâ€, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 1, No. 1, pp 142-147, 2017.
F. Pratiwi, A. Hairida, dan R. Rasmawan, “Pengaruh penggunaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan berfikir kritis siswa SMAâ€. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no.7, pp.6-18, 2014.
W. Sanjaya, “Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikanâ€, Jakarta, Prenada Media. pp70-72, 2008.
Hosna, . “Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21â€, Bogor, Graha Indonesia, pp 280-285, 2014.
M. Jauhar, “Implementasi paikem dari behavioristiksampai konstrukti-vistikâ€, Jakarta, Prestasi PustakaPublisher, pp. 80-83, 2011.
Slameto, “Strategi belajar mengajarâ€, Jakarta , Rhineka cipta, 2010.
N. Mochamad, “Psikologi Pendidikanâ€, Surabaya, Unesa University Press. Pp. 63-67, 2007
R. Dahar, “Teori-teori Belajar & Pembelajaranâ€,Jakarta, Erlangga, pp 72-75, 2011
P. Sitiatava, “Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sainsâ€, Jogjakarta, DIVA Press, pp 107-108