IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR PROSES SAINS SISWA SMA

Rahmat Rizal

Abstract


Telah dilakukan penelitian mengenai implementasi discovery learning untuk meningkatkan keterampilan dasar proses sains. Discovery learning yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan sebuah pendekatan paling sederhana dari level pembelajaran inquiry dan dianggap paling layak bagi peserta didik yang belum terbiasa dengan kegiatan inquiry. Keterampilan dasar proses sains yang diteliti meliputi keterampilan mengamati, mengukur, mengkomunikasikan, dan membuat kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan Randomized Pretest-Postest Control Group Design. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen lebih baik dalam keterampilan dasar proses sains dibandingkan dengan pembelajaran pada kelas kontrol. N-gain pemahaman konsep pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi dengan komposisi keterampilan mengamati (0,85), mengukur (0,79), mengkomunikasikan (0,75), dan membuat kesimpulan (0,84). Sedangkan N-gain pada kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan komposisi keterampilan mengamati (0,61), mengukur (0,72), mengkomunikasikan (0,45) dan membuat kesimpulan (0,64)

References


Direktorat Tenaga Kependidikan, “Strategi Pembelajaran MIPA” Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Badan Standar Nasional Pendidikan, “Panduan Penyusunan KTSP” Jakarta, Depdiknas, 2006.

R. Nuryani, S. Dirdjosoemarto, S. Yudianto, A. Achmad, Y. Subekti, R.. Rochintaniawati, D. Nurjhani, M. “Strategi Belajar Mengajar Biologi” Malang, UM Press, 2005, pp 80-82.

R. Rezba, J. Sprague, C. Fiel, “Learning and Assesing Science Process Skills”. Virginia, Kendal/Hunt Publishing Company, 2005.

R. Rizal. “Penerapan pendekatan demonstrasi interaktif untuk meningkatkan keterampilan dasar proses sains siswa”. Gravity, vol. 3, no. 1, pp 40-50, 2017.

C. Wenning, “The Levels of Inquiry Model of Science Teaching”. Journal Of Physics Teacher Education Online, vol. 6, no. 2, pp. 9-16, 2011.

R. Rizal. “Implementation of discovery learning inimproving understanding of dynamic electric concept”, jurnal siliwangi, vol 4, no. 1, 2018.

Kosasih, “Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013, Bandung, Yrama widya, 2014.

R. Dahar,”Teori-teori Belajar”, Jakarta, Penerbit Erlangga. Pp. 94-95, 1989.

S. Sukmadinata, “Metode penelitian pendidikan”, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2009.

S. Arikunto, “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”, Jakarta, Bumi Aksara, 2003.

R. Hake, “Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanic with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization”, 2002.

M. Yusuf, A. Ratna, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains”, JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, volume 1, no 2, pp 19-26, 2015.

M.Nenchi, E. Swistoro, and E. Risdianto, “Pengaruh model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar”, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 1, No. 1, pp 142-147, 2017.

F. Pratiwi, A. Hairida, dan R. Rasmawan, “Pengaruh penggunaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan berfikir kritis siswa SMA”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no.7, pp.6-18, 2014.

W. Sanjaya, “Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan”, Jakarta, Prenada Media. pp70-72, 2008.

Hosna, . “Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21”, Bogor, Graha Indonesia, pp 280-285, 2014.

M. Jauhar, “Implementasi paikem dari behavioristiksampai konstrukti-vistik”, Jakarta, Prestasi PustakaPublisher, pp. 80-83, 2011.

Slameto, “Strategi belajar mengajar”, Jakarta , Rhineka cipta, 2010.

N. Mochamad, “Psikologi Pendidikan”, Surabaya, Unesa University Press. Pp. 63-67, 2007

R. Dahar, “Teori-teori Belajar & Pembelajaran”,Jakarta, Erlangga, pp 72-75, 2011

P. Sitiatava, “Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains”, Jogjakarta, DIVA Press, pp 107-108




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: