IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR PROSES SAINS SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3618Abstract
References
Direktorat Tenaga Kependidikan, “Strategi Pembelajaran MIPA†Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Badan Standar Nasional Pendidikan, “Panduan Penyusunan KTSP†Jakarta, Depdiknas, 2006.
R. Nuryani, S. Dirdjosoemarto, S. Yudianto, A. Achmad, Y. Subekti, R.. Rochintaniawati, D. Nurjhani, M. “Strategi Belajar Mengajar Biologi†Malang, UM Press, 2005, pp 80-82.
R. Rezba, J. Sprague, C. Fiel, “Learning and Assesing Science Process Skillsâ€. Virginia, Kendal/Hunt Publishing Company, 2005.
R. Rizal. “Penerapan pendekatan demonstrasi interaktif untuk meningkatkan keterampilan dasar proses sains siswaâ€. Gravity, vol. 3, no. 1, pp 40-50, 2017.
C. Wenning, “The Levels of Inquiry Model of Science Teachingâ€. Journal Of Physics Teacher Education Online, vol. 6, no. 2, pp. 9-16, 2011.
R. Rizal. “Implementation of discovery learning inimproving understanding of dynamic electric conceptâ€, jurnal siliwangi, vol 4, no. 1, 2018.
Kosasih, “Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013, Bandung, Yrama widya, 2014.
R. Dahar,â€Teori-teori Belajarâ€, Jakarta, Penerbit Erlangga. Pp. 94-95, 1989.
S. Sukmadinata, “Metode penelitian pendidikanâ€, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2009.
S. Arikunto, “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikanâ€, Jakarta, Bumi Aksara, 2003.
R. Hake, “Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanic with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualizationâ€, 2002.
M. Yusuf, A. Ratna, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sainsâ€, JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, volume 1, no 2, pp 19-26, 2015.
M.Nenchi, E. Swistoro, and E. Risdianto, “Pengaruh model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajarâ€, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 1, No. 1, pp 142-147, 2017.
F. Pratiwi, A. Hairida, dan R. Rasmawan, “Pengaruh penggunaan model discovery learning dengan pendekatan saintifik terhadap keterampilan berfikir kritis siswa SMAâ€. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no.7, pp.6-18, 2014.
W. Sanjaya, “Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikanâ€, Jakarta, Prenada Media. pp70-72, 2008.
Hosna, . “Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21â€, Bogor, Graha Indonesia, pp 280-285, 2014.
M. Jauhar, “Implementasi paikem dari behavioristiksampai konstrukti-vistikâ€, Jakarta, Prestasi PustakaPublisher, pp. 80-83, 2011.
Slameto, “Strategi belajar mengajarâ€, Jakarta , Rhineka cipta, 2010.
N. Mochamad, “Psikologi Pendidikanâ€, Surabaya, Unesa University Press. Pp. 63-67, 2007
R. Dahar, “Teori-teori Belajar & Pembelajaranâ€,Jakarta, Erlangga, pp 72-75, 2011
P. Sitiatava, “Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sainsâ€, Jogjakarta, DIVA Press, pp 107-108
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Journal of Teaching and Learning Physics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License



