PENERAPAN STRATEGI INQUIRY MENGGUNAKAN READING INFUSION DAN SCIENCE REFLECTIVE JOURNAL WRITING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP

Gina Gusliana, Utari Setiya, Parsaoran Siahaan

Abstract


Literasi sains merupakan kemampuan yang dipandang penting untuk dilakukan seperti kemampuan knowing, applying, dan reasoning, namun faktanya di lapangan kemampuan ini belum dilatihkan dengan baik,. Metode inkuiri memberikan sarana untuk melatihkan kemampuan-kemampuan tersebut, namun agar inkuiri terlaksana dengan baik dibutuhkan suatu strategi lain yaitu Strategi Reading Infusion (RI) dan Science Reflective Journal Writing (SRJ). Penelitian dengan metode quasy experiment desain Pretest and Postest Design with Matched Control Group melibatkan tiga kelas (103 siswa), bertujuan untuk memberikan gambaran cara yang dipandang lebih baik untuk melatihkan kemampuan literasi sains untuk konten optik dan alat optik. Hasil analisis data dengan menggunakan Kruskal Wallis serta hasil uji lanjutan Mann Whitney U Test dengan α=0,05, menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains yang meningkat secara signifikan adalah applying bagi kelas inkuiri menggunakan SRJ (0,006 < 0,05; hasil uji lanjutan 0,002 < 0,05), sedangkan untuk kemampuan lainnya (knowing dan reasoning) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelas.

References


Ary, D. dkk. (2010). Introduction to Research in Education. USA: Wadswoth, Cengage Learning.

Depdiknas. (2013). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fang, Z & Wei, Y. (2010). Improving Middle School Students’ Science Literacy Through Reading Infusion. The Journal of Educational Research, 103:262–273, 2010.

Ministry of Education. (2007). Science Syllabus Lower Secondary Normal (Tehnical). Singapura: Curriculum Planning & Development Design.

Minium, E. dkk. (1993). Statistical Reasoning in Psychology and Education. USA: John Wiley & Sons, inc.

Project 2061: Science fo All Americans. (1989). America: A Publication of the American Physicological Society Vol. 32 No. 5.

Robinson, Francais P. Handout Southhern Illinois University Carbondale.

Selçuk, G.S. dkk. (2008). The Effects of Inquiry Instruction on Physics Achievement, Inquiry Performance and Strategy Use. Latin American Journal Physics Education volume 2 No. 3 September 2008.

Southern Illinois University Carbondale. SIUC Writing Center (http://write.siu.eduHandoutsThe%20SQ3R%20Method%20of%20Study.pdf) diakses 16 September 2013.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika Edisi 6. Bandung: Tarsito.

TIMSS 2011 Science Framework. (2011). (http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/downloads/TIMSS2011_Frameworks-Chapter2.pdf) diakses 15 September 2013.

TIMSS-PIRLS_Australian-Highlights. (2011). (http://www.acer.edu.audocumentsTIMSS-PIRLS_Australian-Highlights.pdf) diakses 15 Spetember 2013.

Toharudin, Uus., Hendrawati, Sri., Rustaman, Andrian. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Towndrow., Philip, A., dan Ling, Tan Aik. (2008). Promoting Inquiry Through Science Reflective Journal Writing. Eurasian Journal of Mathematics, Science & Technology Education 4(3), 279-283.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: