Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Irwan Muhammad Ridwan

Abstract


Telah dilakukan penelitian eksperimen semu tentang penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman untuk meningkatkan pemahaman konsep materi pokok kalor siswa SMP. Sampel penelitian ini siswa kelas tujuh di salah satu SMP di Tasikmalaya dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Desig. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman konsep  yang mencakup aspek translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi, angket tanggapan siswa. Kelompok eksperimen menerima model pembelajaran berbasis pengalaman sedangkan kelas kontrol menerima pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dengan kategori sedang dengan rata-rata gain yang dinormalisasi 0,52 untuk kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan kategori sedang dengan rata-rata gain yang dinormalisasi 0,41. Hasil uji statistik (Uji-t) menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman konsep dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman dengan nilai sebesar 93%.

References


J Yurneti. (2002). Pembelajaran Kooperatif Sebagai Model Alternatif dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Fisika HFI. B5, (0561), 1-4, 1.

Kaniawati, I. (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Pengalaman untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Bandung.

Mathematics, T. (2011). Chapter 5 TIMSS 2011 INTERNATIONAL RESULTS IN MATHEMATICS CHAPTER 5.

Ratna Wilis Dahar. (1996). Teori-teori Belajar. bandung: Penerbit Erlangga.

S.B. Djamarah. (2009). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: