DEVELOPMENT OF INTERACTIVE DISCOVERY LEARNING MODULE ASSISTED BY VIR-LAB TO IMPROVE UNDERSTANDING OF PHYSICS CONCEPTS
DOI:
https://doi.org/10.15575/jotalp.v10i1.37834Keywords:
E-modul Discovery Lerning, Vir-lab, Pemahaman KonsepAbstract
References
Amalia, I., & Sujatmiko, B. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Flipbook Berbasis Pjbl Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D Dan 3D Kelas Xi Multimedia (Studi Kasus: Smkn 2 Singosari). Jurnal IT-EDU, 7(1), 92–99.
Amanda, F. D., Purwaningssih, S., & Dani, R. (2022). Pengembangan Media Virtual Laboratory Menggunakan Adobe Flash CS5.5 pada Materi Difraksi Laser. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 10(1), 123–140.
Ariyansah, D., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan e-LKPD Praktikum Fisika Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 173–181. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.9052
Asriah, N., Wajdi, B., Syahidi, K., & Hastiarna, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 2(1), 6–14. https://doi.org/10.58218/lambda.v2i1.180
Az Zahro, S. F., Supahar, S., Wilujeng, I., Puspita Sari, M. I., & Handayani, N. A. (2022). Analysis of Level of Student Learning Independence Through Phet Simulation Assisted Padlet Media Implementation. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 8(1), 74. https://doi.org/10.30870/jppi.v8i1.13646
Cahyani, Mutiara D, T. A. G. (2023). Desain dan Uji Validitas e-Modul Perkuliahan Kimia Fisika Berbasis Problem Based Learning. ORBITAL: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 64–74. jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/orbital ISSN
Dewi, N. G., Irianti, M., Riau, U., Bina Widya, K. K., Baru, S., Tampan, K., & Pekanbaru, K. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Vascak Physics Animation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Alat Optik Kelas XI SMA Negeri 3 Bangko Pusako. Journal on Education, 05(02), 4774–4782.
Febrianti, I. R., Subiki, S., & Supriadi, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Lkpd Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sma Pokok Bahasan Besaran Dan Satuan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 41. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i2.36079
Fitria, N., ula Asshaumi, R., Dewi Amalia Putri, Y., Berliana Herman, N., Dina Handayani, ati, & Dwi Aristya Putra, P. (2023). Analisis Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Fisika Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 167.
Hasan, S. N., Mahyudin, H., & Dahlan, N. H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa SMP. Jurnal Wahana Pendidikan, 11(1), 45–56. media pembelajaran, majalah fisika, permainan tradisional; literasi sains Abstract
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821
Latifah, N., Setyadi Kurniawan, E., Kunci, K., Flipbook Maker, K., & Berpikir Kritis, K. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Development of Physics E-Modules to Improve Critical Thinking Ability of Students. Jips: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01(01), 1–7. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips
Lubis, R., Ginting, F. W., Muliani, Novita, N., Widya, & Absa, M. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Gelombang Bunyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(2), 106–115. http://ojs.unimal.ac.id/index.php/relativitas/index
Nuryati, L. A. B. M. J. D. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII 5 di SMP Negeri 16 Makassar Lilis Aulia Basra ; Muhammad Jasri Djangi ; Saripah Nuryati. Juranl Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1674–1686.
Pamungkas, Z. S. (2024). Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Kemampuan Metakognisi Siswa Melalui Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Terintegrasi Potensi Lokal. Jurnal Pendidikan Modern, 09(02), 92–103.
Rijaluddin, M., & Susanti, D. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Materi Gerak Parabola Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), X, 117–124. https://doi.org/10.21009/03.SNF2022
Salsabila, A. H., Iriani, T., & Sri Handoyo, S. (2023). Penerapan Model 4D Dalam Pengembangan Video Pembelajaran Pada Keterampilan Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 495–505. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.553
Sinensis, A. R., Firdaus, T., Sofiah, A., & Widayanti, W. (2022). Pengembangan E-Modul Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Siswa SMA/SMK. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 4(1), 17–29. https://doi.org/10.31540/sjpif.v4i1.1547
Solikhah, N. A., & Perdana, R. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 37. https://doi.org/10.26418/jippf.v4i1.60989
Suryanti, E., Asrizal, A., & Mufit, F. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Pengetahuan Peserta Didik Fisika Sma. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 7(2), 305. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5959
Turrahmah, M., Susilawati, & Makhrus, M. (2019). The Effect of Practicum Tools Work and Energy Assisted Discovery Learning Model for Sttudents Physic Concept Mastery. Jurnal Pijar MIPA, 13(3), 118–122. https://doi.org/10.29303/ jpm.v14i3.1329
Verdian, F., Jadid, M., & Rahmani, M. (2021). Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) STUDI PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39–44. https://phet.colorado.edu
Widyastuti, I., Winarno, N., Emiliannur, & Wahyuningsih, Y. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan Simulasi PhET pada Topik Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana . Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 65–85.
Winarti, W. T., Yuliani, H., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2021). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 47. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2789
Wulansari Ramadhany, F., Hakim, A., & Sulaeman, N. (2022). Analisis Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke dengan Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual PhET (The Physics education Technology). Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 165–175. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1477
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Journal of Teaching and Learning Physics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License



