HUBUNGAN KEMAMPUAN SELF-DIRECTED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH


Asep Irvan Irvani(1*)

(1) Jurusan Pendidikan Fisika, FPIK Universitas Garut,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat hubungan kemampuan self-directed learning dengan kemampuan problem solving siswa melalui pembelajaran berbasis masalah pada materi pemantulan cahaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian korelasi yang dilaksanakan di kelas VIII di salah satu SMP negeri di kota Cimahi pada tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket skala bertingkat untuk kemampuan self-directed learning, postest uraian terbuka untuk kemampuan problem solving, dan lembar observasi untuk keterlaksanaan rencana pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, setelah dilakukan pembelajaran berbasis masalah, diperoleh rata-rata kemampuan self-directed learning siswa dalam kategori sedang. Untuk kemampuan problem solving didapatkan rata-rata siswa dalam kategori sedang. Hasil perhitungan korelasi didapatkan nilai r sebesar 0,749 dengan kategori tinggi. Kemampuan self-directed learning berkontribusi sebesar 56,05% terhadapĀ  kemampuan problem solving siswa. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan self directed learning dengan kemampuan problem solving siswa SMP pada pembelajaran berbasis masalah pada materi pemantulan cahaya

References


Abbas, N. (2000) Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (problem based instruction) dalam Pembelajaran Matematika di SMA, [Online] tersedia : http://arimath.weebly.com/uploads/1/0/4/2/10425109/contoh_skripsi_ekspriment.pdf (tanggal akses 8 Februari 2013)

Akbar, D.M. (2012). Rancangan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Elektronika Digital di SMKN 4 Bandung. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Elektro UPI : Tidak diterbitkan.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chee, T.S. et al. (2011). Self-Derected Learning Alt ICT: Theory, Practice and Assesment. Singapore: Ministry of Education.

Bangun, G.E.S. (2011). Perbedaan Self Directed Learning Siswa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah menengah Kejuruan di Yayasan Dharma Bakti Medan.Skripsi Jurusan Psikologi USU : Tidak diterbitkan.

Dahar, R.W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Hardianty, N. (2011). Analisis Kemampuan Problem Solving Siswa SMP dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika UPI : Tidak diterbitkan.

Hung, W. (2008). The 9-step problem design process for problem-based learning: Application of the 3C3R model. Educational Research Review 4 tahun 2009 118-141.

Kafaah, A.S. (2012). Kemampuan Reflektif Mahasiswa dalam Penyuluhan PKK sebagai hasil Penerapan Model Problem Based Learning(PBL). Skripsi Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UPI : Tidak diterbitkan.

Latifah, B. (2012) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Elastisitas Siswa SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika UPI : Tidak diterbitkan.

Nitko, A.J dan Brookhart, S,M (2011). Educational Assessment of Students (6th Edition). Boston: Pearson Education.

Panggabean, P.L. (2001). Statistika Dasar. Bandung: Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.

Panggabean, P.L. (1989). Penelitian Pendidikan. Bandung: Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.

Panggabean, P.L. (1989). Konstribusi Relatif Sikap Siswa SMP pada Bimbingan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Tesis Magister pada Sekolah Pascasarjana IKIP Bandung: tidak diterbitkan.

Rahman, D. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika UPI : Tidak diterbitkan.

Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Saefullah, A. (2012). Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika: Tidak diterbitkan.

Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Widiaty, I. (2010). SDL (Self Directed Learning) Through e- Learning Based on e- Pedagogy Principals for Pre-Service Teacher in TVET. Proceedings of the 1stUPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training Bandung, Indonesia, 10-11 November 2010.

Williamson. (2007). Development of a self-rating scale of self-directed learning. Nurse Researcher 14. Hlm 66-83.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: