HUBUNGAN KEMAMPUAN SELF-DIRECTED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3792Abstract
References
Abbas, N. (2000) Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (problem based instruction) dalam Pembelajaran Matematika di SMA, [Online] tersedia : http://arimath.weebly.com/uploads/1/0/4/2/10425109/contoh_skripsi_ekspriment.pdf (tanggal akses 8 Februari 2013)
Akbar, D.M. (2012). Rancangan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Elektronika Digital di SMKN 4 Bandung. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Elektro UPI : Tidak diterbitkan.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Chee, T.S. et al. (2011). Self-Derected Learning Alt ICT: Theory, Practice and Assesment. Singapore: Ministry of Education.
Bangun, G.E.S. (2011). Perbedaan Self Directed Learning Siswa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah menengah Kejuruan di Yayasan Dharma Bakti Medan.Skripsi Jurusan Psikologi USU : Tidak diterbitkan.
Dahar, R.W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Hardianty, N. (2011). Analisis Kemampuan Problem Solving Siswa SMP dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika UPI : Tidak diterbitkan.
Hung, W. (2008). The 9-step problem design process for problem-based learning: Application of the 3C3R model. Educational Research Review 4 tahun 2009 118-141.
Kafaah, A.S. (2012). Kemampuan Reflektif Mahasiswa dalam Penyuluhan PKK sebagai hasil Penerapan Model Problem Based Learning(PBL). Skripsi Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UPI : Tidak diterbitkan.
Latifah, B. (2012) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Elastisitas Siswa SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika UPI : Tidak diterbitkan.
Nitko, A.J dan Brookhart, S,M (2011). Educational Assessment of Students (6th Edition). Boston: Pearson Education.
Panggabean, P.L. (2001). Statistika Dasar. Bandung: Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.
Panggabean, P.L. (1989). Penelitian Pendidikan. Bandung: Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.
Panggabean, P.L. (1989). Konstribusi Relatif Sikap Siswa SMP pada Bimbingan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Tesis Magister pada Sekolah Pascasarjana IKIP Bandung: tidak diterbitkan.
Rahman, D. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika UPI : Tidak diterbitkan.
Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Saefullah, A. (2012). Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika: Tidak diterbitkan.
Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
Widiaty, I. (2010). SDL (Self Directed Learning) Through e- Learning Based on e- Pedagogy Principals for Pre-Service Teacher in TVET. Proceedings of the 1stUPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training Bandung, Indonesia, 10-11 November 2010.
Williamson. (2007). Development of a self-rating scale of self-directed learning. Nurse Researcher 14. Hlm 66-83.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Journal of Teaching and Learning Physics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License



