REDESAIN LEMBAR AKTIVITAS MAHASISWA BERDASARKAN ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PADA KONSEP RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH PADA PERKULIAHAN FISIKA DASAR
DOI:
https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3793Abstract
Penelitian ini difokuskan pada redesain Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) pada materi rangkaian listrik arus searah di perkuliahan Fisika Dasar. Redesain yang dimaksud adalah mendesain kembali LAM yang sudah diimplementasikan berdasarkan analisis kesulitan konseptual mahasiswa. Data kesulitan mahasiswa dianalisis dari lembar jawaban mahasiswa pada saat tes tertulis. Selain didasarkan pada upaya peningkatan pemahaman konsep mahasiswa, penelitian ini juga diharapkan dapat menghasilkan LAM yang standar yang bisa digunakan dalam perkuliahan Fisika Dasar khususnya untuk materi rangkaian listrik arus searah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan mahasiswa sebagai dasar redesain LAM. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan Fisika semester III tahun akademik (TA) 2014/2015 sebanyak 41 mahasiswa dan mahasiswa TA 2015/2016 sebanyak 43. Instumen tes yang digunakan dalam penelitian berbentuk multiple choice yang diadaptasi dari Determining and Interpreting Resistive Electric Circuits Concepts Test Version 1.0 (DIRECT). Analisis jawaban mahasiswa TA 2014/2015 pada tes tertulis menunjukkan beberapa kesulitan konseptual mahasiswa sebagai berikut. Pertama, mengidentifikasi pengaruh besarnya hambatan (penambahan atau pengurangan hambatan) terhadap arus yang mengalir dalam rangkaian gabungan (seri-paralel) dan pada komponen listrik (lampu). Kedua, mengidentifikasi pengaruh penambahan hambatan yang dipasang seri terhadap arus dan tegangan atau nyala lampu. Ketiga,mengidentifikasi pengaruh penambahan hambatan yang diapasang paralel terhadap arus tegangan dan hambatan total. Keempat, membandingkan kuat arus yang melalui resistor (atau suatu titik dalam rangkaian) yang disusun paralel. Temuan ini menjadi dasar meredesain LAM. LAM yang sudah diredesain diujicoba kembali pada mahasiswa TA 2015/2016. Hasil dari implementasi redesain ini menunjukkan ada pengurangan kesulitan mahasiswa pada konsep rangkaian listrik arus searah.References
Coletta, V. P. dan Phillips, J. A. (2005). Interpreting FCI scores: Normalized gain, preinstruction scores, and scientific reasoning ability. Am. J. Phys.73(12). pp. 1172-1182.
Engelhardt, P. V., & Beichner, R. J. (2004). Students’ understanding of direct current resistive electrical circuits. American Journal of Physics, 72(1), 98-115.
Halloun, I.A., Hestenes, D. (1985). The initial knowledge state of college physics students. Am. J. Phys.53. pp 1043–1055.
Hsu, L., Brewe, E., Foster, T.M., Harper, K.A. (2004). Resource Letter RPS-1: Research in problem solving. Am. J. Phys. 72 (9). pp. 1147-1156.
Johnson, M. (2001).Facilitating high quality student practice in introductory physics.Am. J. Phys. 69 (7).pp. S2-S11.
Kahyaoglu, Z. T. (2007). Factors affecting physics achievement in Turkish High Schools. Tesis. Middle East Technical University, Ankara
Kim, E. dan Pak, S. (2002).Students do not overcome conceptual difficulties after solving 1000 traditional problems. Am. J. Phys. 70 (7). pp. 759-765.
McDermott, L. C. (1984). Research on conceptual understanding in mechanics.Phys.Today37(7). pp. 24-32.
McDermott, L. C., Shaffer, P. S. (1992). Research as a guide for curriculum development: An example from introductory electricity. Part I: Investigation of student understanding. Am. J. Phys.60 (11), pp. 994–1003.
McDermott, L. C., Shaffer, P. S. and the Physics Education Group at the University of Washington.(2002a). “Tutorial in Introductory Physicsâ€. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
McDermott, L. C., Shaffer, P. S. and the Physics Education Group at the University of Washington.(2002b). “Tutorial in Introductory Physics, Homeworkâ€. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
McDermott, L.C. (1997). Bridging the gap between teaching and learning: The role of research.The Changing Role of Physics Departments in Modern Universities: Proceedings of ICUPE, edited by E. F. Redish and J. S. Rigden. CP399. pp. 139-165.
McDermott, L.C. (2013). Improving the teaching of science through discipline-based education research : An example from physics. Eur. J. Sci. Math. Ed.1(1). pp. 1-12.
McDermott, L.C. (2014). Melba Newell Phillips Medal Lecture 2013: Discipline-Based Education Research—A View From Physics. Am. J. Phys.82(8). pp. 729-741.
McDermott, L.C. and the Physics Education Group at the University of Washington (1996).“Physics by Inquiryâ€.New York:Jhon Wiley dan Sons. Inc.
McDermott. L. C. (2001). Oersted Medal Lecture 2001: “Physics Education Research — The key to student learningâ€. Am. J. Phys. 69 (11). pp. 1127-1137.
McDermott. L. C., Redish, E. F. (1999). Resource Letter: PER-1: Physics Education Research. Am. J. Phys. 67 (9). pp. 755-767.
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable†in diagnostic pretest scores. Am. J. Phys.70(12). pp. 1259-1268.
Saepuzaman, D. (2017). Tutorial Pra-Kelas: Sebuah Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Perkuliahan Fisika Dasar. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(2).
Van Heuvelen, A. (1991a). Learning to think like a physicist: A review of research-based instructional strategies.Am. J. Phys.59(10). pp. 891-897.
Van Heuvelen, A. (1991b). Overview, Case Study Physics.Am. J. Phys.59(10). pp. 898-907