PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA KONTEKSTUAL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ROTASI

Ghery Priscylio

Abstract


Survey lapangan yang dilakukan di SMK di kota Malang menunjukkan adanya keterbatasan kualitas dan kuantitas bahan ajar yang digunakan dalama pembelajaran Fisika, padahal Fisika sangat penting sebagai dasar pembelajaran di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika yang kontekstual pada materi rotasi benda tegar untuk pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Bahan ajar ini berupa paket Buku Teks dan Animasi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yang menyajikan materi rotasi berdasarkan fenomena yang dekat dengan keseharian siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg dan Gall yang diawali dengan studi pendahu­luan (studi kepustakaan dan kebutuhan lapangan) dilan­jutkan dengan pengembangan produk dan validasi uji coba produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Lembar validasi ahli dan Kuesioner pada masing-masing Buku dan Animasi. Uji validitas dilakukan oleh 2 orang dosen jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Malang dengan memperhatikan aspek konten dan konstruk pada buku teks dan animasi dan uji keterbacaan bahan ajar diujikan kepada 40 orang siswa kelas X SMKN 6 Malang. Teknik analisis data digunakan pada penelitian ini adalah teknik persentase. Uji validasi konten dan konstruk bukudan animasi menunjukkan kategori valid dan bisa digunakan untuk membantu meningkatkan hasil pemahaman konsep.


References


A. Doyan, M. Taufik, R. A. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 35–45.

A.A Gde Ekayana, Naswan Suharsono, I. M. T. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Advance Virtual Risc (AVR) Dalam Mata Pelajaran Teknik Mikrokontroler. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Anwar, S. (2017). Pengolahan Bahan Ajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arslan, A. (2014). Transition between Open and Guided Inquiry Instruction. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 407–412. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.071

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Benny Satria Wahyudi, Slamet Hariyadi, S. A. H. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Model Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Grujungan Bondowoso. Pancaran, 3(3), 83–92.

Ghery Priscylio, Andromeda, Mawardi, D. R. (2018). Development of Guided Inquiry Experiment Student Worksheet on the Topic of Acid and Base Grade XI to Find the Concepts of Chemistry. In Matematics, Science and Computer Science Education Seminar (MSCEIS).

Ghery Priscylio, Mulyadi, D. R. (2018). Needs of integrated science experiment student worksheet in junior high school to improve students science process skills. In International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE).

Iskandar, S. (2015). The Development of Problem Based Learning Model in Troubleshooting to Enhance Students Critical Thinking Skills at Automotive Program of Senior Vocational School. Edutech, 1(2).

Jatnika, A. W. (2014). Tingkat Keterbacaan Wacana Sains Dengan Teknik Klos. Jurnal Sosioteknologi, 6(10), 196–200. Retrieved from http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/972

Junaedi, D. (n.d.). Desain Pembelajaran Model ADDIE, 1–14. Retrieved from https://www.padamu.net/desain-pembelajaran-model-addie

Kurnia Wening Sari, Sulistyo Saputro, B. H. (2014). Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game ( RPG ) Pada Materi Struktur Atom Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Untuk Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Purworejo, 3(2), 96–104.

Muhammad Satriawan, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mahasiswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(1), 1–7.

Nurhayati Ningsih, Prabowo, W. W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Role Playing Game (RPG) Maker XP Pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(1), 1107–1112.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Priscylio, G., Rochintaniawati, D., & Anwar, S. (2018). Needs of integrated science textbook for junior high school based on learning style ( descriptive research ). In International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmawati, Hafnati Rahmatan, H. (2015). Penerapan Bahan Ajar Media Komik Pada Konsep Fotosintesis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Islam Darul Ulum Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 3(1), 33–36.

RE, M. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). New York: Cambridge UniversityPress.

Setyawan, A. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional Cs6 Pada Mata Kuliah Hidrolika Di Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta. Ekonomi & Pendidikan, 8(20), 58.

Sri Purnami, I. N. S. (2016). Pengembangan Pembelajaran Senam Lantai Menggunakan Media E- Learning Untuk Siswa SMP Negeri Se Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Motion, VII(2), 183–190.

Sugiyono. (2011). Metode peneitian kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “ Konsevasi” Berpendekatan Science - Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 140–145.

Tri Yuwono, Mochamad Cholik, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Kompetensi Mengoperasikan Mesin Frais Melalui Pembelajaran Langsung Untuk Siswa Kelas XI SMK Program Studi Teknik Mesin. Jurnal Pendidikan Vokasi : Teori Dan Praktek, 3(1), 21–30.

Wardani, S., Lindawati, L., & Kusuma, S. B. W. (2017). The development of inquiry by using android-system-based chemistry board game to improve learning outcome and critical thinking ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 196–205. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.8360

Wirawan, A. W., Indrawati, C. D. S., & Rahmanto, A. N. R. (2017). Pengembangan media pembelajaran kearsipan digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 78. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i1.12879

Zaeni, J. A., Winaryati, E., & Yuliyanto, E. (2018). Development of “ Pop -Up Book for Kids ” as a Learning Media Science theme “ Perubahan Cuaca ” for Student of Class 3 Elementary School. In International Seminar on Education and Development of Asia 1st INseIDEA Saturday, July 14th, 2018 Development (pp. 1–9).




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.4094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: