PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN â€IDEAL†TERBIMBING MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI
DOI:
https://doi.org/10.15575/jotalp.v3i1.6540Keywords:
pendekatan “IDEAL†terbimbing, eksperimen, demonstrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika pada pembelajaran dengan pendekatan “IDEAL†terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi pada pokok bahasan pengukuran di SMP N 1 Tanjungsari. Hasil belajar tersebut mencakup ranah kognitif dan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan eksperimen pretest-posttest (pada ranah kognitif). Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random dengan menggunakan rumus Cohran. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungsari, dan sampelnya adalah 28 siswa dari kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pengajaran dengan pendekatan “IDEAL†terbimbing dengan metode eksperimen dan 28 siswa dari kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diberikan pengajaran dengan pendekatan “IDEAL†terbimbing dengan metode demonstrasi. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa ranah kognitif antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol tetapi ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada ranah psikomotorik.ÂReferences
Ahmad Abu hamid dkk. (1991). Al Qalam. Yogyakrta: duta Pustaka
Akhmad Sudrajad. (www.psb.psma.org). 4/22/2009
Budi Prasodjo dkk. (2006). Teori dan Aplikasi Fisika SMP Kelas VII 1. Bogor: Yudhistira
Hamzah B. Uno, dkk. (2001). Pengembangan Instrumen untuk Penelitian. Jakarta: Delima Press.
Marthen Kanginan. (2002). Sains Fiska SMP. Jakarta: Erlangga
Margono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya
Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sri rumini dkk. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UPP Universitas Negeri Yogyakarta
Sugiyono. (2008). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
. (2009).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (1993). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukamto dkk. 1991. Pedoman Penelitian. Yogyakarta: Pusat Penelitian IKIP Yogyakarta
Supriyadi. (2007). Kurikulum Sains dalam Proses Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Pustaka Tempel Sari.
Paul Suparno. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Saifuddin Azwar.(1996).Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Syaiful Sagala.2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Throwbridge, Leslie W., dan Bybee, Rodger W. (1990). Becoming a Secondary School Science Teacher. Ohio: Merril Publishing Company.
Triton PB. (2006). SPSS 13.0 Terapan Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: ANDI.