META-ANALISIS COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA/ FISIKA SISWA


Syafrial Syafrial(1*)

(1) Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This meta-analysis aims to summarize the results of research on the effect of cooperative learning to improve students' critical thinking skills so that it can be seen: the average effect size (ES), the type of CL which has the largest and consistent effect size (ES) critical students. The research method used is descriptive with the form of survey research. The number of research results summarized is 19 journal articles. The results of the data analysis resulted in an ES of 0.71. (contributing 26, 32%). The type of cooperative learning that produces the greatest and most consistent influence is the Basic Learning Type Problem (ES = 1.08, contributing 17.97%). At the level of education CL the contribution is large at the high school level, namely (ES = 0.79, contributing 35.33%).

References


Andriani, I. S., Corebima, A. D., & Prasetyo, T. I. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Di Kota Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

Ardana, I. K., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. (2013). Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kinerja Ilmiah Biologi Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 3(1).

Ariyanti, N. W. P., Lasmawan, I. W., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd Cipta Dharma Denpasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1).

Bimantara, R., Nasir, M., & Rahmad, M. Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma N 9 Pekanbaru Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(1), 1-11

.Budiastra, I. K., Sudana, D. N., & Arcana, I. N. (2015). Pengaruh Model Kooperatif GI (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA. Mimbar Pgsd Undiksha, 3(1).

Dewi, M. K., Santyasa, I. W., Si, M., & Warpala, I. W. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 4

Hartati, R., & Sholihin, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015, 505-508.

Hidayat, F. N., & Hastuti, P. W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Strategi Mind Mapping Pada Pembelajaran Ipa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 7(6), 298-303.

Hikmah, N., Budiasih, E., & Santoso, A. (2016). Pengaruh Strategi Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Ipa Pada Materi Koloid. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1)

.

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, Dan Kognitif Biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan, 23(1), 33-47.

Nursyamsi, S. Y., Duran, A., & Susilo, H. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma.

Sari, N. A. R. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Fotonovela Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Smp Kartika Ii-2.

Sritaman, N. L., Marhaeni, A. N., & Dantes, N. (2014). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Ttw Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Bacaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4.

Sunni, M. A., Wartono, W., & Diantoro, M. (2014, October). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Phet Terhadap Penguasaan Konsep Fisika

Surata, I. G., Agung, A. G., & Sudarma, K. (2013). Pengaruh Model Kooperatif STAD Berorientasi Open-Ended Problem Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1).

Surayya, L., Subagia, I. W., Tika, I. N., & Si, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 4(1).

Triyuningsih, E. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Prblem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Widiarini, P. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Seririt. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v3i1.6550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: