MENENTUKAAN MOMENTUM DAN KOEFISIEN RESTITUSI BENDA TUMBUKAN MENGGUNAKAN TRACKER VIDEO ANALYSE

Riska Anjani

Abstract


Peristiwa tumbukan dua bola yang berada pada suatu lintasan  merupakan salah satu fenomena fisika yang terjadi dalam waktu yang singkat sehingga untuk mendapatkan data kecepatan bola sebelum dan setelah terjadi tumbukan, diperlukan perangkat yang mampu merekam gejala tersebut dengan ketelitian tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besar momentum, koefisien restitusi (e) dan jenis tumbukan yang terjadi dari peristiwa tumbukan dua bola yang direkam lalu dianalisis oleh Tracker Video Analysis. Dengan software ini, data hasil tracking mengenai tumbukan direpresentasikan dalam bentuk data dan grafik. Hasil analisis untuk bola bekel melaju menuju bola pasir yang berada dalam keadaan diperoleh e = 0,32475, untuk bola berisi pasir dalam keadaan diam dan kelereng bergerak mendekatinya diperoleh e = 0,189963, dan untuk bola berisi pasir dalam keadaan diam dan bola kosong bergerak mendekatinya diperoleh e = 0,184151. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penentuan koefisien resistusi (e) menggunakan  Tracker Video Anlyse sesuai dengan kajian teori.

Keywords


Simulasi, Tumbukan, Analisis Video

Full Text:

PDF

References


Fatkhulloh, “Penentuan Koefisien Restitusi Menggunakan Video Based Laboratory dan Logger Pro 3.84,” Yogyakarta, 2012.

S. Purwanti and S. P. Yudhiakto Pramudya, “Penentuan Koefisien Resitusi Tumbukan 2 Bola dengan Analisis Tracker,” Yogyakarta, 2014.

A. A. . F. D. E. L. L. K. P Sinaga, “Newton's Cradle Experiment Using Video Tracking Analysis with Multiple Representation Approach,” 2017.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v3i2.6554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: