DESAIN DIDAKTIS PADA HUKUM ARCHIMEDES BERDASARKAN HAMBATAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X

Achmad Ali Yusuf

Abstract


Penelitian Desain Didaktis bertujuan menyusun desain pembelajaran berdasarkan hambatan belajar yang muncul pada peserta didik. Desain yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah desain pembelajaran pada materi Hukum Archimedes. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-IPA2, X-IPA5, dan X-IPA6. Sample ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Prosedur dalam penelitian desain didaktis ini adalah diawali dengan melakukan Tes Kemampuan Responden (TKR) awal untuk mengetahui hambatan apa saja yang muncul pada materi Hukum Archimedes. Setelah diketahui hambatan-hambatan yang dialami oleh peserta didik, langkah selanjutnya adalah menyusun desain didaktis dengan mengacu pada hambatan belajar yang muncul pada TKR awal. Implementasi desain dilakukan secara paralel pada kelas X-IPA. Desain didaktis yang diimplementasikan selalu mengalami revisi pada setiap pertemuannya dengan tujuan agar hambatan yang muncul dapat diminimalisasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa desain didaktis yang disusun dapat meminimalisasi hambatan belajar yang muncul pada peserta didik. Meskipun belum secara utuh dan dapat dijadikan sebagai salah satu rekomendasi desain pembelajaran pada materi Hukum Archimedes.

Keywords


Didactical Design Research (DDR), Hambatan Belajar Peserta Didik, Hukum Archimedes.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Budiansah, Indra. (2015). Desain Didaktis Pembelajaran Konsep Azas Black dan Perpindahan Kalor Berdasarkan Hambatan Belajar Siswa pada Tingkat Sekolah Menengah Atas Kelas X. Skripsi. Bandung: UPI. Tidak diterbitkan.

Stefani, Rahellia. (2015). Desain Didaktis Pembelajaran Konsep Energi dan Energi Kinetik Berdasarkan Kesulitan Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Atas. [Online]. Tersedia: http://jpppf.fisika-unj.ac.id/ index.php/jpppf/article/ view/11 [diakses 5 Desember 2015].

Suryana, Y dan Karlimah. (2013). Pengembangan Bahan Ajar KPK dan FPB: Model Desain Didaktis Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Vol. 4 No. 3 Desember 2013. [Online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu/1957/view/1957/ pengembangan-bahan-ajar-kpk-dan-fpb:--model-desain-didaktis-pada-pembelajaran-matematika-di-sekolah-dasar.html [diakses 6 Desember 2015]




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v2i2.6582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: