THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, CONTENT MARKETING, AND STORE TRUST ON PURCHASE DECISIONS: CASE STUDY ON TIKTOK APP USER CONSUMERS


M. Rizki(1*), Kussudyarsana Kussudyarsana(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tiktok is one of the several online shopping applications created as a result of the advent of the internet. This study attempts to identify the impact of shop trust, content marketing, and brand perception on Tiktok purchasing decisions. Purposive sampling is used in this quantitative research method, which collects data from a sample of 100 respondents using a questionnaire. Multiple regression to analyze data. The study's findings show that while content marketing has a favorable and significant impact on buying behavior with sig. value 0.000, brand image has no discernible influence with a sig value of 0.395. With a sig value of 0.000, shop trust has a favorable and significant impact on purchasing decisions. Brand image, content marketing, and shop trust all have an impact on purchasing choices at the same time or simultaneously influence.


Keywords


Brand Image, Content Marketing, Shop Trust, Purchase Decision.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Parvez A.R dan Nyoman, N. 2020. Kepercayaan Pelanggan: diantara hubungan citra perusahaan dan kewajaran harga dengan loyalitas pelanggan mapemall.com. Klaten: Lakeisha.

Arif Reza Maharama. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek di Kota Semarang yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Bisnis, 19(02).

Arif Reza Maharama. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Bisnis, 19(02).

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Dewanti Pertiwi, Henna Gusfa. 2018. Pengaruh Content marketing terhadap Pembentukan Brand awareness pada Kalbis Institute. Jurnal Media Kom, Vol.VIII, No.2. Universitas Mercu Buana Jakarta.

Dyana Putri Nugraheni. 2015. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Manajemen Universitas Diponegoro Semarang

Ghozali, 2014. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Ghozali, I. 2015.Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramSPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Iswanto, Rendy. 2016. Pengaruh Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Photo Cabin. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Priklanan, Vol.01 No.02.

Jefryansyah. 2020. Analisis pengaruh kepercayaan dan keamanan terhadap keputusan pembelian barang secara online. Jurnal manajemen dan bisnis, vol2 no.1.

Kamilia Indah. 2018. Pengaruh Brand image Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro Semarang

Kanisa, Noni Nevi. (2017). Studi mengenani pengaruh gaya hidup kelompok acuan pada keputusan konsumen menggunakan jasa foto studio. 31 Juli. https://repository.usd.ac.id/11619/2/132214221_full.pdf, diakses 02 Februari 2023

Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English: Pearson Education Inc.

Lieb, Rebecca. 2012. Content marketing: Think Like a Publisher-- how to Use Content to Market Online and in Social Media. Amerika Serikat: Que Publishing

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Muhammad Romadhoni. 2015. Pengaruh Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY. Skripsi Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Nathasya. 2018. Apa Itu Marketplace. From https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-marketplace/.

Opiida, I. (2014, April 18). Pengertian E-Marketplace. From tokokhalista: https://tokokhalista.wordpress.com/2014/04/18/pengertian-emarketplace/

Pulizzi, j and Handley. 2014. Content marketing Report: Benchmark, Budget and Trends. Content marketing Institute.

Ramayani yusuf, dkk. 2020. Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, vol.1 issue.2.

Rao, Purba. 1996. Measuring Customer Perceptions ThroughFactur Analysis, The Asian Manager, February, March.

Ratna, Dwi Jayanti. 2015. Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Stiedewantara Vol.10 No.1.

Ria, Yunita Dewi. 2017. Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Dan Kualitas Informasiterhadap Keputusan Pembelian Secara Online Dengan Minat Beli Sebagaivariabel Intervening (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Bukalapak.Com). Skripsi Manajemen Universitas Pandanaran Semarang.

Rifqi, Suprapto dan Zaky Wahyuddin. 2020. Manajemen Pemasaran. Ponorogo: Myria Publisher.

Septi, Mauludiyahwati. 2017. Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Risiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Skripis Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta.

Setiawan, I., Nirwan, S., & Amelia, F. M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Berbasis Web (Sub Modul: Pembelian), “J. Tek. Informatika, 10(3), 37–43, 2018.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Vol.3 No.1.

Taufiqur Rahman. 2019. Pengaruh Content marketing Terhadap Keputusan Pembeian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Manajemen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Thamrin Tahir, dkk. 2020. Perubahan Paradigma Pendidikan Dan Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19: Peluang, Tantangan Dan Strategis. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Thomas Jitas Muninggar. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Tjiptono, Fandy. 2015. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi.

Tria Mulyani. 2019. Pengaruh Content marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi Ilmu Komunikasi Unversitas Bakrie Jakarta.

Vania Sanggetang. 2019. Pengaruh Lokasi, Promosi, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.27573

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.27573.g9204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats