PENGARUH PEMBACAAN RATIB AL-ATTAS TERHADAP PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.15575/kp.v3i3.13440Keywords:
Ratib Al Attas, Pembelajaran, Covid-19Abstract
Tantangan yang dihadapi saat ini oleh peserta didik adalah ketentraman jiwa mereka untuk menjalani proses pembelajaran dengan efektif dan efisien. Teori ilmu jiwa daya menjabarkan bahwa manusia memiliki banyak daya untuk melakukan sesuatu. Salah satu daya tersebut adalah daya berpikir yang membutuhkan ketenangan jiwa. Oleh karena itu, peserta didik saat ini harus mampu mengontrol ketentraman jiwa mereka agar dapat berpikir dengan baik dan menjalani proses pembelajaran dengan baik. Salah satunya adalah dengan membaca ratib al attas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembacaan ratib al attas terhadap pembelajaran peserta didik di masa covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menguraikan berbagai pandangan dan teori dari studi kepustakaan (Library Research). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengatuh yang positif terhadap mental peserta didik untuk menjalani proses pembelajaran, sehingga pembinaan mental tersebut dapat menjaga dan merawat bahkan meningkatkan kualitas prose pembelajaran peserta didik di masa pandemi covid-19.
References
Abidin, A. Z. (2020). Ratib al Attas. NU Online.
Fatmawati, S. I. (2021). Pengajian Ratib al-Attas sebagai media dakwah: Studi deskriptif Ratib al-Attas di Majelis Dzikir Ibnu Hasyim pimpinan Habib Daud bin Hasyim al-Attas di kampung Serena Tonggoh Rt 3 Rw 2. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hanafy, S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1).
Hasan, A. bin. (2009). Terj. Al Qirthas. Darul Ulum.
Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150–167.
Kholisoh, I. (2020). Pengaruh Tradisi Pembacaan Tiga Dzikir. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mohsin, M. A., Baharudin, M. H. A. M., Abdullah, N., Sawari, S. S. M.,
Napiah, O., Noor, S. S. M., & Jasmi, K. A. (2016). Ratib al-Attas Menurut Perspektif al-Quran dan Hadis. Sains Humanika, 8(3–2).
Mohsin, M. A., Baharudin, M. H. A. M., Napiah, O., & Noor, S. S. M. (2015). Prinsip, Adab Dan Amalan Ratib Al-Attas Dalam TarekatAlawi´ yah: Suatu Sorotan Ringkas. Sains Humanika, 5(3).
Putria, H., Hamdani, L., & Uswatun, A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid 19 pada Guru Sekolah Dasar. Basicedu, 4(4), 862.
Riyana. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. In Universitas Terbuka.
Sadirman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.
Saepuddin, A. (2017). Keefektifan Dzikir dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa. In Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Sayyi. (2016). Implikasi Pembiasaan Dzikir terhadap Motivasi Belajar Siswa. Konseling Indonesia, 3(1), 42.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 20(2).
Subandi. (2009). Psikologi Dzikir. Pustaka Belajar.
Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT. Remaja Rosdakarya.
Wulandani, T. B. (2021). Peran Guru Dalam Peningkatan Kualitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Madrasah Ibtidaiyah. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 75–86.
Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- Authors retain the copyright and full publishing rights without restrictions