Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Leadership 4h
DOI:
https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7135Keywords:
Manajemen, Pendidikan, kepemimpinanAbstract
pengelolaan pendidikan yang menggunakan sebuah pendekatan yang disebut Leadership 4H. Dengan mengadaptasikan pendekatan tersebut, beberapa fakta menunjukkan adanya perkembangan yang baik dalam pendidikan karakter siswa, namun disisi lain banyak masalah-masalah timbul dalam ketiga aspek tersebut di atas yang menjadi fokus penting dalam manajemen pendidikan sehingga menjadi perhatian dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara keseluruhan mengenai kegiatan nyata dari pelaksanaan manajemen pendidikan karakter di sekolah dasar, yakni meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, serta hasil yang sudah dicapai dari implementasi pendidikan karakter berbasis pendekatan Leadership 4H di SD Cendekia Leadership School. Dalam penelitian ini dilakukan metode kualitatif dengan teknik wawancara, studi dokumentasi, dan observasi serta pemeriksaan ulang untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat. Adapun temuan-temuan yang diperoleh selama penelitian adalah meliputi gambaran umum bahwa SD Cendekia Leadership School sudah melaksanakan manajemen pendidikan karakter yang meliputi perencanaan, implementasi, dan evaluasi secara sistematis berdasarkan kaidah manajemen yang memadai. Pendekatan Leadership 4H merupakan salah satu pendekatan yang dapat diandalkan untuk diaplikasikan dalam pendidikan karakter di sekolah dasar meski memerlukan sumber daya dan sarana yang memadai. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar adalah masa yang tepat serta menjadi keharusan bagi dunia pendidikan untuk mengelolanya dengan benar.References
AA, F. P. dan S. (2011). Supervisi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama. Amy, C. (2011). Battle Hymn of The Tiger Mother. New York: The Penguin Press. Arikunto Suahrsimi, A. J. S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Indeks. Bayan, A. (2010). Shahih Bukhari Muslim. Bandung: Jabal. Buckley, P. dan I. (2015). The Scientific Paradigm of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). Cresswell John W. (2014). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hasyim, S. (2015). Akhlak Tasawuf. Malang: Madani Medi. Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya. Irawan, ( ed ). (2019). Pengantar Wahyu Memandu Ilmu. Depok: RajaGrafindo. Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah. Muhammad, F. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar Ruzz Media. Munif, C. (2010). Gurunya nausia. Jakarta: Kaifa. Omar, H. (2011). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara. Terry, G. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. Thomas, L. (2015). Charracter Matters. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- Authors retain the copyright and full publishing rights without restrictions