Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Leadership 4h


Ade E. Bahtiar S(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


pengelolaan pendidikan yang menggunakan sebuah pendekatan yang disebut Leadership 4H. Dengan mengadaptasikan pendekatan tersebut, beberapa fakta menunjukkan adanya perkembangan yang baik dalam pendidikan karakter siswa, namun disisi lain banyak masalah-masalah timbul dalam ketiga aspek tersebut di atas yang menjadi fokus penting dalam manajemen pendidikan sehingga menjadi perhatian dalam penelitian ini.  Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara keseluruhan mengenai kegiatan nyata dari pelaksanaan manajemen pendidikan karakter di sekolah dasar, yakni meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, serta hasil yang sudah dicapai dari implementasi pendidikan karakter berbasis pendekatan Leadership 4H di SD Cendekia Leadership School. Dalam penelitian ini dilakukan metode kualitatif dengan teknik wawancara, studi dokumentasi, dan observasi serta pemeriksaan ulang untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat. Adapun temuan-temuan yang diperoleh selama penelitian adalah meliputi gambaran umum bahwa SD Cendekia Leadership School sudah melaksanakan manajemen pendidikan karakter yang meliputi perencanaan, implementasi, dan evaluasi secara sistematis berdasarkan kaidah manajemen yang memadai. Pendekatan Leadership 4H merupakan salah satu pendekatan yang dapat diandalkan untuk diaplikasikan dalam pendidikan karakter di sekolah dasar meski memerlukan sumber daya dan sarana yang memadai. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar adalah masa yang tepat serta menjadi keharusan bagi dunia pendidikan untuk mengelolanya dengan benar.

Keywords


Manajemen, Pendidikan, kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


AA, F. P. dan S. (2011). Supervisi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama. Amy, C. (2011). Battle Hymn of The Tiger Mother. New York: The Penguin Press. Arikunto Suahrsimi, A. J. S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Indeks. Bayan, A. (2010). Shahih Bukhari Muslim. Bandung: Jabal. Buckley, P. dan I. (2015). The Scientific Paradigm of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). Cresswell John W. (2014). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hasyim, S. (2015). Akhlak Tasawuf. Malang: Madani Medi. Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya. Irawan, ( ed ). (2019). Pengantar Wahyu Memandu Ilmu. Depok: RajaGrafindo. Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah. Muhammad, F. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar Ruzz Media. Munif, C. (2010). Gurunya nausia. Jakarta: Kaifa. Omar, H. (2011). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara. Terry, G. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. Thomas, L. (2015). Charracter Matters. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ade E. Bahtiar S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International