Implementasi Program Pengembangan Karakter Islami Melalui Program Tahfidz


Ahmad Paridi(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini untuk mengetahui kontruksi nilai-nilai karakter islami, proses pengembangan karakter islami, bentuk evaluasi dalam pengembangan karakter islami, capaian keberhasilan pengembangan karakter islami, faktor yang mempengaruhi program pengembangan karakter islami yang melalui tahfizh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menujukan bahwa kontuksi nilai-nilai pengembangan karakter islami merupakan penyampaian sosialisasi pengembangan karakter, pembudayaan karakter dan internalisasi nilai-nilai karakter islami melaui program tahfidz, Proses pengembangan karakter islami yang dilakukan melalui program tahfizh diawali dengan do’a dan diakhiri dengan do’a pula dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan yang ada di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar, Evaluasi untuk seluruh siswa akan di tes oleh wali kelas dan guru selalu mengecek dan mengetes seluruh siswa yang telah menghafal Al-Qur’an, Capaian yang menjadi fokus utama adalah terlihat pada prilaku siswa yang berkaitan dengan mencintai Allah, mencintai rasulullah, pekerja keras, berprilaku jujur, memiliki sifat rendah hati, dan bertanggung jawab dan Faktor yang mempengaruhi program pengembangan karakter islami Di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar melalui program tahfidz adalah faktor kesehatan, aspek psikologis, faktor kecerdasan, faktor motivasi, faktor usia, dan faktor keluarga.

Keywords


Pengembangan Karakter, Program Tahfidz, Islami, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Al-Jazairi, A. B. J. (2011). Minhajul Muslim Konsep Hidup Ideal Dalam Islam. Jakarta: Darul Haq.

Anas Salahudi, I. A. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa. Bandung: Cv. Pustaka Setia.

Buckley Philip Dan Irawan. (2015). The Scientific Paradigm Of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Fathurrohman, P. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Pt Refika Aditama.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hasanah, A. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam. Bandung: Insan Kumunika.

Irawan. (2019a). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.

Irawan, ( Ed ). (2019b). Pengantar Wahyu Memandu Ilmu. Depok: Rajagrafindo.

Khon, A. M. (2012). Ulumul Hadits. Jakarta: Amzah.

Ma’mur, J. (2012). Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Disekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Meleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Mu’ammar, M. N. (2019). Study Of Approaches, Methods, Sources And Interpretation Instruments Of Mulla Sadra. International Journal Of Islamic Khazanah, 9(1), 1–8.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Pt Remaja Rosdaya.

Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Rosdakarya.

Wilyani, N. A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter Di Sd. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ahmad Paridi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International