Implementasi Program Pengembangan Karakter Islami Melalui Program Tahfidz
DOI:
https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7136Keywords:
Pengembangan Karakter, Program Tahfidz, Islami, PendidikanAbstract
Artikel ini untuk mengetahui kontruksi nilai-nilai karakter islami, proses pengembangan karakter islami, bentuk evaluasi dalam pengembangan karakter islami, capaian keberhasilan pengembangan karakter islami, faktor yang mempengaruhi program pengembangan karakter islami yang melalui tahfizh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menujukan bahwa kontuksi nilai-nilai pengembangan karakter islami merupakan penyampaian sosialisasi pengembangan karakter, pembudayaan karakter dan internalisasi nilai-nilai karakter islami melaui program tahfidz, Proses pengembangan karakter islami yang dilakukan melalui program tahfizh diawali dengan do’a dan diakhiri dengan do’a pula dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan yang ada di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar, Evaluasi untuk seluruh siswa akan di tes oleh wali kelas dan guru selalu mengecek dan mengetes seluruh siswa yang telah menghafal Al-Qur’an, Capaian yang menjadi fokus utama adalah terlihat pada prilaku siswa yang berkaitan dengan mencintai Allah, mencintai rasulullah, pekerja keras, berprilaku jujur, memiliki sifat rendah hati, dan bertanggung jawab dan Faktor yang mempengaruhi program pengembangan karakter islami Di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar melalui program tahfidz adalah faktor kesehatan, aspek psikologis, faktor kecerdasan, faktor motivasi, faktor usia, dan faktor keluarga.References
Al-Jazairi, A. B. J. (2011). Minhajul Muslim Konsep Hidup Ideal Dalam Islam. Jakarta: Darul Haq.
Anas Salahudi, I. A. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa. Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Buckley Philip Dan Irawan. (2015). The Scientific Paradigm Of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).
Fathurrohman, P. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Pt Refika Aditama.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hasanah, A. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam. Bandung: Insan Kumunika.
Irawan. (2019a). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.
Irawan, ( Ed ). (2019b). Pengantar Wahyu Memandu Ilmu. Depok: Rajagrafindo.
Khon, A. M. (2012). Ulumul Hadits. Jakarta: Amzah.
Ma’mur, J. (2012). Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Disekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Meleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Mu’ammar, M. N. (2019). Study Of Approaches, Methods, Sources And Interpretation Instruments Of Mulla Sadra. International Journal Of Islamic Khazanah, 9(1), 1–8.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Pt Remaja Rosdaya.
Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Rosdakarya.
Wilyani, N. A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter Di Sd. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- Authors retain the copyright and full publishing rights without restrictions