Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Discovery Learning Berbasis Masalah Kontekstual pada Materi Operasi Aljabar Fungsi
DOI:
https://doi.org/10.15575/kp.v2i2.8747Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik, Pengembangan, Discovery Learning, Operasi Aljabar FungsiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model discovery learning berbasis masalah kontekstual. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan menerapkan model 4D. Model ini memiliki 4 tahapan yaitu Define, Design, Development dan Disseminate. Sebanyak 22 peserta didik kelas XI Tata Busana SMK Negeri 2 Tanjungpinang dilibatkan dalam penelitian sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data terdiri dari validasi ahli materi dan ahli media serta angket respon peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan angket. Analisis data menggunakan Method of Summated Ratings (MSR). Hasil penghitungan penilaian ahli materi sebesar 86,08%, ahli media 98,18%, dan angket respon peserta didik sebesar 86,45%. Dilihat dari ketiga hasil persentase tersebut maka produk pengembangan masuk kedalam kategori sangat layak. Oleh karena itu, lembar kerja peserta didik yang dikembangan ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.References
Akbar, I. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran discovery learning pada siswa MTSn Stabat T.P 2017/2018 (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ansari, T. (2010). Model Pembelajaran terpadu konsepstrategi, dan implementasinya dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kuala Lumpur: Kemetrian Pengajaran Malaysia, 189.
Azwar, S. (2009). Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 25.
Kemdikbud. (2018). Konsep dan implementasi kurikulum 2013. In Permendikbud.
Maimunah, Izzati, N., & Dwinata, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education dengan konteks kemaritiman untuk peserta didik SMA kelas XI. Jurnal Gantang, 4(2), 133–142.
Maryati, I. (2016). Social Entrepreneurship Tournament for High School Students. Aplikatif, 6, 129–140.
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176.
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31.
Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik ipa berbasis model project based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas vii. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 6(8), 461–467.
Sasmito, L. F., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik tematik-integratif berbasis pendidikan karakter pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Syah, M. (1995). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: remaja rosdakarya.
Tresnaningsih, S. (2013). Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Skripsi, 1–14.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- Authors retain the copyright and full publishing rights without restrictions