Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Discovery Learning Berbasis Masalah Kontekstual pada Materi Operasi Aljabar Fungsi


Dinny Meikasari(1*), Nur Izzati(2)

(1) Univeritas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
(2) Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model discovery learning berbasis masalah kontekstual. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan dengan menerapkan model 4D. Model ini memiliki 4 tahapan yaitu Define, Design, Development dan Disseminate. Sebanyak 22 peserta didik kelas XI Tata Busana SMK Negeri 2 Tanjungpinang dilibatkan dalam penelitian sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data terdiri dari validasi ahli materi dan ahli media serta angket respon peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan angket. Analisis data menggunakan Method of Summated Ratings (MSR). Hasil penghitungan penilaian ahli materi sebesar 86,08%, ahli media 98,18%, dan angket respon peserta didik sebesar 86,45%. Dilihat dari ketiga hasil persentase tersebut maka produk pengembangan masuk kedalam kategori sangat layak. Oleh karena itu, lembar kerja peserta didik yang dikembangan ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik, Pengembangan, Discovery Learning, Operasi Aljabar Fungsi

Full Text:

PDF

References


Akbar, I. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran discovery learning pada siswa MTSn Stabat T.P 2017/2018 (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Ansari, T. (2010). Model Pembelajaran terpadu konsepstrategi, dan implementasinya dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kuala Lumpur: Kemetrian Pengajaran Malaysia, 189.

Azwar, S. (2009). Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 25.

Kemdikbud. (2018). Konsep dan implementasi kurikulum 2013. In Permendikbud.

Maimunah, Izzati, N., & Dwinata, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis realistic mathematics education dengan konteks kemaritiman untuk peserta didik SMA kelas XI. Jurnal Gantang, 4(2), 133–142.

Maryati, I. (2016). Social Entrepreneurship Tournament for High School Students. Aplikatif, 6, 129–140.

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31.

Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik ipa berbasis model project based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas vii. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 6(8), 461–467.

Sasmito, L. F., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik tematik-integratif berbasis pendidikan karakter pada peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Syah, M. (1995). Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: remaja rosdakarya.

Tresnaningsih, S. (2013). Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Skripsi, 1–14.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62.




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v2i2.8747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dinny Meikasari dan Nur Izzati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International