Budaya Lembaga Pendidikan sebagai Pilar Utama Melawan Degradasi Moral

Budaya Lembaga Pendidikan sebagai Pilar Utama Melawan Degradasi Moral

Authors

  • Siti Alia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nina Resma O UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ridwan Nurali UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sugiwa Adi R UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hamara Hamara UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/kp.v2i2.9283

Keywords:

Pendidikan, Moral, Lembaga Pendidikan

Abstract

Moral merupakan bekal dalam mengembangkan diri. Masalah yang Sering terjadi pada moral  adalah masalah yang menjadi perhatian manusia di mana saja, baik dalam masyarakat yang telah maju, maupun dalam masyarakat yang masih tertinggal. Hal itu disebabkan karena kerusakan moral seseorang mengganggu ketenangan  yang lain. Jika dalam masyarakat banyak orang yang rusak moralnya, maka akan terjadinya kerusakan yang terjadi pada masyarakat itu sendiri. Pendidikan moral bagi anak dapat mengubah perilaku anak, sehingga jika sudah dewasa lebih bertanggung jawab dan menghargai sesamanya hingga mampu menghadapi tantangan jaman.. Peningkatan pertimbangan moral pada diri anak yang dirancang melalui pendidikan di sekolah, dapat membantu pembentukan kepribadian anak, karena dengan terbentuknya pertimbangan moral. Menggunakan metode kualitatif serta teori dari Durkheim ada tiga unsur untuk bisa menjadi pribadi yang bermoral yang pertama adalah disiplin; kedua adalah keterikatan pada kelompok; ketiga adalah otonomi. Ketiga unsur ini dibutuhkan setiap individu untuk bisa menjadi pribadi yang bermoral. Penelian ini menghasilkan bahwa ketiga unsur tersebut memberikan peran besar bagi perkembangan moral terutama apabila diterapkan pada suatu jenjang Pendidikan seperti di Lembaga pendidikan.

Author Biographies

Nina Resma O, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Ridwan Nurali, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sugiwa Adi R, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Hamara Hamara, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

References

Andayani, D. (2016). Relasi Etika Kerja dan Etos Kerja dalam Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan, 2(2), 112–152.

BPS. (2019). Statistik Kriminal 2019. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/2019/12/12/66c0114edb7517a33063871f/statistik-kriminal-2019.html

Damanik, D. A. (2019). Kekerasan Dalam Dunia Pendidikan: Tinjauan Sosiologi Pendidikan. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 77–90.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2).

Durkheim, E. (2012). Moral education. Courier Corporation.

Endah, K. (2018). ETIKA PEMERINTAHAN DALAM PELAYANAN PUBLIK. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 4(1), 141–151.

Jahroh, W. S., & Sutarna, N. (2016). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 395–402.

KPK. (2018). Rekapitulasi Tindak Pidana Korupsi. Retrieved May 1, 2020, from KPK.go.id website: https://acch.kpk.go.id/id/statistik/tindak-pidana-korupsi

Muthohar, S. (2016). Antisipasi degradasi moral di era global. Nadwa, 7(2), 321–334.

Sari, D. N. (2019). Upaya Preventif Guru Kristen dalam Menghadapi Degradasi Moral Anak. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 79–100.

Satrawijaya, L. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Penjaskes Materi Bola Voli melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SDN 3 Padamara. EDISI, 1(2), 322–336.

Setyoningsih, Y. D. (2018). Tantangan Konselor di era milenial dalam mencegah degradasi moral remaja. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 134–145.

Sinulingga, S. P. (2016). Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak Di Indonesia. Jurnal Demo, 26(2), 214–248.

Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Downloads

Published

2020-08-29
Loading...