Kalaborasi Penggunaan Strategi Information Search (IS) Dengan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di SMP Negeri 4 Sungai Penuh


Tomi Apra Santosa(1*), Reni Lestari(2)

(1) , Indonesia
(2) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Bervariasinya strategi dan metode pembelajaran khususnya dalam proses pembelajaran biologi yang digunakan guru masih sangat terbatas. Dalam proses belajar mengajar guru masih menggunakan metode ceramah yang diselingi dengan diskusi dan tanya jawab. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Pupolasi yang digunakan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungai Penuh yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengambilan sampel secara random sampling. Intrumen penelitian berupa tes yang terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabelitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran. Teknik analisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang tidak menggunakan strategi Information Search melalui metode resitasi, nilai tertinggi adalah 70 dan terendah 40. Nilai rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 54,47, sedangkan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan strategi Infomation Search melalui metode resitasi lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol, dimana nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah 60. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 75,78. Hasil perhitungan thitung adalah sebesar 6,83 nilai ini lebih besar daripada ttabel 2,01. Ini menunjukan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Karena thitung  > ttabel maka H1 diterima


Keywords


Strategi Information Search, Metode Resitasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Auerbach, A. J. J., & Andrews, T. C. (2018). Pedagogical knowledge for active-learning instruction in large undergraduate biology courses : a large-scale qualitative investigation of instructor thinking. International Journal of STEM Education, 5(19), 1–25.

Bahtiar, B. K. dan. (2015). PENGARUH STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII MTs NW WANASABA LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. BIOTA: Jurnal Tadris IPA Biologi FITK IAIN Mataram, VIII(1), 43–54.

Effendi, M. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar Mukhlison Effendi. Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–306.

Eka Putri Azrai, Ernawati, G. S. (2017). PENGARUH GAYA BELAJAR DAVID KOLB (DIVERGER, ASSIMILATOR, CONVERGER, ACCOMMODATOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. BIOSFER: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI (BIOSFERJPB), 10(1), 9–16.

Friedrichsen, P. J. (2018). Negotiating the meaning of Next Generation Science Standards in a secondary biology teacher professional learning community. Journal of Research in Science Teaching, 55(7), 999–1025. https://doi.org/10.1002/tea.21472

Hallström, J. (2015). Drawing the boundary lines of science education. Boundary Lines of Science Education, 44(2), 219–225. https://doi.org/10.1108/HER-02-2014-0008

Hoekstra, A., Beijaard, D., Brekelmans, M., Hoekstra, A., & Beijaard, D. (2017). Experienced teachers ’ informal learning from classroom teaching Experienced teachers ’ informal. 0602(July). https://doi.org/10.1080/13540600601152546

Irfan, M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. BIOMA, 1(01), 47–55.

Ismail, B. (2016). Peningkatan Penguasaan Materi Hadits melalui Metode Resitasi pada Mahasiswa PAI FTK UIN Ar-Raniry. Jurnal MUDARRISUNA, 6(2), 219–232.

Nurmiati1, P. A. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar. J-HEST: Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology, 2(1), 52–57.

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif : Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahmawati, F. (2014). PENGARUH STRATEGI INFORMATION SEARCH (IS) DAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG. LENTERA, 2, 139–148.

Saebani, B. A. (2008). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sedermayanti. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Sintang, M., & Barat, K. (2018). PAUD DUNIA ANAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–9.

Try Susanti , Novita Sari, H. (2017). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjung Jabung Timur The Effect of Recitation Method on The Student ’ s Biology Learning Outcomes at Class XI of Senior High School 1 Tanjung Jabung Timu. Biodik Vol, 3(2), 53–59.




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v2i2.9326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tomi Apra Santosa dan Reni Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International